SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

UIB Targetkan Masuk 100 Besar Universitas Terbaik di Indonesia

  • Reporter:
  • Jumat, 6 Desember 2019 | 11:41
  • Dibaca : 147 kali
UIB Targetkan Masuk 100 Besar Universitas Terbaik di Indonesia
Rektor UIB Iskandar Itan memberi selamat kepada wisudawan saat sidang senat terbuka dan wisuda angkatan ke-15 jenjang Magister (S-2) dan Strata satu (S-1) UIB di Hotel Swissbel Harbourbay, Kamis (5/12). f iwan sahputra

BATUAMPAR – Universitas Internasional Batam (UIB) menargetkan masuk 100 besar universitas terbaik di Indonesia dalam lima tahun mendatang. UIB akan lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manuasia (SDM), sebagai salah satu universitas terbaik di Tanah Air.

Tahun 2019 ini merupakan tahun yang cukup berkesan untuk UIB, setelah mendapatkan akreditasi B untuk Perguruan Tinggi. Saat ini posisi UIB juga naik dari tahun lalu pada peringkat 161 dari 3.269 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan swasta seluruh Indonesia berdasarkan laman pemeringkatan.ristekdikti.go.id.

“Dengan kata lain UIB masuk dalam Top 5 persen universitas di Indonesia. Selain itu UIB juga mendapatkan peringkat satu sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik yang berada dalam LLDIKTI Wilayah X yang meliputi Provinsi Sumatera Barat, Jambi, Riau dan Kepulauan Riau,” kata Rektor UIB, Iskandar Itan saat sidang senat terbuka dan wisuda angkatan ke-15 jenjang Magister (S-2) dan Strata satu (S-1) UIB di Hotel Swissbel Harbourbay, Kamis (5/12).

Sementara itu, untuk peringkat Perguruan Tinggi berbasis Kinerja dan Pengabdian kepada Masyarakat, UIB masuk dalam kategori predikat tertinggi dengan peringkat 108 dari 127 Perguruan Tinggi yang masuk dalam penilaian atau klaster unggul dan sangat bagus.

Pemeringkatan yang dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi ini menilai empat komponen, yaitu SDM, Kemahasiswaan, Kelembagaan, Penelitian dan Publikasi.

Tahun ini UIB berhasil meluluskan 738 wisudawan/wati yang terdiri dari 71 wisudawan program magister manajemen, 21 wisudawan program magister hukum, dan 646 wisudawan strata satu.

Mereka yang diwisuda dari S1 terdiri dari 50 orang Prodi Teknik Sipil, 14 orang Prodi Teknik Elektro, 88 orang Prodi Sistem Informasi, 242 orang wisudawan Prodi Manajemen, 135 orang wisudawan Prodi Akuntansi, 117 orang wisudawan Prodi Ilmu Hukum.

UIB juga memberikan penghargaan kepada wisudawan terbaik dari bidang eksakta dan sosial. Untuk bidang eksakta, disandang Darvin, S.Kom dari Prodi Sistem Informasi dengan nilai IPK 3,82 dan nilai TOEIC 755.

“Sedangkan bidang sosial jatuh ke tangan Viviyan, S.M dari Prodi Manajemen dengan IPK 3,97 dan nilai TOEIC mencapai 940,” ujarnya.

Untuk mahasiswa terbaik dari program Magister, adalah Erilia Kesumahati, S.Si., M.M dari Prodi Magister Manjemen dengan nilai IPK 4,00 dan nilai TOEFL Score 530, kemudian dari Magister Hukum diraih oleh Fedryk Soaloon Harahap, S.S., M.H dengan nilai IPK 3,80.

“Selain wisudawan terbaik, UIB juga memberikan penghargaan kepada wisudawan berprestasi, Putra Sabar Hotman Sihombing, S.Kom, dengan nilai IPK 3,61 dan TOIEC 540,” katanya.

Sebelumnya, Universitas Internasional Batam (UIB) memberikan penghargaan kepada 13 SMA/SMK di Provinsi Kepri yang banyak menyumbangkan lulusan untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi. Pemberian award tersebut dirangkai dalam kegiatan Gala Dinner & Award Night Kota with UIB Partners & Parents di Hotel Swissbel Harbourbay, Rabu (4/12) malam.

Rektor Universitas Internasional Batam, Iskandar Itan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada sekolah, mitra dan patner UIB yang sudah memberikan kontribusinya bagi proses belajar mengajar di universitas.

Menurutnya, proses belajar mengajar yang hari ini dilakukan merupakan hasil kerja keras semua pihak. “Acara wisuda besok adalah hasil yang dapat dilihat dari kerja sama selama ini,” kata Iskandar.

Adapun sekolah yang menerima penghargaan yaitu, SMA Harapan Utama Kota Batam, SMAN 4 Batam, SMAN 8 Batam, SMK Kartini Batam, SMA Yos Sudarso Batam, SMAN 1 Tanjungpinang, SMKN 1 Tanjungpinang, SMKN 1 Sungailiat, SMK Vidya Sasana Karimun, SMK Patria Darma Selatpanjang, SMAS Kristen Kalam Kudus Selatpanjang, SMAN 1 Singkawang dan SMKN 2 Singkawang.

“Saya mengajak mitra, kepala sekolah untuk sama-sama mengetahui proses belajar di UIB. Mereka yang melanjutkan sekolah lebih tinggi lagi sudah selesai sarjana dan diploma,” ujarnya.

Saat ini, katanya, UIB juga mengirimkan beberapa mahasiswa yang melanjutkan pendidikannya di luar negeri dan UIB juga memiliki beberapa mahasiswa asing yang mengikuti program pemerintah pusat terkait pertukaran pelajar.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih. Semoga ke depannya kerja sama ini lebih intens lagi agar proses belajar mengajar lebih baik lagi,” katanya.

Ketua Senat UIB, Handoko Kartjantoro menambahkan, UIB merupakan universitas bagi anak-anak muda yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. Karena menurutnya, UIB memiliki kerja sama yang banyak dengan mitra perguruan tinggi di luar negeri seperti Korea, Taiwan dan lainnya.

“Terima kasih kami ucapkan kepada patner yang sudah tidak bosan-bosan. Semoga UIB ini menjadi kebanggaan ibu dan bapak sekalian,” kata Handoko.

UIB, katanya juga salah satu universitas yang mendapatkan kepercayaan pinjaman dari bank dunia. Bantuan itu digunakan untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur kampus demi menunjang aktivitas belajar agar maksimal.

“Harus ada standarnya. Kalau tidak memenuhi syarat, tidak akan diberikan bantuan. Semoga UIB terus menjadi universitas terbaik di Kepri,” ujarnya. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com