Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Studi menawarkan wawasan baru tentang apa yang menyebabkan ‘lingkaran imajiner’ di Gurun Namib

Penelitian telah berlangsung di Gurun Namib selama lebih dari 50 tahun.

Petak-petak tanah melingkar tanpa vegetasi di Gurun Namib telah menjadi subjek yang menarik selama lebih dari 50 tahun. Ahli ekologi telah mengajukan beberapa teori untuk menguraikan teka-teki “lingkaran peri”, seperti yang biasa disebut. Tetapi Studi baru Berikan penjelasan yang jelas tentang apa yang bisa menjadi penyebab pertumbuhan aneh ini. Dipimpin oleh Stefan Getzen, seorang ahli ekologi di Universitas G√∂ttingen di Jerman, mengatakan stres air dari tanaman, bukan rayap, yang menyebabkan bintik-bintik ini. Cincin misterius tersebar di 1.100 mil (1.770 kilometer) di padang rumput kering Afrika Selatan, menurut sebuah laporan di CNN.

Outlet tersebut mengatakan bahwa Mr. Getzin mulai meneliti lingkaran imajiner pada tahun 2000. Dia telah menerbitkan lebih banyak makalah tentang lingkaran ini daripada ahli lainnya.

Lingkaran-lingkaran aneh tersebut dikenal sebagai petak-petak tandus yang dikelilingi oleh rerumputan. Fakta bahwa rerumputan telah tumbuh di sekitar daerah kering itu sendiri cukup mengejutkan. Dalam penelitian sebelumnya, ahli ekologi Jerman mengklaim bahwa tanaman ini berevolusi di sekitar cincin untuk memaksimalkan air yang terbatas di gurun.

Kali ini, timnya mempelajari dampak kekeringan pada tahun 2020 dan perubahan tahun ini setelah musim hujan yang sangat baik. Menganalisis data, ahli ekologi menemukan bahwa air dari dalam lingkaran terkuras dengan cepat, meskipun tidak ada rumput untuk digunakan, sementara rumput di luar tetap kuat seperti biasanya. Dia lebih lanjut mengatakan bahwa gulma yang sudah mapan telah berevolusi untuk menciptakan sistem vakum di sekitar akarnya yang menarik semua air ke arah mereka.

Pakar mengatakan bahwa rumput liar di dalam lingkaran menerima lebih sedikit air, sehingga mereka tidak bisa menang. Ini disebut contoh ‘umpan balik ekohidrologis’.

READ  Panglima militer Afghanistan menunda kunjungan ke India karena serangan Taliban | berita terbaru india

Menurut Nature, “lingkaran imajiner” ini berukuran teratur dan memiliki ruang di antara mereka. Rumput yang tumbuh di sana dinamai Stipagrostis.

Video hari ini

BJP Fields Ex MLA yang “melompat ke sungai untuk menyelamatkan nyawa” di Morbi di Gujarat