Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

‘Stealth Omicron’: Semua yang perlu Anda ketahui tentang subspesies yang menyebar dengan cepat | berita Dunia

Subtipe baru Omicron telah menimbulkan kekhawatiran bahwa jenis virus corona yang lebih menular dapat menyebabkan gelombang Covid-19 yang lebih besar secara global.

Otoritas kesehatan Inggris telah mengidentifikasi sub-variabel, yang disebut BA.2, sebagai ‘Alternatif sedang diselidiki’. Ini adalah langkah pertama penyelidikan sebelum dapat diklasifikasikan sebagai “variabel yang menjadi perhatian” (VOC), seperti yang saat ini terjadi pada Omicron BA.1 yang asli.

Subspesies, dijuluki ‘cryptic Omicron’, diidentifikasi pada awal Desember tahun lalu, dan pada 10 Januari tahun ini, 53 urutan BA.2 telah diidentifikasi di Inggris.

Berapa banyak sub-breed yang dimiliki oleh dosis Variant Omicron?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), varian Omicron memiliki Tiga subspesies: BS 1, BS 2, BS 3. Dia menambahkan bahwa hingga 99 persen dari kasus yang diurutkan ditemukan mengandung subspesies BA.1.

Organisasi Kesehatan Dunia lebih lanjut mengatakan bahwa pengetahuan tentang B.1.1.529 masih berkembang, tetapi garis keturunan ini lebih beragam.

Namun kini semakin banyak subvariabel yang bermunculan, terutama di salah satu kawasan yang paling parah terdampak wabah Covid-19 di Eropa.

Di mana kasus subvariabel BA.2 ditemukan?

Selain Inggris, BA.2 ditemukan di Denmark, Norwegia, dan Swedia. Para ilmuwan di Prancis dan India juga telah memperingatkan penyebaran cepat sub-varian BA.2, yang diperkirakan akan mengungguli strain Omicron lainnya.

Situasinya sangat buruk di Denmark di mana BA.2 meningkat dari 20 persen kasus menjadi 45 persen antara akhir Desember dan pertengahan Januari.

Denmark telah melaporkan lebih dari 30.000 kasus minggu ini, 10 kali lebih banyak dari puncak gelombang Covid-19 sebelumnya.

BA.2 vs. BA.1 vs. BA.3

Para peneliti menunjuk kemungkinan alasan mengapa sub-strain baru diharapkan menjadi penyebab dominan Covid-19 dalam beberapa bulan mendatang.

READ  Ejekan Ratu Elizabeth II terhadap para pemimpin tentang perubahan iklim: benar-benar mengganggu

Vipin M Vashishtha, anggota Jaringan Keamanan Vaksin WHO, mengatakan di Twitter bahwa BA.2 berbagi 32 mutasi dengan BA.1 tetapi juga memiliki 28 mutasi uniknya sendiri.

Ada kemungkinan bahwa substrain BA.3 secara antigen mirip dengan BA.1 karena berbagi mutasi pada 417, 446, 484 dan lokus kunci lainnya, Vashishtha menambahkan.

Namun, Denmark mengatakan masih terlalu dini untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan mutasi BA.2. “Belum ada informasi apakah BA.1 dan BA.2 memiliki sifat yang berbeda,” kata Serum Statins Institute, pusat penelitian penyakit menular yang dikelola pemerintah.

Pemerintah Denmark juga mengatakan bahwa analisis awal menunjukkan tidak ada perbedaan rawat inap untuk BA.2 dibandingkan dengan BA.1. Pemerintah telah mengumumkan pelonggaran pembatasan karena jumlah orang yang membutuhkan perawatan intensif berkurang.

Mengapa disebut “Siluman Omikron”?

Ketika para ilmuwan menemukan varian Omicron, mereka memperhatikan bahwa strain aslinya – BA.1 – memiliki mutasi dalam bentuk penghapusan pada gen “S” atau spike yang terdeteksi oleh tes PCR. Namun, subspesies BA.2 tidak memiliki mutasi yang sama, yang dinamai “Stealth Omicron”.

Namun dalam beberapa minggu terakhir, beberapa ahli mengklaim bahwa sub-strain sudah muncul dalam tes PCR. “BA.2 _ dapat dideteksi dengan PCR, berita-berita ini sepenuhnya salah. Tergantung tes PCR yang digunakan, mungkin tidak terlihat seperti BA.1 (Omicron lainnya). Tapi tetap akan memberikan hasil positif,” kata Cornelius Romer , seorang ahli biologi komputasi di University of Basel, Swiss, di Twitter: “Sungguh frustasi melihat kebohongan tentang hal yang tidak terdeteksi masih ada.”

Tetapi Sarjana 2 saat ini sedang dalam berita, menurut seorang ahli virus dari Imperial College London Tom Merak, karena menunjukkan pertumbuhan di banyak negara, yang merupakan bukti bahwa BA.2 mungkin lebih mudah menular pada tingkat tertentu daripada BA.

READ  Pawai Azadi dari Imran Khan: penyebaran tentara dan Islamabad berubah menjadi medan perang | berita Dunia