Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Venus, Mars, dan Regulus berkumpul pada 9 Juli

Venus, Mars, dan Regulus berkumpul pada 9 Juli

Trine of Venus, Mars dan Regulus

Venus adalah titik cahaya paling terang di langit malam. Pada awal Juli, akan terbenam di barat kurang dari dua jam setelah matahari terbenam. Saat Anda melihat ke arah warna matahari terbenam yang memudar, Venus akan menjadi cahaya pertama yang Anda lihat. Planet terdekat dengan Bumi bersinar dengan magnitudo -4,7 pada paruh pertama bulan itu. Pada tanggal 9 Juli 2023, jika Anda menunggu hingga langit menjadi lebih gelap, Anda akan melihat dua titik cahaya yang sangat berdekatan dan berada di atas planet terang Venus. Cahaya paling terang dan paling putih adalah Regulus, bintang paling terang di Leo Leo. Di sebelahnya ada Mars merah. Kedua dunia ini tampak terpisah selebar bulan satu sama lain pada tanggal 9 dan 10 Juli.

Pada malam tanggal 9 Juli 2023, Venus yang cerah akan terletak di bawah Mars dan Regulus yang redup, bintang paling terang di Leo, Leo. Triple akan muat dalam bidang 5 derajat. Juga, Mars dan Regulus akan berjarak 0,7 derajat — sedikit lebih lebar dari lebar bulan purnama — jauhnya malam itu. Mars dan Regulus akan sangat dekat lagi malam berikutnya. Penggunaan Stellarium.org Untuk menemukan bagan bintang untuk lokasi persis Anda. Gunakan teropong untuk membantu menemukannya di malam hari. Mars akan terbenam sekitar pukul 22.30 (waktu lokal Anda). Grafik melalui John Jardine Goss/Earthsky.

pandangan teropong

Untuk melihat trio ini dengan lebih baik, coba fokuskan pada mereka dengan teropong. Melalui teropong, Anda mungkin dapat melihat fase bulan sabit Venus. Selanjutnya, temukan titik cahaya putih dan merah yang saling berdekatan dalam bidang pandang yang sama. Ini adalah Regulus dan Mars, masing-masing.

Mars seharusnya menjadi cahaya stabil, tapi Regulus mungkin berkelap-kelip. Itu karena Mars lebih dekat ke Bumi. Sebuah bintang – seperti Regulus – sangat jauh, tidak lebih dari setitik cahaya di langit kita. Jadi atmosfer Bumi yang bergelombang yang kita lewati dapat membuat titik Regulus melompat, sedangkan Mars yang mirip cakram tetap diam.

Lingkaran gelap untuk melihat teropong dengan titik merah untuk Mars dan titik putih untuk Venus dan Regulus.
9 Juli 2023, pandangan teropong dari dua planet – Venus dan Mars – dekat Regulus. Faktanya, Mars melewati 0,7 derajat — sedikit lebih lebar dari Bulan — dari Regulus pada malam hari. Mars dan Regulus masih akan dekat pada 10 Juli juga. Mulailah mencari 30-45 menit setelah matahari terbenam. Grafik melalui John Jardine Goss/Earthsky.

Grafik kami sebagian besar ditetapkan untuk Belahan Bumi Utara. Untuk melihat tampilan lokasi Anda yang akurat, cobalah Stellarium online.

Jika Anda mendapatkan foto acara yang bagus, kirimkan kepada kami! Kirimkan foto Anda ke galeri foto komunitas EarthSky.

READ  Bintang "hantu" misterius telah berkeliaran selama miliaran tahun

Intinya: Anda dapat melihat Venus, Mars, dan Regulus saling berdekatan pada tanggal 9 dan 10 Juli. Gunakan teropong untuk mendapatkan pandangan yang lebih baik dari benda-benda redup, yang dipisahkan oleh jarak yang sedikit lebih lebar dari bulan.

Untuk lebih banyak video tentang peristiwa langit malam yang menakjubkan, kunjungi Halaman YouTube EarthSky.

Untuk acara langit malam lainnya, kunjungi EarthSky’s Visible Planets and Night Sky Guide.

Baca lebih lanjut: Venus sekarang paling terang di langit malam untuk tahun 2023