Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Taliban menghentikan impor dan ekspor dari India melalui rute transit Pakistan | berita terbaru india

Federasi Organisasi Ekspor India (FIEO) mengatakan Kamis bahwa Taliban telah menghentikan semua impor dan ekspor dari India melalui rute transit Pakistan saat mereka menguasai Afghanistan dalam beberapa hari terakhir.

Kami memantau perkembangan di Afghanistan dengan cermat. Impor datang dari sana melalui rute transit Pakistan. “Sejauh ini, Taliban telah menghentikan pergerakan pengiriman ke Pakistan, sehingga impor hampir berhenti,” Direktur Jenderal FIEO Ajay Sahi seperti dikutip oleh kantor berita ANI.

FIEO mengatakan bahwa harga buah-buahan kering di India mungkin naik dalam waktu dekat karena negara itu mengimpor sekitar 85 persen komoditas ini dari Afghanistan.

Baca juga | Fokus pada kembalinya orang India dengan aman dari Afghanistan: Jaishankar

Mengenai ekspor, Sahai mengatakan beberapa barang diekspor melalui koridor utara-selatan internasional sementara barang lainnya melewati jalan Dubai. Memperhatikan bahwa India memiliki hubungan perdagangan yang baik dengan Afghanistan, Suhay mengatakan bahwa ekspor ke Afghanistan sekitar $835 juta untuk tahun 2021.

Tonton juga | Taliban menargetkan India, menghentikan ekspor dan impor; Harga buah kering naik | Afganistan

“Kami telah mengimpor barang senilai sekitar 510 juta dolar AS. Tapi selain perdagangan, kami memiliki investasi besar di Afghanistan. Kami telah menginvestasikan sekitar $3 miliar di Afghanistan dan ada 400 proyek individu di Afghanistan, beberapa di antaranya sedang berlangsung.

Pada hari Rabu, Menteri Luar Negeri Dr. S Jaishankar mengatakan pemerintah sedang memantau perkembangan di Afghanistan, menambahkan bahwa fokusnya adalah untuk memastikan keamanan dan kepulangan yang aman dari warga negara India yang masih ada di sana.

Puluhan warga negara India tetap terdampar di Afghanistan karena para pejabat mengatakan mereka akan dipulangkan begitu penerbangan komersial dilanjutkan di bandara Kabul. Kementerian Luar Negeri mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa, “Pemerintah India berkomitmen untuk mengembalikan semua warga negara India dengan aman dan akan membuat pengaturan penerbangan begitu Bandara Kabul dibuka untuk operasi komersial.”

READ  Inggris lolos ke final Euro 2020 setelah mengakhiri mimpi Denmark | berita sepak bola