Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Tanpa topeng dan ekstasi: Roland Kaiser mempersembahkan pesta 2G

Tanpa masker dan ekstasi
Roland Kaiser mempersembahkan pesta 2G

Christian Bosch, d

Kedekatan luar biasa dari banyak orang asing mendefinisikan konser besar pertama sejak Corona di Hamburg. Roland Kaiser merayakan sekitar 10.000 orang—dan terlepas dari semua euforia, masih ada sedikit skeptisisme tentang pesta 2G.

Hampir tidak ada ruang tersisa di interior Barclays Arena. Penggemar penyanyi pop Roland Kaiser berdiri berdekatan. Mereka bernyanyi, bersorak dan bertepuk tangan. Lapisan bawah juga penuh. Hampir tidak ada yang memakai topeng. Konser besar pertama sejak pecahnya pandemi Corona dirayakan di Hamburg Arena – dalam kondisi generasi kedua (yaitu, hanya untuk mereka yang telah divaksinasi dan telah pulih).

Sekitar 10.000 orang membeli tiket untuk itu. Seharusnya sudah berlangsung pada November 2020, tetapi ditunda karena Corona. Sekarang ini adalah awal baru bagi banyak orang Jerman Utara yang divaksinasi dan pulih, yang, dengan bintang Schlager, sekarang mengadakan konser pertama mereka sejak awal pandemi Corona.

Banyak pengunjung tidak memiliki masalah dengan kedekatan yang tidak biasa dengan orang asing. “Saya sangat senang akhirnya semuanya berjalan lagi. Saya membeli kartu itu beberapa tahun yang lalu,” kata Silke dari Hamburg, misalnya. Namun, suaminya harus tinggal di rumah. “Dia tidak mau divaksinasi. Saya menerimanya. Tapi saya berharap bisa membawanya ke sini hari ini.” Ia tidak takut tertular virus corona. “Kurasa setiap orang waras ada di sini.”

Sekelompok anak muda dari Kiel dan Hamburg tidak memiliki masalah dengan topeng dan ruang yang hilang. Christopher dari Kiel berkata, “Saya adalah pengunjung konser yang bersemangat. Saya sangat merindukan semuanya. Dan dengan teman-teman saya di sini bersama, itu tidak asing bagi saya. Dengan orang asing di sebelah saya, mungkin berbeda.”

‘Epidemi belum berakhir’

Tapi bagi Hans Jochen dari Lower Saxony, segalanya terlihat berbeda. Dia terganggu oleh kecerobohan banyak pengunjung di alun-alun. Dia dan istrinya mengenakan topeng mereka selama istirahat. “Karena kita belum merasa cukup aman,” jelas si pemakai jaket. “Bagi kami, ini justru sebaliknya. Epidemi belum berakhir.” Namun, pasangan itu tidak bisa menghilangkan kegembiraan prom. tepuk tangan dengan antusias. Menurut Hans-Jochen, keduanya tidak akan tunduk pada ketentuan 3G.

Sebagian besar pengunjung akan mengingat malam itu sebagai awal yang baik untuk konser alam. Selain beberapa spanduk dan staf yang mengenakan masker, tidak ada yang mengingatkan pada Corona selama konser Roland Kaiser.

Penampilan pria berusia 69 tahun itu selama hampir tiga jam sebagai bagian dari tur “Alles oder Dich” adalah konser besar pertama di Hamburg Arena dalam 20 bulan. Hanya konser kecil, permainan bola tangan, dan acara serupa yang diadakan di sini dengan jumlah pengunjung yang sedikit.

Jadi pesta Kaiser adalah awal baru yang penting bagi kepala ringside Steve Schwenkglenks. “Sangat menyentuh bahwa kami kenyang lagi selama 20 bulan.” Plus, senang akhirnya bisa bertemu dengan kolega dan kru – teknisi pencahayaan, suara, dan teater – lagi. Tentu saja profitabilitas juga merupakan aspek penting. “2G adalah langkah penting karena ini adalah langkah pertama menuju profitabilitas.”

“tetap sehat”

Masih ada sekitar 20 acara yang akan datang pada akhir tahun dan kalender 2022 sudah penuh, kata Schwinglinks, sambil mengetuk meja kayu di depannya. Rambu jalan satu arah dan garis pemisah Corona yang dipasang dalam beberapa bulan terakhir, yang seharusnya memberikan jarak lebih jauh, harus tetap ada untuk saat ini. “Bahkan jika kamu hanya memegang setengahnya, itu hanya bisa membantu.” Jangan khawatir tentang cedera Corona di arena. “Dalam semua peristiwa yang kami lakukan di sini atau di Berlin, sama sekali tidak ada. Kami bukan mesin epidemi.”

Dia sekarang berharap akan segera ada aturan 2G yang dapat diandalkan untuk regulator di semua negara bagian federal. Karena tur melalui beberapa negara bagian sama sekali tidak sebanding dengan usaha para musisi dan penyelenggara.

Namun, Roland Kaiser memandu Anda melalui konser multi-jamnya sebagai rutinitas, menawan, dan lebih lucu dari sebelumnya. Dengan lagu pertama, kursi menjadi ruang berdiri. Saat kita berpamitan, isyarat pandemi kembali terasa saat Roland Kaiser mengucapkan salam ke mikrofonnya dengan tujuan mencapai Corona: “Tetap sehat, pulang dengan selamat, dan sampai jumpa di lain waktu.”

READ  Negara-negara ini akan menyanyi untuk gelar itu pada hari Sabtu