Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Tips keselamatan saat gerhana matahari untuk melindungi mata saat melihat matahari

Kami ingin Anda mendapatkan gerhana yang luar biasa. Ini memerlukan perencanaan, penelitian, dan beberapa peralatan. Gerhana matahari total bukanlah hal yang bisa Anda lalui begitu saja.

Praktik terbaik untuk mengamati gerhana matahari tidak terlalu rumit, namun peristiwa ini sangat jarang terjadi bagi kebanyakan orang, sehingga mudah untuk melupakan dasar-dasarnya — bahkan setelah membaca cerita informatif yang telah kami terbitkan.

Dalam upaya terbaru ini, kami akan lebih lugas dalam memberi tahu Anda mengenai hal tersebut TIDAK Untuk melakukan keduanya.

Apakah saya perlu memakai kacamata gerhana?

Anda harus memakai kacamata gerhana setiap saat ketika ada bagian matahari yang terlihat. Namun ada pengecualian: Jangan memakai kacamata gerhana selama periode singkat “gerhana total”, ketika bulan menutupi seluruh permukaan matahari, hanya menyisakan mahkota matahari yang bersinar.

Meskipun seluruh wilayah Lower 48 akan melihat setidaknya gerhana sebagian, sebagian besar wilayah tidak akan melihat gerhana total, bahkan sebentar pun. Setiap orang yang berada di luar jalur totalitas harus memakai kacamata gerhana setiap saat.

Namun, saat terjadi gerhana total, Anda dapat melepas kacamata gerhana dengan aman. Jika tidak, Anda akan bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Namun gerhana total hanya berlangsung beberapa menit, sehingga kacamatanya tidak bertahan lama. Durasi maksimum gerhana total di Amerika Serikat adalah 4 menit 27 detik di perbatasan antara Texas dan Meksiko. Anda harus bersiap untuk memakai kembali kacamata gerhana Anda begitu matahari mulai terbit kembali. Anak-anak mungkin memerlukan pengawasan ketat.

Bisakah saya membuat kacamata gerhana di rumah?

Ini ide yang buruk, jadi jangan coba-coba. Kacamata Eclipse dirancang untuk memblokir 99,99% cahaya, sekitar 1.000 kali lebih banyak cahaya dibandingkan kacamata hitam standar, kata Lisa Ostrin, peneliti penglihatan dan ahli optometri di University of Houston College of Optometry.

READ  Saatnya untuk ujian besar misi bulan NASA Artemis I

Beberapa filter las dapat digunakan selama gerhana, tetapi harus berada pada pengaturan yang benar Masyarakat Astronomi Amerika.

Ada banyak pilihan bagus untuk mengamati efek gerhana tanpa melihatnya secara langsung. NASA, misalnya, punya saran untuk membangun Proyektor lubang jarum buatan sendiri Hal ini akan memungkinkan pandangan tidak langsung terhadap gerhana matahari.

Apakah aman melihat gerhana melalui kamera?

Tidaklah aman untuk melihat gerhana matahari sebagian melalui kamera tanpa filter matahari yang dirancang khusus. Hal yang sama berlaku untuk teropong atau teleskop. Melakukan hal tersebut “akan segera menyebabkan cedera mata yang parah,” NASA memperingatkan.

pengecualian, Sekali lagi, dalam waktu singkat kuliah.

American Astronomical Society memiliki tambahan tambahan peringatan: “Melakukan TIDAK Lihatlah Matahari melalui kamera, teleskop, teropong, atau perangkat optik tanpa filter lainnya saat menggunakan kacamata gerhana atau penampil matahari portabel di depan mata Anda – sinar matahari yang terkonsentrasi dapat merusak filter dan masuk ke mata Anda, sehingga menyebabkan cedera serius. “

Bolehkah melihat gerhana sebagian hanya satu atau dua detik?

Jangan lakukan itu. Anda sebaiknya menghindari melihat matahari, meskipun untuk waktu yang singkat.

Bahayanya adalah solar retinopati, atau kebutaan gerhana. Mata kita tidak berevolusi untuk melihat langsung ke matahari, meskipun sebagian besar gerhana dan hanya mewakili sebagian kecil dari biasanya, atau jika sinar matahari diredupkan oleh awan.

“Setiap profesional perawatan mata akan mengatakan ini tidak aman sedetik pun,” kata Ostrin. “Saat cahaya ini terfokus pada retina, ia dapat mulai merusak sel.”

Dia menambahkan: “Selama gerhana, orang mungkin tidak memiliki reaksi normal untuk memalingkan muka. Kita tidak memiliki reseptor rasa sakit di retina, jadi kita tidak bisa mengetahui kapan reseptor rasa sakit mulai merusak retina.

READ  Dengarkan suara menyeramkan dari ruang antarbintang yang ditangkap oleh Voyager NASA

Bisakah saya mengambil foto gerhana dengan kamera atau ponsel?

Ya tapi NASA menyarankan untuk tidak melakukan hal tersebut Arahkan kamera atau ponsel Anda ke gerhana kecuali Anda memiliki filter matahari untuk melindunginya seperti kacamata gerhana melindungi mata Anda. Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan tripod Mengurangi keburaman gerakan dan menjaga bingkai foto sesuai keinginan Anda, sehingga Anda tidak perlu melihat matahari berulang kali.

Tip lainnya: Jangan mencoba mengambil foto selfie dengan gerhana matahari sebagian di atas bahu Anda, karena sinar UV dapat terpantul dari layar dan merusak mata Anda.

Bisakah saya mengatakan pengalamannya 99 persen cukup baik?

Ini adalah keputusan penghakiman, dan hampir semua penggemar gerhana menilai jawabannya adalah tidak.

Kami menyadari bahwa tidak semua orang memiliki fleksibilitas dan sumber daya untuk melanjutkan jalur perguruan tinggi. Beberapa orang mempunyai pekerjaan harian, misalnya. Namun yang jelas, jika matahari masih terlihat sebagian, Anda tidak akan mendapatkan efek gerhana total sepenuhnya. Ginjal itu istimewa. Tanyakan saja pada Matt Capucci, David Barron, Beena Venkataraman, David von Drehle, atau… Annie Dillard.

Ada peta online yang menunjukkan jalur totalitas, yang terbaik menunjukkan berapa menit totalitas akan bertahan di lokasi tertentu di sepanjang jalur tersebut. Di tepi jalur totalitas, Matahari mungkin tertutup seluruhnya hanya dalam hitungan detik, sedangkan di tengah jalur, Matahari akan tertutup selama kurang lebih empat menit. Namun, tidak ada perbedaan dalam hal keseluruhannya; Hanya durasinya saja yang berbeda.

Satu saran terakhir: Jangan berlomba seperti orang gila yang mencoba mencapai tempat sempurna untuk mendapatkan pengalaman murni. Akan ada banyak mobil di jalan, dan beberapa orang mungkin melewatkannya Tip mengemudi Dari AAA. Untuk satu, Jangan berhenti di tempat berbahaya untuk menyaksikan gerhana. AAA memperingatkan pengemudi bahwa mungkin ada pejalan kaki yang menatap ke langit atau hewan malam yang muncul di jalan selama gerhana total.

READ  Virus COVID dapat menyebar ke jantung dan otak dan bertahan selama beberapa bulan

Dan diktat AAA ini nampaknya sangat bijak: “Jangan coba-coba menyaksikan gerhana matahari sambil mengemudi!”