Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Titik balik matahari musim dingin 2021: Mengapa ini terjadi dan bagaimana kita merayakan hari pertama musim dingin | Berita Connecticut

(CNN) – Selama enam bulan terakhir, belahan bumi utara mengalami lebih sedikit siang dan malam lebih lama. Tapi itu sendiri akan terbalik.

Titik balik matahari musim dingin 2021, hari terpendek dalam setahun dan hari pertama resmi musim dingin, Selasa, 21 Desember. Cara kerjanya telah memesona orang selama ribuan tahun.

Pertama kita akan melihat waktu ilmiah dan tepat di balik titik balik matahari. Kemudian kita akan menjelajahi beberapa tradisi dan perayaan kuno di seluruh dunia.

Sains dan waktu di balik titik balik matahari musim dingin

Titik balik matahari musim dingin menandai hari terpendek dalam setahun di Belahan Bumi Utara, dengan Matahari muncul langsung ke atas di Tropic Capricorn ketika muncul di arah selatan.

Di belahan bumi selatan situasinya terbalik. Di sana, Desember menandai hari terpanjang dalam setahun – dan awal musim panas di tempat-tempat seperti Australia, Chili, dan Afrika Selatan.

Kapan tepatnya itu terjadi?

Titik balik matahari biasanya – tetapi tidak selalu – terjadi pada tanggal 21 Desember. Tahun matahari (waktu yang dibutuhkan matahari untuk muncul kembali di tempat yang sama seperti yang terlihat dari Bumi) karena waktu di mana titik balik matahari terjadi setiap tahun berubah. Ini sangat cocok dengan tahun kalender kami.

Jika Anda ingin menjadi yang paling akurat dari pengamatan Anda (siapa yang tidak mau?), 2021 adalah waktu yang tepat untuk titik balik matahari musim dingin. 15:59 Selasa Waktu Dunia Terintegrasi (UTC)., Melangkah EarthSky.org Dan Almanak Petani. Ini adalah 6 jam lebih lambat dari tahun lalu.

Berikut adalah beberapa contoh kapan 15:59 UTC tersedia untuk waktu lokal yang berbeda di seluruh dunia. Karena perbedaan zona waktu, tata surya secara teknis akan jatuh pada hari Rabu di beberapa bagian Asia Timur.

– Seoul: Rabu pagi 12:59

– Bangkok: Selasa malam 23:59

– Qatar: 18:59 Selasa

– Milan, Italia: Selasa 16:59

– Orlando, Florida: Selasa pagi 10:59

– Calgary, Kanada: Selasa 20:59

– Honolulu: Selasa pagi 5:59

READ  23. Kolaborasi: Sevilla traci punkty po dramatycznej końcówce!

Situs web EarthSky tersedia untuk memeriksa waktu tinggal Anda Jadwal alternatif yang mudah untuk zona waktu Anda. Anda juga dapat mencoba alat alternatif Timeanddate.com, Timezoneconverter.com Atau WorldTimeServer.com.

Tempat mana yang paling sering melihat dan merasakan efek titik balik matahari musim dingin?

Saat Anda mendekati Kutub Utara pada tanggal 21 Desember, siang hari akan sangat berkurang.

orang yang bersinar Singapura, 137 kilometer atau 85 mil di utara khatulistiwa, sembilan menit lebih pendek di siang hari daripada saat titik balik matahari musim panas, jadi tidak ada perbedaan yang terlihat.

Sangat tinggi di lintang, Madrid, Spanyol, Merekam sembilan jam dan 17 menit siang hari yang terhormat selama titik balik matahari musim dingin.

Dalam cuaca dingin perbedaannya cukup mencolok Helsinki, Finlandia, Matahari terbit pada pukul 9:23 pagi dan terbenam pada pukul 3:12 sore hari, mengakibatkan kurang dari enam jam anemia di siang hari. Ini adalah 13 jam dan tujuh menit lebih sedikit siang hari daripada yang diterima Finlandia selama titik balik matahari musim panas bulan Juni.

penduduk Nama, Alaska, Kehilangan hanya tiga jam, 54 menit dan 31 detik sinar matahari pada hari yang sangat lemah pada hari Selasa. Tapi sebagai perbandingan itu benar-benar murah hati Teluk Prudo, Alaska. Itu duduk di dalam Lingkaran Arktik dan tidak melihat satu pun sinar matahari.

Apa yang menyebabkan titik balik matahari musim dingin terjadi juga?

Saat Bumi miring pada poros rotasinya, kita di Bumi menikmati musim. Saat planet mengorbit matahari, setiap belahan bumi mengalami musim dingin ketika menjauhi matahari, dan musim panas ketika condong ke matahari.

Tunggu. Mengapa bumi bisa miring?

Para ilmuwan tidak sepenuhnya tahu bagaimana ini terjadi, tetapi mereka berpikir bahwa miliaran tahun yang lalu, ketika tata surya terbentuk, Bumi mengalami tabrakan hebat yang menyebabkannya miring.

Perubahan musim apa lagi yang kami maksud?

Ketika sinar matahari tepat di atas khatulistiwa, baik seismik musim semi dan musim gugur terjadi. Selama dua hari itu, semua orang akan sama siang dan malam. Titik balik matahari musim panas adalah saat sinar matahari terjauh di utara Tropics of Cancer, memberi kita hari terpanjang dan awal resmi musim panas di Belahan Bumi Utara.

