Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Tesla-Chef wird 50: Selamat ulang tahun, Elon Musk!

Pada awal tahun 2021, Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia. Kekayaannya sekitar $185 miliar. Reli harga saham Tesla telah melambungkannya ke puncak. Pantas. Pada bulan-bulan menjelang itu, pengusaha lebih disibukkan dengan memperjuangkan dan melawan dana lindung nilai daripada posisinya sebagai CEO Tesla. Dia memegang tempat pertama hanya untuk waktu yang singkat. Jeff Bezos dan Amazon hanyalah pemenang yang paling berkelanjutan dalam krisis. Tapi bagaimana Musk naik dari kelas menengah ke atas di Afrika Selatan ke puncak Lembah Silikon? Cari petunjuk.

Beberapa bulan terakhir telah melukis potret Elon Musk. Gambar dalam gerakan cepat, jika Anda mau. Pada tahun 2020, ia berbicara tentang langkah-langkah untuk menahan virus corona. Hampir 600.000 orang meninggal karenanya di Amerika Serikat. Tapi peraturannya fasis. Orang-orang tidak akan datang ke negara itu untuk hidup dengan jam malam.

Jika Musk baik-baik saja, mereka akan bekerja di Tesla di tengah pandemi yang mematikan. Anda harus mempertahankan pekerjaan Anda, karena Elon Musk ditorpedo (seperti teman miliardernya Jeff Bezos) untuk membentuk serikat pekerja. Itu sebabnya upah pabrik Tesla adalah $19 per jam seperti itu waktu tersebut. Ini jauh di bawah rata-rata industri. GM membayar $58, Ford $57, dan Fiat Chrysler $48.

Lagi pula, Anda harus bertemu beberapa jam. Karena Musk menyatakan: “Ada tempat kerja yang jauh lebih mudah, tetapi tidak ada yang pernah mengubah dunia dengan 40 jam seminggu.” Mantan karyawan mengatakan 80 jam seminggu dan lebih. Juga dalam produksi. Musk sendiri mengaku bekerja 120 jam seminggu. Sebuah komitmen yang juga ia harapkan dari para karyawannya.

READ  Tekanan pada bank smartphone N26: Bafin harus mempertimbangkan untuk membatasi bisnis baru

Jika tidak, ada risiko hukuman. Musk mengumumkan di Twitter bahwa ia akan menghapus opsi saham dari karyawan yang ingin membentuk serikat pekerja. Ini akan menjadi pukulan keras. Bukan hanya karena dorongan ekonomi saja. Itu adalah harga pasar yang membuat Musk menjadi kaya. Juga karena dia (berhasil) berperang dengan dana lindung nilai selama sekitar dua tahun sekarang. Terutama terhadap penjualan pendek mereka – atau penjualan pendek.

Selama bertahun-tahun, hedge fund telah bertaruh bahwa saham Tesla akan jatuh. Untuk melakukan ini, mereka meminjam saham dan menjualnya. Pada waktu yang disepakati, mereka membeli kembali saham tersebut dan mengembalikannya. Jika harga turun selama waktu ini, hedge fund menghasilkan keuntungan. Kalau naik, rugi. Ini adalah ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya. Karena jika banyak saham (pinjaman) yang dijual, otomatis harganya turun.

Rumor mengatakan bahwa ada permintaan yang tinggi untuk pekerjaan di pabrik-pabrik Elon Musk (di sini di Nevada). Beberapa mengatakan. Yang lain mengatakan alasannya sebagian besar masih belum jelas.

(Foto: Tesla)

Dan ‘penjualan singkat’ yang secara teoritis ilegal juga telah mengakar sendiri melalui celah dalam undang-undang. Hedge fund menjual saham yang belum pernah mereka pinjam sebelumnya. Mereka praktis palsu. Beberapa perusahaan memiliki lebih banyak saham yang diperdagangkan daripada yang pernah dikeluarkan perusahaan. Gamestop dan AMC adalah contoh yang paling menonjol belakangan ini.

Ketika harga saham Gamestop berlipat ganda karena penampilan terorganisir dari pemegang saham kecil (kata kunci: Reddit/Wallstreetbets), Musk, yang telah lama menjadi fenomena budaya populer, merekomendasikan keamanan kepada para penggemarnya melalui Twitter. Pangsanya naik lagi 18.693 persen. Yang disebut pers singkat. Hal ini didorong oleh dana lindung nilai yang harus membeli kembali (kadang-kadang tidak ada) saham mereka. Hedge fund kehilangan $6 miliar dalam hitungan hari. Satu judul surat kabar perdagangan crypto: “Hore, Wall Street sedang terbakar.”

Ini mirip dengan Tesla. Musk tahu bagaimana mengubah penggemar yang tidak bisa membeli Tesla menjadi pemegang saham. Mereka membeli sekuritasnya, tetapi tidak menjual atau meminjamkannya. Hedge fund sering pergi dengan tangan kosong dan harganya naik secara artifisial. Situasinya mirip dengan cryptocurrency. Musk pertama membual tentang hal itu dan membiarkan harga penggemarnya meledak (+14.000 persen untuk Dogecoin). Beberapa minggu kemudian, ketika hedge fund ikut-ikutan, dia menyuarakan dirinya sendiri secara kritis tentang masalah dari acara Saturday Night Live TV, yang menghancurkan miliaran lagi.

Nilai saham besar Tesla sebagian besar tergantung pada perselisihan dengan dana lindung nilai.

(Foto: Tesla)

Singkatnya: bukan mobil, satelit, atau sistem pembayaran online yang membuat Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia (dalam jangka pendek), tetapi pasar keuangan yang dipertanyakan dan bergejolak. Kesuksesan tidak jatuh di pangkuan Elon Musk. Dia harus menjadi wiraswasta untuk dapat mengeksploitasi pekerja dan melawan dana lindung nilai. Ia lahir pada 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan. Ayahnya adalah seorang insinyur, dan ibunya adalah seorang model. Dia berasal dari Kanada. Secara umum, keluarga mampu menjalani kehidupan yang terhormat. Musk terobsesi dengan fiksi ilmiah dan, menurut rumor, suka membaca Encyclopedia Britannica. Dia secara teratur dipukul oleh teman-teman sekelasnya. Suatu kali pengganggu mendorongnya menuruni tangga dan memukulnya hingga pingsan, yang mendorongnya untuk pindah sekolah.

Dia bukan siswa biasa. Jika dia tertarik pada suatu topik, dia menampilkan pertunjukan yang hebat. Demikian halnya dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan sains, ilmu komputer, dan teknologi. Selebihnya bosan. Ketika dia baru berusia dua belas tahun, dia menjual video game yang diprogram sendiri yang disebut “Blastar” ke sebuah studio game. Lagi pula, ada $ 500 untuk itu.

Ketika Musk berusia 17 tahun, dia seharusnya bertugas di tentara Afrika Selatan. Layanan dia menolak karena apartheid begitu dia pindah ke Kanada, rumah ibunya. Tapi tanpa rencana. Paman yang ingin tinggal bersamanya sekarang tinggal di Amerika Serikat. Jadi dia membeli tiket bus dan menemukan tempat tinggal bersama sepupu keduanya. Elon membersihkan ceret, menjual sayuran, dan melakukan bisnis aneh apa pun yang ditawarkan kepadanya.

ke halaman rumah