Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Starlinki lagi atas Polandia. Kapan dan bagaimana Anda melihat “Kereta Luar Angkasa” oleh Elon Musk?

Tonton videonya
Bagian dari rudal itu jatuh tersangkut di jaring

“Kereta Luar Angkasa” yang dibuat oleh Elon Musk adalah serangkaian satelit Starlink yang dijuluki SpaceX milik miliarder eksentrik “SpaceX”. Sesekali ada kesempatan untuk melihatnya dalam kondisi yang menguntungkan dari Polandia, dan pemandangannya – seperti yang diakui para pengamat – sungguh menakjubkan.

Starlinki lain di atas kepala kita pada hari Kamis

Setidaknya akan ada beberapa peluang untuk ini dalam beberapa hari mendatang. Starlinki, yang meluncurkan SpaceX ke orbit pada 4 Mei, akan terbang di atas Eropa dan Polandia beberapa kali. Kesempatan pertama untuk melihat kereta luar angkasa pada Kamis, 24 Juni.

Starlinek akan muncul di langit sekitar pukul 21:46 (sepanjang waktu untuk Warsawa) di atas ufuk barat. “Kereta” akan lewat dekat dengan puncak dan setelah beberapa menit akan bersembunyi di balik ufuk timur. Sayangnya, Starlinki akan muncul di langit segera setelah matahari terbenam (21:02), sehingga langit akan tetap sangat cerah, dan satelitnya sendiri akan terlihat sangat gelap.

Kesempatan yang jauh lebih baik akan datang sedikit kemudian – pada 23:11, ketika serangkaian lusinan satelit akan muncul dari cakrawala barat laut. Kali ini objek juga akan lewat di dekat klimaks dan setelah beberapa menit mereka akan bertindak keluar dari cakrawala di sisi lain langit. Namun, mereka akan lebih terang (sekitar 2,6 mil) dan lebih terlihat di langit yang gelap.

“Kereta Luar Angkasa” oleh Musk. Tanggal lainnya

Lebih banyak kesempatan untuk mengawasi keluarga Starlinek pada hari Jumat. Kami akan memiliki peluang terbaik kami 23:27, ketika sekelompok satelit yang relatif terang (sedikit lebih terang dari Kamis) muncul di langit. Arah terbang dan ketinggian harus sama.

READ  Anda ingin berperilaku berkelanjutan dan seringkali tidak

Satelit juga akan muncul di langit pada hari Sabtu dan Minggu pada waktu yang sama dan kecerahan yang sama. Namun, jumlah orang yang lebih cerah secara bertahap akan berkurang.

Perlu dicatat bahwa waktu dan jalur penerbangan untuk hal-hal di atas berada di Warsawa dan sedikit berbeda tergantung dari mana kita melakukan pengamatan. Waktu penerbangan yang tepat untuk berbagai bagian Polandia dapat diperiksa berkat:di. Langit yang akan Anda lihat di atas.

Bagaimana Anda menemukan Starlinki di langit?

Sangat mudah untuk menemukan “kereta ruang angkasa” SpaceX di langit, karena Starlinków tidak dapat dikacaukan dengan hal lain. Satelit bergerak di orbit dalam garis panjang (biasanya puluhan atau puluhan – satu demi satu) dan melintasi seluruh langit dengan relatif cepat. Melihat mereka dengan mata telanjang (dalam cuaca baik) seharusnya tidak menjadi masalah, meskipun tentu saja yang terbaik adalah pergi ke langit yang relatif gelap sambil mengamati.

Perlu juga diketahui di mana mencari Starlinków. Biasanya serangkaian satelit yang terlihat dari Polandia tengah muncul relatif rendah di atas cakrawala barat (atau barat laut) dan melintasi langit di dekat puncak. Di sinilah menemukan mereka jauh lebih mudah. Satelit “kereta ruang angkasa” menghilang setelah beberapa menit (maksimum 5 menit) di atas cakrawala timur (atau tenggara).