Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Sudahkah Anda mengkonfirmasi teori Einstein? Cahaya misterius dari balik lubang hitam

“Pola menarik” memenuhi prediksi fisikawan legendaris dan diamati ketika para ilmuwan melihat semburan sinar-X yang berasal dari lubang hitam supermasif di galaksi 800 juta tahun cahaya dari Bumi.

Lihat: Surat tulisan tangan Einstein E = mc2 dijual dengan harga rekor

Teleskop kemudian merekam kasus yang tidak biasa: semburan sinar berturut-turut, yang lebih kecil, kemudian memiliki “warna” yang berbeda dari pendahulunya dan datang dari balik lubang hitam. Ketika mereka menganalisis lebih lanjut, para peneliti menyadari bahwa emisi yang lebih kecil adalah gema back-reflective dari yang lebih besar, “ terlipat di sekitar lubang hitam di sisi lain dari piringan akresi (struktur berputar yang terdiri dari debu dan gas yang jatuh di atasnya. ). sumber gravitasi yang kuat).

“Setiap cahaya yang masuk ke lubang hitam tidak bisa lepas darinya, jadi kita seharusnya tidak bisa melihat apa pun di belakangnya,” kata Dan Wilkins, astrofisikawan di Universitas Stanford.

“lampu lengkung”

Namun, sifat aneh dari lubang hitam memungkinkan untuk mengamatinya. “Alasan kami melihat ini adalah karena lubang hitam membelokkan ruang dengan membelokkan cahaya dan medan magnet di sekitarnya,” jelas Wilkins.

Lihat: Teori relativitas umum Einstein dikonfirmasi. alam semesta membosankan

Ini mungkin berarti bahwa setelah lebih dari seratus tahun, kemungkinan besar akan mungkin untuk mengumpulkan bukti kebenaran dari fenomena yang dijelaskan oleh Einstein.

Lima puluh tahun yang lalu, ketika astrofisikawan mulai berspekulasi tentang bagaimana medan magnet akan berperilaku di dekat lubang hitam, mereka tidak tahu bahwa suatu hari kita mungkin memiliki teknologi untuk mengamati teori relativitas umum Einstein dan melihatnya beraksi, kata Roger Blandford, Profesor Fisika di Universitas Stanford dan rekan penulis studi ini.

rsr / CNN

READ  Crusader Kings 3 Royal Court penjara insinyur pertama peluang kedua zapowiedziane

Baca lebih lajut