READ  Bigg Boss Telugu Season 5 tayang hari ini jam 6 sore dan Nagarjuna kembali sebagai host

Tradisi dan perayaan titik balik matahari musim dingin

Tidak mengherankan bahwa banyak budaya dan agama merayakan hari raya – baik itu Natal, Hanukkah, Guanza atau festival pagan – ketika hari-hari panjang kembali dan bertepatan.

Orang dahulu, yang mengandalkan pengetahuan akurat tentang siklus musiman, menandai hari pertama musim dingin ini dengan upacara dan perayaan yang rumit. Secara spiritual, perayaan-perayaan ini melambangkan kesempatan untuk pembaruan, merangkul kebiasaan buruk dan emosi negatif serta harapan di tengah kegelapan, saat hari-hari mulai bertambah panjang lagi.

Banyak simbol kuno dan festival titik balik matahari musim dingin masih hidup hari ini atau dimasukkan ke dalam tradisi baru. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Alban Arthan

Dalam bahasa Welsh, “Alban Arthan” berarti “cahaya musim dingin” Almanak Petani. Ini mungkin festival musiman tertua umat manusia. Sebagai bagian dari tradisi Druidic, titik balik matahari musim dingin dianggap sebagai waktu kematian dan kelahiran kembali.

Newgrange, monumen prasejarah Dibangun di Irlandia pada 3200 SM, itu terkait dengan Festival Alban Arthan.

Saturnus

Di Roma kuno, Saturnalia dimulai pada 17 Desember dan berlangsung selama tujuh hari. Itu menghormati Saturnus, dewa pertanian Romawi. Orang-orang menikmati perayaan seperti festival Perayaan Mardi Gras Modern Dan menunda persiapan perang mereka. Saturnalia berlanjut sampai abad ketiga dan keempat Masehi.

Ketika Kekaisaran Romawi berada di bawah pengaruh Kristen dan akhirnya berkuasa, beberapa kebiasaan festival dimasukkan ke dalam perayaan seputar Natal dan Tahun Baru.

Tongshi

Peringatan itu tidak terbatas pada orang Eropa kuno. Festival Solstice Musim Dingin Tongshi berakar pada budaya Tiongkok kuno. Nama secara kasar diterjemahkan menjadi “intensitas musim dingin”.

Mereka mengira itu adalah puncak yin (dari teori medis Tiongkok). Yin menandakan kegelapan dan dingin dan ketenangan, maka hari terpanjang musim dingin. Tongshi mengacu pada Yang . yang kembali – dan lambatnya cahaya dan panas. Pangsit umumnya dirayakan di beberapa budaya Asia Timur.

READ  Tanggapan istri Wojciech Szczecin usai bermain imbang dengan Spanyol. Ada film, yang merupakan foto tim nasional Polandia

Perayaan di era Pemerintah

Festival secara tradisional diadakan di banyak tempat di seluruh dunia untuk merayakan titik balik matahari musim dingin. Tetapi karena epidemi saat ini sekarang meluas ke titik balik matahari musim dingin kedua, acara dapat dibatalkan lagi atau diubah untuk memungkinkan ruang sosial yang lebih aman.

Festival Mandol

Lebih terkenal oleh bajak laut daripada Sankranti, kota Benzans di pantai barat daya Inggris memperbarui tradisi prosesi Cornish yang menyenangkan. Dihentikan pada tahun 2020, akan beroperasi kembali pada tahun 2021. Penyelenggara acara meminta orang untuk check-in sebelum menghadiri, Dilaporkan di halaman Facebook festival.

Stonehenge

Situs paling populer di Inggris untuk perayaan Sankranti Stonehenge. Selama titik balik matahari musim dingin, pengunjung Festival Matahari Terbit, yang diselenggarakan oleh kelompok pagan dan Druid lokal, memiliki kesempatan untuk memasuki lingkaran batu misterius yang tinggi secara tradisional.

Pertemuan matahari terbit langsung pada tahun 2020 telah dibatalkan, tetapi diadakan tahun ini. Itu Masyarakat Tradisional Inggris Karena varian Omigran terus menyebar dengan cepat, peringatan dapat berubah tergantung pada pedoman kesehatan terbaru. Masker adalah wajib, dan pengujian dianjurkan.

Komunitas diatur seperti itu Anda dapat melakukan siaran langsung Matahari terbit di Stonehenge dari kenyamanan rumah yang lezat.

Festival Lentera

Di Kanada, Vancouver Festival Lentera Musim Dingin Sankranti adalah perayaan tradisi paling cemerlang di seluruh dunia. Secara tradisional, Secret Lantern Society mengumpulkan beragam musik, tarian, makanan, dan prosesi pencahayaan yang spektakuler.

Pada tahun 2020, hanya video festival. Tahun ini, mereka membuatnya mudah lagi dengan tatap muka, tetapi terukur, acara sampingan lingkungan. Streaming langsung masih akan menjadi opsi pada tahun 2021.

The-CNN-Wire

& © 2021 Cable News Network, Inc., sebuah Perusahaan WarnerMedia. Seluruh hak cipta.