Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Tonton para astronot memberi dorongan kepada Stasiun Luar Angkasa Internasional

Rabu pagi, astronot NASA Shane Kimbrough dan astronot Badan Antariksa Eropa Thomas Bisquet akan melakukan perjalanan luar angkasa untuk mulai memasang susunan surya baru. Panel akan membantu meningkatkan energi untuk stasiun luar angkasa.

Pawai dijadwalkan akan dimulai sekitar jam 8 pagi ET, dengan liputan langsung di NASA TV dan situs web Mulai pukul 06.30 WIB. Spacewalk diperkirakan akan berlangsung sekitar enam setengah jam.

Pesquet akan mengenakan pakaian bergaris merah dalam pakaian luar angkasanya sebagai EVA Crew Member 1 dan Kimbrough mengenakan setelan bergaris sebagai EVA Crew Member 2.

Para astronot akan melanjutkan peningkatan ini selama perjalanan luar angkasa hari Minggu. Ini adalah spacewalk ke-239 dan ke-240 untuk mendukung perakitan, pemeliharaan, dan modernisasi stasiun.

Misi spacewalk hari Rabu termasuk memasang dua dari enam yang pertama ISS Roll-Out Solar Array, yang disebut iROSA, yang akan meningkatkan enam dari delapan saluran daya di stasiun luar angkasa. Array pertama akan dipasang di ujung paling kiri penyangga tulang belakang stasiun.

Kimbrough dan Pesquet akan memasang panel surya kedua pada hari Minggu.

Solar Arrays tiba di stasiun luar angkasa pada 5 Juni setelah diluncurkan pada misi pasokan kargo SpaceX Dragon ke-22. Canadarm2 robot stasiun ruang angkasa digunakan untuk menghapus susunan surya dari pesawat ruang angkasa Kamis lalu. Tikar disampirkan seperti karpet dan memiliki lebar 750 pon (340 kg) dan lebar 10 kaki (3 meter).

Setelah astronot membongkar susunan dan menjepitnya di tempatnya, panjangnya kira-kira 63 kaki (19 m) dan lebar 20 kaki (6 m). Proses peregangan akan memakan waktu sekitar enam menit.

Setelah para astronot memasang sekrup awal di bagian atas, mereka akan melepaskan susunannya dan menonton. Proses ini tidak akan terlihat oleh kamera di stasiun karena lokasinya, jadi Kimbrough HD Helmet Cam akan menangkap postingan ini.

Susunan surya di stasiun luar angkasa akan ditingkatkan.

Di dalam stasiun luar angkasa, astronot NASA Megan MacArthur akan membantu menempatkan susunan tersebut dengan Canadarm2.

READ  Pendaratan Kru Stasiun Luar Angkasa: Kembalinya Kate Robins dari NASA dan Astronot Rusia

Untuk melindungi astronot saat mereka bekerja di sekitar konduktor listrik, kru darat telah sibuk melakukan prediksi plasma untuk menentukan jenis muatan listrik yang akan diisi oleh stasiun ruang angkasa saat berjalan, menurut Keith Johnson, petugas spacewalk.

Sisi logam dari pakaian antariksa akan ditutup untuk mencegah kontak logam yang dapat menyebabkan sengatan listrik. Perjalanan ruang angkasa diatur sedemikian rupa sehingga susunan surya raksasa akan berada dalam kegelapan dan tidak akan menghasilkan tenaga.

Astronot Shane Kimbrough ditampilkan di sini selama spacewalk 2008.

Ini akan menjadi perjalanan ruang angkasa ketujuh dan kedelapan untuk Kimbro dan yang ketiga dan keempat untuk Pesquet – dan ini bukan pertama kalinya keduanya berjalan di luar stasiun ruang angkasa bersama-sama.

Kimbrough dan Pesquet berada di stasiun luar angkasa pada tahun 2017, dan sebelumnya telah melakukan dua perjalanan ruang angkasa bersama untuk menggantikan baterai nikel-hidrogen lama dengan baterai lithium-ion baru yang tahan lama.

Sementara susunan surya stasiun ruang angkasa saat ini masih beroperasi, mereka telah memberi daya pada stasiun ruang angkasa selama lebih dari 20 tahun dan menunjukkan beberapa tanda keausan setelah paparan jangka panjang terhadap lingkungan luar angkasa. Array pada awalnya dirancang untuk bertahan selama 15 tahun.

Erosi dapat disebabkan oleh kolom dorong, yang berasal dari pendorong stasiun serta kru dan kendaraan kargo yang datang dan pergi dari stasiun, kata Dana Weigl, wakil manajer program untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional.

“Faktor lain yang mempengaruhi susunan surya kita adalah puing-puing mikrometeorit. Susunan terdiri dari banyak rantai energi kecil, dan seiring waktu rantai energi ini dapat memburuk jika menabrak puing-puing.”

NASA merancang pakaian luar angkasa baru untuk misi bulan mendatang pada tahun 2024
Array surya baru akan ditempatkan di depan array yang ada. Ini akan memberikan dorongan kepada stasiun luar angkasa, meningkatkan total daya yang tersedia dari 160 kW menjadi 215 kW. Ini juga merupakan ujian yang baik untuk susunan surya baru karena desain yang sama ini akan memberi daya pada bagian-bagian dari gerbang pos bulan, yang akan membantu manusia kembali ke bulan melalui Program Artemis NASA pada tahun 2024.

“Bagian yang terbuka dari susunan lama masih akan menghasilkan daya secara paralel dengan susunan baru, tetapi susunan Iris baru itu memiliki sel surya yang lebih efisien daripada yang asli kami,” kata Weigel. “Mereka memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi dan bersama-sama dapat menghasilkan lebih banyak energi daripada kelompok asli kami, ketika masih baru, dengan sendirinya.”

READ  NASA akan mencoba manuver 'berisiko' untuk memperbaiki Teleskop Luar Angkasa Hubble yang rusak awal minggu depan

Array baru akan memiliki umur yang sama yaitu 15 tahun. Namun, karena degradasi susunan asli diperkirakan lebih buruk, tim akan memantau susunan baru untuk menguji umur panjang mereka yang sebenarnya.