Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Temukan gunung berapi bawah laut di Laut Barents

Temukan gunung berapi bawah laut di Laut Barents

Borealis adalah gunung lumpur kedua yang ditemukan di perairan Norwegia.

Para ilmuwan di Norwegia telah menemukan gunung berapi di dasar Laut Barents di lepas pantai Norwegia. Fenomena geologi yang tidak biasa itu ditemukan oleh kapal penelitian Kronprins Haakon dengan kendaraan submersible ROV Aurora. Universitas Arktik Norwegia (UIT). Universitas mengatakan di situs webnya bahwa gunung berapi itu terletak 70 mil laut di selatan Pulau Beruang pada kedalaman 400 meter. Ini adalah gunung lumpur kedua yang ditemukan di perairan Norwegia.

“Melihat semburan lumpur bawah air secara real time mengingatkan saya betapa ‘hidupnya’ planet kita,” kata Profesor Giuliana Bagneri, pemimpin misi dan penyelidik utama proyek AKMA, yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang aktivitas metana di dasar laut.

Metana adalah salah satu gas rumah kaca yang bertanggung jawab atas pemanasan global.

Gunung berapi yang baru ditemukan ini diberi nama Borealis Mud Volcano. Itu terletak di dalam kawah selebar 300 meter dan sedalam 25 meter, kata UIT, kemungkinan besar akibat letusan alam dahsyat yang tiba-tiba melepaskan metana besar-besaran setelah glasiasi terakhir (18.000 tahun lalu).

Gunung berapi yang memiliki diameter 7 meter dan tinggi 2,5 meter ini terus menerus memuntahkan cairan yang kaya akan metana.

“Kami tidak menutup kemungkinan menemukan gunung lumpur lain di Laut Barents. Hanya berkat kerja sama tim bersama dan teknologi canggih, hasil ini dapat dicapai,” kata Profesor Panyeri.

Gunung berapi semacam itu adalah jendela langsung ke interior Bumi, kata para peneliti, karena sebagian besar meletus dari air dan sedimen halus dari kedalaman beberapa ratus meter hingga beberapa kilometer, memberikan jendela ke lingkungan masa lalu.

READ  "Pintu gerbang" yang menghubungkan New York dan Dublin ditutup setelah "perilaku tidak pantas"

UIT mengatakan bahwa hanya ada satu gunung lumpur di perairan Norwegia, gunung lumpur Haakon Mosby, yang ditemukan pada tahun 1995.