Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

‘Tidak efektif’ dalam Perang Ukraina, Angkatan Laut AS memperoleh konversi rudal anti-radiasi untuk target udara

Angkatan Laut AS sedang mencari untuk memperoleh lusinan target udara berkecepatan tinggi baru yang dikonversi dari Rudal Anti-Radiasi Berkecepatan Tinggi AGM-88, yang dikenal sebagai HARM, yang telah menjadi sorotan untuk digunakan melawan target Rusia oleh Ukraina.

Rudal yang dikonversi, AQM-88A, akan membantu mengisi kekosongan yang diciptakan oleh pensiunnya pesawat target tak berawak AQM-37, dua pesawat terakhir diluncurkan awal tahun ini.

Ini juga akan memungkinkan Angkatan Laut AS untuk memenuhi kebutuhan target udara yang bergerak cepat untuk mendukung berbagai misi penelitian, pengembangan dan pelatihan. layanan Tampaknya Ia berencana untuk mengakuisisi sekitar 50 pesawat AQM-88A, juga disebut Supersonic Air Launched Target (SALT), selama tiga tahun ke depan.

Rudal Anti-Radiasi Berkecepatan Tinggi AGM-88, atau HARM, adalah keluarga senjata yang baru-baru ini menarik perhatian publik karena penempatannya di Ukraina. Pada bulan Agustus, Departemen Pertahanan AS membuka Ini memasok Ukraina dengan rudal anti-radiasi.

Beechcraft AQM-37 Jayhawk – Wikipedia, ensiklopedia gratis

Pengumuman itu muncul beberapa hari setelah gambar-gambar yang diposting di jejaring sosial Telegram menunjukkan bagian-bagian dari rudal AGM-88 yang meledak yang diduga digunakan oleh Ukraina terhadap situs-situs Rusia.

Selanjutnya adalah MiG-29 Fulcrum Ukraina diamati untuk pertama kali Rudal AGM-88 diluncurkan pada 30 Agustus dalam sebuah video yang disediakan oleh Angkatan Udara Ukraina.

Awalnya, pesawat tempur NATO dirancang untuk membawa kerusakan. Namun, Ukraina telah mengadaptasi MiG-29 untuk membawa dan meluncurkan rudal HARM dengan bantuan dari Amerika Serikat.

Namun, baik Washington maupun Kiev tidak secara akurat menggambarkan keefektifan rudal di Ukraina. Vijainder K Thakur, pensiunan pilot Jaguar, dalam artikelnya untuk EurAsian Times, menunjukkan bahwa AGM-88 HARM tidak terlalu efektif berdasarkan konsistensi yang diklaim RuMoD untuk menjatuhkan misil.

READ  Penjelasan: Apa yang mendorong "konsolidasi utang" pemerintah China?

Di masa lalu, pasukan Ukraina juga menggunakan rudal ini di wilayah Kherson, dan foto-foto telah muncul menunjukkan reruntuhan AGM-88 di dalam sebuah rumah.

Laporan pada saat itu menunjukkan bahwa rudal tersebut mungkin tidak berfungsi atau, berdasarkan kemungkinan lubang pecahan peluru di puing-puing rudal, mungkin telah dicegat.

RUPS-88
File foto: Rudal HARM

Rudal anti-radiasi berkecepatan tinggi AGM-88

Don Plotenberger, Direktur Program PMA-208, Pertahanan mengatakan Harian bahwa target peluncuran laut supersonik GQM-163A dan target peluncuran udara supersonik (SALT) AQM-88A tidak dapat mereplikasi kinerja AQM-37; Mereka dapat melakukan subset terbatas diskrit dari kemampuan mereka.

Seiring dengan AQM-88A, GQM-163A, juga dikenal sebagai Supersonic Sea Skimming Targets (SSST), akan menggantikan AQM-37 dalam beberapa kemampuan.

Itu GQM-163A Ini adalah rudal berbasis darat yang awalnya dirancang untuk meniru rudal jelajah anti-kapal yang beroperasi di laut. Namun, seiring kemajuan teknologi, GQM-163A juga memiliki kemampuan, dan sekarang memiliki mode “menyelam tinggi” yang dapat meniru beberapa rudal balistik.

Sementara itu, Angkatan Laut AS belum memberikan foto rudal AQM-88A yang baru. Diasumsikan bahwa desain SALT dan AGM-88B, anggota utama kedua dari keluarga HARM, secara fisik identik dengan versi sebelumnya.

Itu asal Rudal AGM-88A asli dapat ditelusuri kembali ke akhir 1960-an. Pengembangan rudal dimulai sebagai tanggapan atas keinginan untuk rudal anti-radiasi yang lebih efektif untuk menggantikan AGM-45 Shrike dan rudal anti-radiasi (ARM) standar AGM-78.

AGM-88A dirancang untuk menjadi jauh lebih cepat daripada AGM-45 dan AGM-78. Ini mengurangi waktu teknisi radar musuh untuk mematikan peralatan mereka, yang sebelumnya terbukti menjadi metode yang sangat sukses untuk menghindari ARM standar.

AGM-88 HARM Ukraina Rusia
AGM-88 HARM – Wikipedia

Sejak 1980-an, pasukan AS dan lainnya telah menggunakan frekuensi kerusakan yang berbeda dalam konflik yang berbeda. Seperti disebutkan sebelumnya, pasukan Ukraina juga telah mengintegrasikan jet tempur MiG-29 Fulcrum era Soviet mereka dengan rudal versi lama.

READ  Seorang dokter Tiongkok meninju seorang pasien berusia 82 tahun selama operasi dan menskorsnya setelah sebuah video menjadi viral

Karena tantangan teknis, AGM-88A tidak dioperasikan oleh Angkatan Laut sampai tahun 1985. Tahun berikutnya terlihat peluncuran varian Blok II dengan pencari yang dapat diprogram ulang.

AGM-88B datang berikutnya pada tahun 1987, menampilkan pencari yang lebih baik yang kemudian dimodifikasi dengan perangkat lunak baru untuk menyediakan varian Blok III. Sejak saat itu, berbagai bentuk HARM dengan peningkatan kemampuan telah dikembangkan dan dipublikasikan.

Beberapa model baru telah dikembangkan dari model sebelumnya, termasuk AGM-88B. Perlu dicatat bahwa AGM-88E Advanced Antiradiation Guided Missile (AARGM) adalah model rudal terbaru dan tercanggih.

Namun, rudal AQM-88A yang baru dikonversi dapat memberikan keserbagunaan untuk melawan berbagai ancaman udara, seperti jenis rudal udara-ke-udara atau udara-ke-permukaan. Mungkin lebih murah untuk mengubah AGM-88B daripada membeli target udara yang baru dirancang dengan kemampuan serupa.