Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Tonton lubang hitam yang melarikan diri menembus ruang angkasa sekarang

Tonton lubang hitam yang melarikan diri menembus ruang angkasa sekarang

NASA menangkap gambar lubang hitam yang bergerak di luar angkasa.

Ditulis oleh Kevin C. Ness | diterbitkan

Para astronom telah mendeteksi apa yang mereka yakini sebagai lubang hitam supermasif yang menciptakan seberkas bintang panas saat meluncur menjauh dari jantung galaksi yang jauh. Seperti yang saya sebutkan astronomiPenemuan mengejutkan ini, jika dikonfirmasi, akan menjadi anomali pertama yang pernah dilihat oleh manusia. Ini juga akan menjadi bukti bahwa galaksi induk dapat mengeluarkan lubang hitam, memberikan wawasan lebih jauh tentang pergerakan wilayah ruang-waktu ini melalui alam semesta.

Lubang hitam ditemukan oleh Peter van Dokkum dari Universitas Yale menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble, menunjukkan bahwa instrumen ilmiah berusia puluhan tahun masih memberikan wawasan baru ke dalam alam semesta, terlepas dari penciptaan Teleskop Luar Angkasa James Webb dengan resolusi tinggi. Tapi bagaimana teleskop bisa memotret sesuatu yang tidak memancarkan cahaya? Bagaimana kita tahu lubang hitam itu ada?

Lubang hitam dapat dilihat di luar angkasa karena piringan akresinya – pusaran gas dan debu superpanas yang memancarkan banyak cahaya dan berputar di sekitar ruang hampa. Dalam hal ini, lubang hitam juga terdeteksi oleh jejak cahaya yang awalnya dianggap sebagai artefak pencitraan. Namun, garis tersebut masih terlihat ketika van Dokkum dan timnya memperhitungkan sinar kosmik yang dapat menciptakan artefak tersebut.

Sebaliknya, coretan itu tampak seperti serangkaian bintang biru panas yang mengikuti lubang hitam, yang berarti kekosongan ruang mengorbit bintang baru saat bergerak dengan kecepatan supersonik menjauh dari galaksi induk. Garis itu juga bisa menjadi pancaran astrofisika – aliran keluar materi terionisasi bukanlah pemandangan yang tidak biasa, tetapi intensitas cahaya meningkat semakin jauh lubang hitam dari inti galaksi dan tidak memiliki hamburan khas yang terlihat pada pancaran ini. Hal ini mengarahkan para peneliti untuk menyimpulkan bahwa mereka melihat deretan bintang baru.

READ  Jelajahi dunia misterius di The Hunt for Planet B
Jejak bintang baru yang diciptakan oleh lubang hitam yang bergerak

Bagaimana fenomena lubang hitam yang baru diamati bekerja belum sepenuhnya diketahui, tetapi tampaknya kecepatan tinggi ruang hampa bertabrakan dengan gas di depannya, menyebabkan terbentuknya bintang. Proses tersebut tampaknya dimulai sekitar 50 juta tahun yang lalu ketika lubang hitam supermasif dari dua galaksi mulai mengorbit satu sama lain. Tampaknya kemudian, ketika galaksi ketiga bergabung, interaksi yang dihasilkan menyebabkan salah satu lubang hitam galaksi – 20 juta kali massa Matahari kita – meluncur ke satu arah sementara dua galaksi lainnya pergi ke arah yang berlawanan.

Semua pengamatan lubang hitam akan membutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi temuan yang dipublikasikan di Surat Jurnal Astrofisika Pada 6 April menarik. Penemuan ini akan dieksplorasi lebih lanjut oleh tim dengan pengamatan lanjutan oleh James Webb Space Telescope dan Chandra X-ray Observatory, teleskop sinar-X andalan NASA. Jika penelitian yang telah mereka lakukan sejauh ini dalam penyelidikan ini dikonfirmasi, itu akan memberi para astronom wawasan baru yang menarik tentang interaksi antara galaksi dan lubang hitamnya, serta pembentukan bintang di seluruh alam semesta.