Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA lama terjebak dalam mode aman dengan perbaikan bug terputus-putus

Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA/ESA selama penempatan pada tahun 1990.

NASA / Institusi Smithsonian / Lockheed

Teleskop Luar Angkasa Hubble telah menghabiskan lebih dari tiga dekade membawakan kita gambar dan data yang menarik, tetapi pesawat ruang angkasa menunjukkan usianya. Tim Hubble sedang bekerja untuk memecahkan masalah dengan komputer payload teleskop — perangkat keras yang dibuat pada 1980-an — yang mengontrol instrumen sainsnya. Tapi mungkin ada hal lain yang terjadi.

Masalah komputer muncul pada 13 Juni. “Setelah menganalisis data, tim operasi Hubble sedang menyelidiki apakah modul memori yang rusak menyebabkan komputer berhenti.” NASA mengatakan dalam sebuah pernyataan minggu lalu. Hubble adalah proyek bersama NASA dan Badan Antariksa Eropa.

NASA mengumumkan pada hari Selasa Masalah memori itu sebenarnya bisa menjadi gejala masalah dengan perangkat keras komputer yang berbeda. “Tim operasi sedang mempelajari apakah Perangkat Antarmuka Standar (STINT), yang menghubungkan komunikasi antara unit pemrosesan pusat (CPM) komputer dan komponen lainnya, atau CPM itu sendiri yang bertanggung jawab atas masalah ini,” kata badan tersebut.

Dalam pembaruan 18 Juni, NASA mengatakan teleskop itu utuh, tetapi instrumen ilmiah tetap dalam mode aman. Tim Hubble sebenarnya mencoba me-restart komputer payload, tetapi menemukan kesalahan yang sama lagi. Tim mencoba beralih ke unit cadangan, tetapi perintah gagal diselesaikan. Upaya lain tidak berhasil.

“Tim saat ini sedang merancang tes yang akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan untuk mencoba mengisolasi masalah lebih lanjut dan mengidentifikasi solusi potensial,” kata NASA, Selasa.

Tim Hubble akan mempertimbangkan untuk mengubah teleskop menjadi komputer cadangan jika masalahnya tidak dapat diperbaiki. Cadangan belum berjalan sejak dipasang selama misi layanan pesawat ulang-alik pada tahun 2009.

Teleskop telah melalui serangkaian celah teknis dalam beberapa tahun terakhir. Sebuah Kesalahan perangkat lunak mengirimnya ke mode aman Selama beberapa hari di bulan Maret.

Hubble sangat tangguh saat para ilmuwan menunggu generasi berikutnya, yang sudah lama ditunggu Teleskop Luar Angkasa James Webb akhir tahun ini. James Webb akan terus memperluas warisan Hubble.

Jika upaya sebelumnya merupakan indikasi, Hubble kemungkinan akan terus melewati masalah terakhir ini dan melanjutkan operasi sainsnya yang berharga, tetapi NASA juga dihadapkan pada kenyataan bekerja dengan sistem warisan yang telah lama melampaui harapan.

Mengikuti CNET. Kalender Luar Angkasa 2021 Untuk mengikuti berita luar angkasa terbaru tahun ini. Anda bahkan dapat menambahkannya ke Kalender Google Anda.

READ  Inggris memantau dengan cermat program vaksinnya dan peningkatan jumlah kasus