Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Vaksin covid19. Amerika Serikat mengirimkan jutaan dosis vaksin ke Asia

Amerika Serikat mengirimkan 1,5 juta dosis produk Johnson & Johnson ke Nepal pada hari Jumat dan setengah juta vaksin Moderna ke Bhutan, kata seorang juru bicara Gedung Putih. Pada hari yang sama, 1,4 juta vaksin AS tiba di Afghanistan, menurut UNICEF.

Gelombang kedua persiapan untuk Afghanistan, sebagai bagian dari program COVAX, diharapkan tiba akhir bulan ini. Sebanyak 3,3 juta dosis Johnson & Johnson akan dikirimkan dari AS ke negara tersebut.

Nonton tvN24 online di tvN24 GO >>>

Pemerintahan Presiden Joe Biden mengumumkan akan menyumbangkan 80 juta vaksin ke negara-negara yang paling membutuhkan dukungan ini. Daftar tersebut termasuk Malaysia, Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, Laos, Papua Nugini, dan Kamboja. Washington juga mengatakan akan membeli 500 juta dosis vaksin Pfizer/BioNTech untuk Uni Afrika dan 92 negara berpenghasilan rendah dan menengah lainnya.

vaksinasi di indonesiaPAP / EPA / HOTLI SIMANJUNTAK

Reuters melihat Amerika Serikat bersaing dengan China untuk pengaruh geopolitik melalui apa yang disebut diplomasi vaksin, meskipun Amerika Serikat mengklaim untuk berbagi persiapan atas dasar kemanusiaan. COVAX adalah program akses vaksin untuk negara berkembang, dipimpin bersama oleh Gavi, Aliansi untuk Vaksin dan Imunisasi, Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI), dan Organisasi Kesehatan Dunia.

Epidemi di Asia Tenggara semakin parah

Jumlah infeksi virus corona meningkat pesat di hampir seluruh wilayah Asia Tenggara, dan pemerintah nasional bekerja untuk memperketat pembatasan.

Berbagai bentuk pembatasan, termasuk pembatasan pergerakan orang asing dan penguncian, telah diperkenalkan atau dipertahankan baru-baru ini oleh Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Pihak berwenang Vietnam dan Kamboja, yang sejauh ini telah bekerja relatif baik dalam menahan penyebaran COVID-19, juga prihatin dengan meningkatnya jumlah infeksi. Situasinya sangat sulit di Myanmar, di mana, menurut data resmi, peningkatan jumlah kasus meningkat secara signifikan pada awal Juni. Sementara itu, negara kekurangan obat-obatan, oksigen medis, peralatan, dan personel.

Pemakaman korban COVID-19 di TPU JakartaPAP / EPA / HOTLI SIMANJUNTAK

Varian virus corona yang lebih menular, termasuk varian Afrika Selatan yang dikenal sebagai beta dan varian delta yang berasal dari India, telah berkontribusi pada wabah baru di Asia Tenggara. Selain itu, di Malaysia dan Indonesia, penyebaran penyakit ini telah memfasilitasi longgarnya penanganan pembatasan selama liburan pertengahan Mei yang mengakhiri bulan puasa umat Islam. Semua negara di kawasan ini telah memulai kampanye vaksinasi massal, tetapi sebagian besar menghadapi kekurangan formulasi yang signifikan. Pengecualian adalah Singapura, di mana hampir 40 persen penduduknya telah divaksinasi lengkap.

Menurut analis dan media regional, memburuknya situasi epidemiologis dapat menyebabkan keruntuhan ekonomi di wilayah tersebut dan mempersulit pembukaan perbatasan bagi turis asing yang direncanakan di Thailand, Indonesia, dan Vietnam. Situasi terbaik adalah di negara-negara Asia Tenggara terkecil, Laos dan Brunei, di mana hanya kasus terisolasi yang terdeteksi, dan di Singapura, yang, berkat pembatasan berkelanjutan dan kampanye vaksinasi besar-besaran, umumnya mempertahankan tingkat infeksi harian dua kali lipat.

Sumber gambar utama: PAP / EPA / HOTLI SIMANJUNTAK

READ  Alstom meluncurkan kereta hidrogen pertama di dunia