SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tari Jogi Meriahkan Pembukaan KSM

  • Reporter:
  • Selasa, 26 November 2019 | 15:05
  • Dibaca : 184 kali
Tari Jogi Meriahkan Pembukaan KSM
Penampilan tari tradisional menghibur pengunjung di ajang KSM tahun 2018 lalu. f dok sindo batam

BATAMKOTA – Ratusan siswa berbagai sekolah se-Kota Batam akan menari jogi bersama di Dataran Engku Putri. Penampilan tarian khas Melayu ini menjadi bagian dalam pembukaan Kenduri Seni Melayu (KSM) ke-20, Rabu (11/12) malam.

“Sejak 1999, agenda ini rutin Pemko Batam adakan tanpa jeda. Tahun ini adalah ke 20 kalinya kami gelar. Maka akan kami buat lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Sekupang, Senin (25/11).

Selain melibatkan pelajar, KSM ke-20 ini juga akan menampilkan orang nomor 2 di Kota Batam. Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad akan menunjukkan kebolehannya berpuisi di panggung KSM 2019. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari. Berbagai penampilan dapat disaksikan pengunjung selama perhelatan.

“Tak hanya dari Kota Batam, kemeriahan KSM juga diisi pelaku seni dari kota/kabupaten lain di Indonesia, bahkan hingga mancanegara,” ujar Ardi.

Penampil dari negara serumpun seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, dan Myanmar juga ikut ambil bagian. Tak ketinggalan seniman dari negeri beruang putih, Rusia. Kesenian yang dipersembahkan beragam. Mulai dari tari, musik, sampai puisi. Tak cuma bernuansa melayu tapi juga kesenian nusantara.

“Pada tanggal 12 Desember juga akan ada pertunjukan gasing yang dimainkan anak-anak sekolah se-Kota Batam. Ini sekaligus untuk melestarikan kembali permainan tradisional yang sudah mulai ditinggalkan,” katanya.

Kegiatan KSM merupakan rangkai acara peringatan Hari Jadi Batam ke-190. Berbagai kegiatan untuk merayakannya sudah mulai berlangsung. Rangkaian dibuka dengan lomba-lomba bersempena HUT ke-48 Korpri. Kemudian di awal Desember mendatang akan diadakan International Batam Expo 2019.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin mengatakan TNI AU juga akan ambil bagian pada peringatan Hari Jadi Batam ke-190. Pesawat F-16 akan dibawa melintas di langit Batam

Pada 15 Desember, juga akan diadakan jalan santai. Ia berharap seluruh pegawai Pemerintah Kota Batam bisa berpartisipasi. Sekaligus membawa keluarganya ke acara ini. Serta menginformasikan kepada masyarakat terkait kegiatan tersebut. Supaya semakin ramai peserta yang hadir. “Pada perayaan ulang tahun Kota Batam kali ini juga akan digelar Batam Night Carnival. Berlokasi di Dataran Engku Hamidah, Jalan Raja Haji Fisabilillah. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com