Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Truss berterima kasih kepada Modi atas belasungkawanya atas nama 1,3 miliar orang India atas kematian Ratu |  berita terbaru india

Truss berterima kasih kepada Modi atas belasungkawanya atas nama 1,3 miliar orang India atas kematian Ratu | berita terbaru india

Perdana Menteri Inggris Liz Truss pada hari Sabtu berbicara dengan Perdana Menteri Narendra Modi setelah kematian Ratu Elizabeth II dan mengucapkan terima kasih atas belasungkawanya atas nama 1,3 miliar orang India.

Sebuah pernyataan dari 10 Downing Street, kediaman resmi perdana menteri Inggris di London, mengatakan kedua pemimpin mengakui kesedihan yang dirasakan oleh begitu banyak orang di Inggris dan India, dan “memuji jasa Yang Mulia selama masa jabatannya”.

Modi dan Truss juga berbicara tentang pentingnya hubungan antara kedua negara dan kemungkinan pertemuan pribadi dalam waktu dekat.

Baca terus untuk pembaruan langsung di sini

“Atas nama rakyat India, Perdana Menteri Modi menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga kerajaan dan rakyat Inggris atas meninggalnya Yang Mulia Ratu Elizabeth II,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri.

Modi menghargai kontribusi Truss terhadap hubungan India-Inggris dalam peran sebelumnya sebagai Menteri Perdagangan dan Menteri Luar Negeri. “Kedua pemimpin berkomitmen untuk memperkuat kemitraan strategis komprehensif antara India dan Inggris,” bunyi pernyataan itu.

Kedua pemimpin membahas berbagai masalah kepentingan bilateral, termasuk kemajuan dalam penerapan Peta Jalan 2030, negosiasi yang sedang berlangsung untuk Perjanjian Perdagangan Bebas, kerja sama pertahanan dan keamanan, dan hubungan antar masyarakat antara kedua belah pihak.

Seorang juru bicara Downing Street mengatakan kedua pemimpin sepakat tentang pentingnya hubungan Inggris-India dan “berharap untuk bertemu tatap muka dalam waktu dekat”.

Untuk menghormati mendiang RatuModi mengatakan raja Inggris adalah advokat kuat yang memberikan kepemimpinan yang menginspirasi bagi bangsa dan rakyatnya.

Modi mengatakan dia mewujudkan martabat dan kesopanan dalam kehidupan publik, mengingat pertemuannya yang “berkesan” dengan Ratu pada 2015 dan 2018.

READ  Sri Lanka dalam keadaan darurat karena krisis ekonomi terburuknya

“Saya tidak akan pernah melupakan kehangatan dan kebaikannya. Selama pertemuan dia menunjukkan saputangan yang diberikan kepadanya oleh Mahatma Gandhi di pernikahannya. Saya akan selalu menghargai sikap ini,” kata Perdana Menteri.

India akan mempertahankan duka negara Minggu untuk menghormati Ratu, yang meninggal pada hari Kamis.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri menyatakan bahwa pada hari berkabung, bendera nasional akan dikibarkan setengah tiang di seluruh India di semua bangunan. Tidak akan ada hiburan formal pada hari itu.

Presiden Draupadi Mormo, Wakil Presiden Jagdeep Dhankhar dan beberapa pemimpin politik senior memberikan penghormatan kepada mendiang Ratu yang menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Ratu Elizabeth II.