Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Stabilitas ekonomi adalah inti dari misi pemerintah, kata Sunak kepada Kabinet;  Rencana anggaran krisis Inggris ditunda hingga 17 November

Stabilitas ekonomi adalah inti dari misi pemerintah, kata Sunak kepada Kabinet; Rencana anggaran krisis Inggris ditunda hingga 17 November

Kedua pemimpin juga menegaskan kembali “hubungan khusus” yang ada antara Amerika Serikat dan Inggris, dan mengatakan mereka akan bekerja sama untuk memajukan keamanan dan kemakmuran global, kata Gedung Putih dalam pembacaan pembicaraan.

“Para pemimpin sepakat tentang pentingnya bekerja sama untuk mendukung Ukraina dan meminta pertanggungjawaban Rusia atas agresinya,” kata pernyataan itu tentang perang yang dipicu oleh invasi Rusia ke tetangganya yang pro-Barat pada Februari.

Gedung Putih mengatakan Biden dan Sunak juga setuju untuk “memenuhi tantangan yang ditimbulkan oleh China,” yang telah diidentifikasi Washington sebagai saingan geopolitik dan ekonomi terbesarnya di panggung dunia saat ini.

Downing Street sebelumnya merilis bacaannya sendiri tentang panggilan yang mengatakan pasangan itu “membahas tingkat kerja sama antara Inggris dan AS, baik secara bilateral maupun di kawasan seperti Indo-Pasifik”, serta masalah Irlandia Utara yang lebih kontroversial. .

Sebelumnya pada hari Selasa, Biden memberi selamat kepada Sunak dalam sebuah tweet di Twitter.

Biden pada hari Senin menggambarkan penunjukan perdana menteri non-kulit putih pertama Inggris sebagai “tonggak sejarah yang sangat menakjubkan.”

Inggris telah menjadi sekutu penting Amerika Serikat di Eropa dalam mempersenjatai dan mendukung tentara Ukraina saat mencoba menangkis invasi Rusia, yang dimulai Februari lalu.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dia berbicara dengan Sunak pada hari Selasa dan menyatakan keyakinannya bahwa hubungan antara kedua negara mereka akan tumbuh.

“Saya percaya bahwa kemitraan antara negara kita, serta … kepemimpinan Inggris dalam membela demokrasi dan kebebasan, akan terus menguat lebih lanjut,” kata Zelensky setelah panggilan telepon dalam pidato hariannya kepada bangsa.

Pemimpin Ukraina itu juga mengundang Perdana Menteri Inggris untuk mengunjungi Ukraina.

READ  Sama seperti Donald Trump yang ditangkap dalam kasus penipuan pemilu, begitu pula Joe Biden

Kemudian, dalam sebuah posting di Twitter Zelensky menambahkan: “Dalam percakapan yang sangat baik dengan @RishiSunak, kami sepakat untuk menulis babak baru dalam hubungan antara Ukraina dan Inggris tetapi ceritanya sama – dukungan penuh dalam menghadapi agresi Rusia.”

Downing Street mengatakan dalam pernyataannya sendiri bahwa Sunak telah meyakinkan Zelensky tentang “dukungan tak tergoyahkan” dari Inggris.

“Perdana Menteri mengatakan dukungan Inggris untuk Ukraina akan sekuat sebelumnya di bawah perdana menterinya, dan Presiden Zelensky dapat mengandalkan pemerintahnya untuk berdiri dalam solidaritas yang berkelanjutan,” kata juru bicara Sunak.

Sunak pada hari Selasa menjadi perdana menteri ketiga Inggris tahun ini, bersumpah untuk mengatasi krisis ekonomi yang dipicu oleh “kesalahan” masa jabatan 49 hari Liz Truss yang membawa bencana.

Baca semua file berita terbaru disini