SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Terpidana Kasus Mikol Bayar Denda Sesuai Putusan

  • Reporter:
  • Kamis, 13 Juni 2019 | 15:19
  • Dibaca : 131 kali
Terpidana Kasus Mikol Bayar Denda Sesuai Putusan
Kepala Kejari Batam Dedie Tri Hariyadi, Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Filpan F. D Laia dan Jaksa Samuel Pangaribuan saat konferensi pers, kemarin. /aini lestari

BATAM – Tober Tua Simanjuntak, terpidana kasus peredaran minuman beralkohol tanpa ijin edar membayar denda yang dijatuhkan kepadanya, Rabu (12/6) siang. Ia membayar denda sebesar Rp500 juta sesuai dengan putusan Pengadilan Negeri Batam pada Senin (10/6) lalu.

Dalam amar putusan, Tober dinyatakan terbukti secara sah dan bersalah melajukan tindak pidana dengan sengaja tidak memiliki ijin edar terhadap barang pangan yang diimpor untuk diperdagangkan dalam kemasan eceran. Ia dijatuhi hukuman pidana denda sebesar Rp500 juta dengan subsider 6 bulan kurungan badan.

Atas putusan tersebut, Tober membayar denda yang dijatuhkan kepadanya dalam proses eksekusi yang dilakukan oleh penuntut umum Kejari Batam. “Dengan dibayarkannya denda tersebut, maka perkara ini sudah dinyatakan memiliki kekuatan hukum tetap atau incrah,” kata Kepala Kejari Batam, Dedie Tri Hariyadi yang didampingi Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Filpan F. D Laia dan Jaksa Samuel Pangaribuan dalam konferensi pers yang digelar di Kejaksaan Negeri Batam, kemarin sore.

Dedie menjelaskan, sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Tober dengan hukuman pidana denda sebesar Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan badan. Namun, majelis hakim berpendapat lain dan menjatuhkan hukuman denda yang lebih ringan. “Barang bukti berupa sejumlah mikol telah dimusnahkan dalam acara pemusanahan barang bukti beberapa waktu lalu,” kata Dedie lagi.

Tober diketahui memiliki 2 toko yang menjual mikol secara eceran. Toko tersebut berada di kawasan Nagoya dan Batam Center. Hingga akhirnya pihak Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kepri melakukan penyidikan dan menetapkan Tober sebagai tersangka dengan sejumlah barang bukti.

“Kami berharap, putusan ini dapat memberikan efek jera dan pembelajaran bagi pelaku usaha lainnya agar tidak mengedarkan bahan pangan tanpa ijin edar. Dan baru kali ini ada perkara mikol yang melakukan pembayaran denda. Biasanya mereka pasang badan,” kata Dedie. aini Lestari

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com