Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Temui australotitan besar, “titan selatan” – dinosaurus terbesar di Australia!

Australotitan coprensis, ‘titan selatan cooper’. Kredit: Vlad Konstantinov, Scott Hocknall © Museum Sejarah Alam Eromanga

Saatnya bertemu Koprensis Australia, spesies baru sauropoda raksasa dari Eromanga di barat daya Queensland. orang australiaTitan selatan Cooper, dinamai dari tempat ditemukannya, telah dijelaskan secara ilmiah oleh ahli paleontologi dan staf di Museum Queensland dan Museum Sejarah Alam Iromanga.

Kerangka fosil awalnya dijuluki ‘Cooper’ setelah Copper Creek di dekatnya di mana ia pertama kali ditemukan oleh pemilik properti Mackenzie dan digali di Museum Queensland pada tahun 2007. Temuan ‘Cooper’ mengubah kehidupan keluarga Mackenzie dan menyebabkan pendiriannya . Dari Museum Sejarah Alam Eromanga.

Penggalian tulang Dinosaurus Sandy Mackenzie

Sandy Mackenzie (kiri) bersama orang tuanya Stewart dan Robin Mackenzie menggali tulang paha Cooper selama penggalian dinosaurus 2007. Kredit: Gary Cranich

Tim Penggali Tulang Dinosaurus

Tim menggali Cooper Basin di lubang dinosaurus 2007. Kredit: Robin McKenzie

orang australia Itu milik sekelompok dinosaurus yang dikenal sebagai titanosaurians, yang merupakan kelompok terakhir dari sauropoda berleher panjang dan hewan terbesar yang pernah hidup di Bumi. orang australia Sekarang spesies dinosaurus terbesar yang diketahui dari Australia, menjadikannya hewan darat terbesar yang pernah berjalan di Queensland Outback dan termasuk di antara 10 hingga 15 dinosaurus terbesar di dunia. Diperkirakan mencapai ketinggian 5 hingga 6,5 ​​meter di pinggul dan panjang 25 hingga 30 meter – panjang lapangan basket! Beratnya mungkin antara 23 dan 74 ton, yang setara dengan 1.400 kanguru merah!

Cooper Encapsulated Femur

Tim dengan tulang paha yang dienkapsulasi dari “Cooper” di Lubang Dinosaurus 2007. Kredit: Robin McKenzie

Studi tersebut menemukan bahwa keempat dinosaurus Serbia yang hidup di Australia pada sekitar waktu yang sama (96 hingga 92 juta tahun yang lalu) lebih erat hubungannya satu sama lain daripada dinosaurus lain yang ditemukan di tempat lain. untuk memastikan orang australia Itu adalah spesies yang berbeda, yang tulangnya harus dibandingkan dengan spesies lain di Queensland dan secara global. Tidak terlalu penting dan mudah ketika berhadapan dengan tulang yang sangat berat dan rapuh yang disimpan di museum dengan jarak 100-1.000 kilometer.

READ  Mikroskop yang luar biasa melihat atom dengan akurasi standar

Untuk pertama kalinya, tim menggunakan teknologi digital baru untuk menangkap setiap tulang dalam gambar 3-D dan membandingkannya dengan tulang kerabatnya. Banyak dari “model elektronik” digital ini akan menjadi bagian dari koleksi digital Museum Queensland yang didukung oleh Project DIG, kemitraan antara Jaringan Museum Queensland dan BHP.

Scott Hocknoll dengan fosil dinosaurus humerus

Dr.. Scott Hocknall dengan fosil humerus “Cooper” (kanan) dan rekonstruksi cetak 3D (kiri). Kredit: Rochelle Lawrence

Proses digitalisasi juga telah menghasilkan beberapa penemuan menakjubkan. Ditemukan bahwa banyak tulang “cooper” patah mengikuti jejak dinosaurus sauropoda lainnya. Hal ini terlihat pada area terinjak-injak sauropoda yang ditemukan saat penggalian “Cooper”. Tim menemukan rak berbatu, sekitar 100 meter, yang mewakili jalur sauropoda. Jejak kaki sauropoda yang menginjak-injak lumpur dan bahkan tulang sauropoda yang lebih kecil telah diawetkan di tanah lunak. Karya ini merupakan studi menarik dari penggalian arkeologi dinosaurus di sekitar Queensland.

Area menginjak-injak Sauropoda

Area menginjak-injak sauropoda ditemukan saat menggali “Cooper” pada tahun 2007. Kredit: Dr. Scott Hocknull

Publikasi ilmiah ini merupakan puncak dari tujuh belas tahun upaya bersama antara Museum Queensland, ahli paleontologi di Museum Sejarah Alam Iromanga, ahli geologi, ahli paleontologi, dan yang paling penting sukarelawan. orang australia Menambah daftar spesies dinosaurus unik Australia yang terus bertambah yang ditemukan di Queensland Outback, itu juga menampilkan area baru penemuan dinosaurus Australia.

Museum Sejarah Alam Cooper Homer Iromanga

Kiri ke kanan, Tania, Rochelle dan Natalia menghadiri fosil humerus Cooper di Museum Sejarah Alam Iromanga. Kredit: Dr. Scott Hocknall.

Nantikan lebih banyak cerita di balik layar penemuan dinosaurus Queensland!

Proyek DIG adalah kemitraan antara Museum Queensland dan BHP yang akan mensurvei koleksi kami dan mendigitalkan penelitian kami untuk orang-orang di seluruh dunia.

Kuprinsis Konstantinov . Australia

Australotitan coprensis di sebelah situs penggalian dinosaurus tahun 2021. Kredit: Vlad Konstantinov, Dr. Scott Hocknall © Museum Sejarah Alam Eromanga

Ditulis oleh Rochelle Lawrence, Asisten Peneliti Senior, dan Scott Hocknall, Kurator Senior, Ilmu Bumi, Museum Queensland.

READ  Boeing blokir peluncuran kapsul kru Starliner ke stasiun luar angkasa

Referensi: “Sauropoda raksasa baru, Australotitan coprensis Jane. et al. S. November, from mid-Cretaceous Australia” oleh Scott A. Hocknoll, Melville Wilkinson, Rochelle A. Lawrence, Vladislav Konstantinov, Stuart Mackenzie, Robin McKenzie, 7 Juni 2021, Tersedia di sini. berg.
DOI: 10.7717 / peerj.11317