SINDOBatam

Terbaru Metro+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tim Dokter Siapkan Operasi Bayi Kembar Siam Satu Organ di Batam

  • Reporter:
  • Jumat, 17 Januari 2020 | 21:18
  • Dibaca : 165 kali
Tim Dokter Siapkan Operasi Bayi Kembar Siam Satu Organ di Batam
ilustrasi

BATAM – Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam menyiapkan 30 tenaga medis untuk memisahkan bayi kembar siam. Adapun bayi kembar siam ini sebelumnya lahir secara normal di Rumah Sakit Santa Elisabeth, Sabtu (7/12/2019) lalu.

Direktur RSBP Sigit Riyarto mengatakan, pihaknya menggelar persiapan dan penilaian untuk melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam dari RSBP Batam pada hari ini, Jumat (17/1/2020).

“Dalam pelaksanaannya dibantu oleh tim bedah kembar siam dari Rumah Sakit Umum Daerah dr Soetomo Surabaya,” ujarnya.

Untuk jadwal operasi belum dipastikan, namun akan dilakukan dalam waktu dekat ini.  Sementara untuk peralatan dan tenaga medis sudah siap.

“Untuk tim dokter khusus sekitar 30 orang. Persiapannya tinggal diskusi dan analisa dari tim dokter. Kemungkinan operasi dilaksanakan Maret,” ucapnya.

Bayi kembar siam yang akan menjalani proses pembedahan ini merupakan bayi perempuan dari ibu Suci Rizky dan bapak Hidayat warga Kaveling Punggur. Bayi ini hanya memiliki satu organ tubuh sehingga dipastikan jika pembedahan berjalan maka hanya satu yang bisa diselamatkan.

“Satunya menempel saja numpang organ tubuh dari yang satunya. Mungkin pemisahan embrio saat hamil tidak sempurna makanya satunya menempel dengan kondisi organ tubuh tak sempurna,” terangnya.

Karena kondisi inilah proses pemisahan bayi kembar siam ini cukup rumit, butuh analisa dan diskusi yang matang dari tim medis yang sudah dibentuk tadi. “Kalau dua-duanya memiliki organ tubuh semua mungkin lebih mudah tapi ini beda, satunya hanya nempel,” kata Askar.

Meskipun demikian, kami tetap optimistis proses pemisahan nanti berjalan lancar sebab pihaknya akan terus memantapkan persiapan operasi tersebut.

“Kami juga mohon doa dan dukungannya dari semua pihak, khususnya masyarakat Batam agar proses pemisahan berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk Operasi Pemisahan bayi kembar siam ini akan memakai waktu kurang lebih 6-8 jam. terdiri dari Tim Keperawatan, Tim ICU, Tim Anastesi, Tim Bedah Anak, Tim Bedah Toraks, dan Tim Bedah Plastik.

Sementara itu Spesialis Bedah Anak Konsultan Rumah Sakit Umum Daerah dr Soetomo Surabaya, dr Poerwadi SpBA mengatakan, kembar siam yang ditangani kali ini adalah kembar siam yang kedua di Batam.

“Tetapi kembar siam ini tidak sempurna. Maka kami menyebutnya dalam bahasa Inggris adalah kembar siam yang tidak komplit. Di mana bayi yang satu, kepalanya kecil dan strukturnya tidak sempurna yakni otaknya kecil, tidak mempunyai paru-paru, usus, menempel pada induknya dalam arti lain mendapatkan asupan hidup dari induknya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, nantinya pihaknya akan menolong untuk memisahkan dengan konsekuensi bahwa bayi yang tidak sempurna yang menempel tadi, walaupun dibiarkan tidak akan bisa hidup.

“Insyaallah harapannya besar, kami akan berusaha meningkatkan segala kemampuan yang ada, agar ke depannya kita bisa menangani persoalan apapun itu. Waktu untuk pemisahan adalah kita menunggu berat badan bayi hingga memenuhi persyaratan, paling minimal satu bayi beratnya 5 kg,” kata dia.

Sementara Ketua Tim Kembar Siam Batam, dr Indrayati mengatakan, untuk biaya yang akan diperlukan untuk melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam ini diperkirakan minimal Rp1,1 miliar.

“Untuk persiapan sudah dilakukan, namun ada kendala dalam biaya karena biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Kami juga menyediakan penggalangan dana, bagi masyarakat khususnya yang ada di Batam dan umumnya di seluruh Indonesia bisa menyalurkan bantuannya untuk Operasi pemisahan bayi kembar siam, melalui Bank BRI, No Rek: 0331-01-006402-53-8, Atas nama Kembar Siam Kepulauan Riau. Mari ulurkan bantuan anda, karena sekecil apapun itu sangat berarti bagi kelancaran operasi bayi kembar siam yang akan melakukan Operasi pemisahan,” pungkas dr Indrayati.

m ilham

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com