SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik dengan Pengaduan Online

  • Reporter:
  • Jumat, 18 Oktober 2019 | 09:24
  • Dibaca : 97 kali
Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik dengan Pengaduan Online
Kepala Keasistenan Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan Kepri Agung Setio Apriyanto menyosialisasikan LAPOR! di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Kamis (17/10). /SHOLEH ARIYANTO

NATUNA – Ombudsman menerapkan sistem pengaduan secara online. Melalui aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!), pengaduan masyarakat makin cepat ditindaklanjuti.

Kepala Keasistenan Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan Kepri Agung Setio Apriyanto mengatakan, dengan adanya layanan pengaduan secara online ini diharapkan kualitas pelayanan kepada masyarakat makin baik dan semua pengaduan cepat direspons. Jika sebelumnya pengaduan masih cara manual, terkesan lambat karena ada beberapa prosedur hingga pengecekan kebenaran laporan itu.

“Tetapi sekarang layanan pengaduan sudah dibuat secara online. Dalam hitungan menit, aduan masyarakat bisa diterima Ombudsman. Dan kami langsung bergerak,” jelasnya saat Sosialisasi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N) LAPOR! di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Kamis (17/10).

Layanan pengaduan ini bisa diakses di laman www.lapor.go.id. Di laman ini, masyarakat langsung menuliskan keluhan atau aspirasi dengan jelas dan lengkap. Setelah diverifikasi, laporan akan diteruskan kepada instansi berwenang untuk ditindaklanjuti dan Anda akan mendapatkan hasil laporan Anda hingga selesai permasalahan.

Hingga kemarin, sudah ada 510,433 laporan yang masuk ke layanan yang dikembangkan Kantor Staf Presiden, KemenPAN-RB dan Ombudsman itu. Layanan ini terhubung kepada 34 Kementerian, 98 Lembaga, 384 Pemkab, 89 Pemko, dan 34 Pemprov.

Sistem pengaduan berbasis online ini dibuat berdasarkan kebutuhan sesuai dengan Undang-undang nomor 25 tahun 2009. Dalam Pasal 21 sebut Agung, tertulis bahwa Ombudsman wajib untuk membuat pengaduan pelayanan publik.

“Kita mengawasi sejauh mana pelayanan pemerintah atau lembaga bergerak di bidang pelayanan itu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Dengan pengawasan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan itu sendiri,” ungkapnya.

Agung mengakui, dalam praktik di lapangan, tidak jarang pihaknya menyamar sebagai masyarakat guna memperoleh informasi dan mengetahui secara langsung kualitas pelayanan publik. Hak itu dilakukan untuk membuktikan atas adanya laporan dari masyarakat.

“Ini adalah tugas Ombudsman, dukungan dan kerja sama semua pihak, akan sangat membantu memaksimalkan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat,” ujarnya.

Acara yang berlangsung sederhana itu dihadiri oleh Diskominfo Natuna, sejumlah Camat, Lurah, Kades dan BPD di Natuna.

sholeh ariyanto

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com