Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Uang awal naik karena ledakan saham EV dalam peluncuran IPO Rivian

Rivian (RIVN) Saham mulai diperdagangkan di Nasdaq pada hari Rabu, dengan harga pembukaan perdagangan mendekati $110 per saham. IPO Rivian naik di atas kisaran yang diharapkan pada hari Selasa, memberikan perkiraan pembukaan EV $ 70 miliar.




X.



IPO Rivian mengangkat 153 juta saham menjadi $78 pada Selasa malam. Ini lebih tinggi dari kisaran harga $ 72- $ 74 yang sudah dinaikkan. Rivian semula berencana menerbitkan 135 juta saham. IPO RIVN mengumpulkan $ 11,9 miliar, memberi Rivian perkiraan awal sekitar $ 70 miliar.

Ini menjadikan Rivian IPO terbesar yang pernah ada pada tahun 2021 dan terbesar sejak saat itu Alibaba (baba) Pada tahun 2014, manajer dua dana perdagangan pertukaran IPO-sentris, menurut Renaissance Capital. Sebagai perbandingan, IPO Alibaba mengumpulkan $ 25 miliar.

Pada hari Jumat, Rivian menaikkan kisaran harga yang diharapkan menjadi $ 57- $ 62 dan kemudian menaikkan jumlah saham pada hari Selasa.

Sebagai perbandingan, pemimpin EV Tesla (DSLA) Sekarang bernilai $ 1,03 triliun, dengan harga saham yang meledak selama beberapa minggu terakhir sebelum jatuh tajam minggu ini.

Di antara pembuat mobil AS lainnya yang bersaing untuk pangsa pasar EV, Mesin umum (GM) Memiliki nilai pasar sebesar $85,1 miliar, versus. MengarungiS (F) $80 miliar hingga 9 November.

Lucid Motors (LCD), Yang go public melalui merger dengan SPAC awal tahun ini – sebuah perusahaan akuisisi tujuan khusus dengan kapitalisasi pasar sekitar $ 72,5 miliar.

Rivian EV Pickup

NS Amazon (AMZN) – dan Rivian R1T yang didukung Ford mengalahkan Tesla dan General Motors. Rivian mengatakan pengiriman terbatas pickup R1T-nya dimulai pada bulan September, dengan SUV R1S-nya akan dirilis pada akhir tahun.

Harga pikap listrik R1T mulai dari sekitar $ 67.500 sebelum kredit pajak federal $ 7.500. SUV R1S tujuh tempat duduk berharga sekitar $ 70.000. Versi rilis awal kedua kendaraan terjual habis pada akhir tahun 2020.

READ  ATP di San Diego: Hubert Harkas ditangkap oleh seorang Rusia

Van Pengiriman Listrik Rivian

Namun, Rivian dilaporkan telah memprioritaskan produksi van listrik untuk Amazon. Memesan 100.000 van listrik dari Amazon Rivian. Meskipun pickup R1T Rivian telah menjadi berita utama baru-baru ini, van Amazon akan segera menjadi pendorong pendapatan. Itu sebabnya Rivian dikatakan fokus membuat ratusan van untuk Amazon tahun ini, sementara perkiraan membutuhkan produksi pickup nominal.

Diungkapkan oleh Amazon diajukan Dilaporkan pada 28 Oktober bahwa ia memiliki sekitar 20% saham di Rivian.

Namun, baru-baru ini Rivian Telah memperbarui situs webnya Meskipun Amazon memiliki kontrak eksklusif untuk memasok van listrik setidaknya selama empat tahun, Amazon akan mulai menerima pesanan untuk pengiriman van listrik pada 2022 dan mengirimkannya ke pelanggan Angkatan Laut pada awal 2023.

Rivian berkata dalam satu SEC mengajukan Amazon akan memegang hak eksklusif atas van pengiriman selama empat tahun setelah tanggal pengiriman pertama. Setelah periode itu, pelanggan lain yang lebih memilih van Amazon Rivian akan memiliki hak penolakan dua tahun pertama.

IPO Rivian

Menurut PitchBook, Wilmington, Del. Pakaian berbasis sejauh ini telah mengumpulkan $ 11,15 miliar modal swasta. Selain saham Amazon, Ford Rivian memiliki sekitar 14% saham, meskipun pembuat mobil besar baru-baru ini menarik diri dari dewan direksi IPO.

Di antara dana terkemuka, d. Row Price memegang 19% saham. Pendiri dan CEO RJ Scaringe mengendalikan 11% hak suara pemegang saham.

Morgan Stanley, Goldman Sachs dan J.P. Morgan adalah penjamin emisi utama.

