Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Tiongkok menunjuk duta besar baru di era Taliban, dan ini adalah yang pertama: “Sebuah langkah dengan pesan” |  berita Dunia

Tiongkok menunjuk duta besar baru di era Taliban, dan ini adalah yang pertama: “Sebuah langkah dengan pesan” | berita Dunia

Taliban memuji duta besar baru Tiongkok untuk Afghanistan, dengan mengatakan kedatangannya merupakan sinyal bagi negara-negara lain untuk maju dan menjalin hubungan dengan mereka. Taliban merebut kekuasaan pada Agustus 2021 setelah penarikan pasukan NATO yang dipimpin AS, yang diikuti oleh perang selama dua dekade. Sejak itu, sanksi telah dijatuhkan terhadap para pemimpin Taliban dan tidak ada negara yang mengakui legitimasi pemerintahan mereka.

Duta Besar baru Tiongkok untuk Afghanistan, Zhao Sheng, berjabat tangan dengan Perdana Menteri Taliban Mohammad Hassan Akhund.

Kursi negara di PBB masih dipegang oleh pemerintahan sebelumnya yang dipimpin oleh Ashraf Ghani. Hanya sedikit negara yang menjalankan misi diplomatik di Afghanistan, termasuk Tiongkok. Kedua belah pihak telah terbuka mengenai keinginan mereka untuk menjalin hubungan yang lebih erat.

Duta Besar Tiongkok Zhao Sheng disambut di istana kepresidenan ditemani konvoi polisi dan disambut oleh tentara berseragam saat ia bertemu dengan pejabat senior Taliban, termasuk Mohammad Hassan Akhund yang mengepalai Menteri Administrasi dan Luar Negeri Amir Khan Muttaqi, demikian yang dilaporkan Associated Press. – Ini adalah pertama kalinya sejak Taliban merebut kekuasaan seorang duta besar disambut di Kabul dengan meriah.

Amir Khan Muttaqi mengatakan kedua negara memiliki hubungan khusus. Dia mengatakan bahwa pencalonan Zhao adalah “sebuah langkah penting yang membawa pesan penting.”

Juru bicara utama Taliban, Zabihullah Mujahid, mengatakan sudah menjadi kebiasaan bagi duta besar baru untuk menunjukkan surat kepercayaan mereka kepada presiden negara tersebut.

Hal ini juga menjadi sinyal bagi negara-negara lain untuk maju dan berinteraksi dengan Imarah Islam. Juru bicara tersebut mengatakan: “Kita harus menjalin hubungan baik sebagai hasil dari interaksi yang baik, dan melalui hubungan yang baik, kita dapat menyelesaikan semua masalah yang kita hadapi atau akan kita hadapi di masa depan.”

READ  Ranil Wickremesinghe memilih Dinesh Gunawardena sebagai Perdana Menteri Sri Lanka

Dia tidak menjawab pertanyaan tentang apa arti kehadiran Zhao bagi tuntutan pengakuan resmi Taliban.