IPO Rivian tepat waktu karena perusahaan sebenarnya adalah salah satu dari sedikit startup EV yang membuat dan mengirimkan kendaraan. Dampak pasar produk pada saham LCID jelas, hampir dua kali lipat dalam beberapa minggu terakhir sejak peluncuran pengiriman sedan mewah Lucite Air.

READ  Informasi Kesehatan - Jumlah orang yang menerima pengobatan TB karena epidemi Pemerintah-19 telah turun 1,4 juta. "Ada kebutuhan untuk memulai kembali upaya global untuk mengakhiri tuberkulosis."

IPO Rivian pasti akan menarik perhatian. Namun investor harus mewaspadai orang pertama yang membeli saham RIVN. Dengan masalah baru, investor harus menunggu penemuan harga awal dan melihat bagaimana hasilnya dalam beberapa hari atau minggu. Lihat apakah Rivian dapat membuat situs IPO saham.


8 IPO Ini Adalah Penggerak Besar yang Terlambat; Tesla Menyelam dalam Rilis IPO Rivian


Peningkatan produksi

Rivian mengharapkan untuk mengirimkan 20.000 kendaraan pada tahun 2021. Ia berencana untuk menggandakan jumlah itu pada tahun 2022.

Dalam pengajuan S-1, Rivian mengatakan memiliki 48.390 pre-order untuk pickup R1T dan SUV R1S di Amerika Utara pada 30 September.

Rivian R1T adalah pickup listrik pertama di pasar, tetapi yang lain tidak jauh di belakang.

“Banyak produsen kendaraan tradisional dan perusahaan entri baru EV telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan pickup EV pada periode 2021 hingga 2024,” kata Goldman Sachs kepada pelanggan pada bulan April.

GM berencana untuk meluncurkan EV Hummer kelas atas akhir tahun ini. General Motors akan mengikuti pikap listrik Silverdo EV dan GMC untuk tahun 2023. Pickup listrik pertama Ford, F – 150 Lightning, akan tiba pada musim semi 2022. Ini memiliki jangkauan target 300 mil. Kisaran 314 mil truk Rivian adalah biaya.

IPO Rivian: Keuangan

Karena mobil tersebut masih dalam tahap awal produksi, Rivian belum mencatatkan keuntungan. Selama perusahaan meningkatkan produksi, kerugian diharapkan.

Itu memiliki kerugian bersih masing-masing $ 426 juta dan $ 1 miliar pada 2019 dan 2020. Rivian melaporkan kerugian hampir $ 1 miliar pada paruh pertama tahun ini.

Pada 22 Oktober, ia merilis hasil awal untuk Q3, yang berakhir pada 30 September. Ia mengharapkan untuk mencatat rekor rugi bersih kuartalan hingga $ 1,28 miliar. Kerugian operasional untuk kuartal ini diperkirakan berkisar dari $ 725 juta hingga $ 775 juta.

READ  1.324. 112 orang telah meninggal dan lebih dari 6.000 kasus baru telah dilaporkan

“Laba kotor negatif dikaitkan dengan biaya tenaga kerja dan overhead yang signifikan untuk fasilitas manufaktur kami di Ill., yang, secara default, mencerminkan potensi skala besar pabrik kami,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. SEC mengajukan. “(H) Namun, saat kami mulai meningkatkan produksi kendaraan di lokasi, fasilitas tersebut menghasilkan lebih sedikit kendaraan.”

Otomatis, EV berbagi

Saham Tesla naik 3% pada hari Rabu setelah jatuh 12% dalam perdagangan pada hari Selasa. CEO Elon Musk mengisyaratkan selama akhir pekan bahwa dia akan menjual 10% dari kepemilikan TSLA yang besar.

Saham LCID turun 6,4%, mundur dari level tertinggi delapan bulan.

Saham Ford turun 3%, level tertinggi sejak akhir September dan terutama sejak pendapatan bulan lalu.

Saham GM naik 1,2% pada 59,29, jatuh di bawah titik beli 59,45. Garis kekuatan komparatifnya tertinggal di belakang banyak stok mobil.

Ikuti Adelia Cellini Linecker di Twitter IBD_Adelia.

Anda mungkin juga menyukai:

Akankah Rivian membeli saham tersebut sebelum IPO?

Mengapa alat IBD ini mempermudah pencarian saham terbaik

Ingin menghindari keuntungan cepat dan kerugian besar? Coba SwingTrader

Bagaimana cara mengetahui apakah sudah waktunya untuk menjual saham favorit Anda

Tesla dijatuhkan setelah Kasturi menjual 10% sahamnya