Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

VW membuat rekor keuntungan – dalam hal apa grup menginvestasikan uang?

Hanover. Dari segi finansial, VW Group berada di balik krisis Corona. Dalam enam bulan terakhir, pembuat mobil telah menghasilkan lebih dari sebelumnya di paruh pertama tahun ini, dan harapan untuk setahun penuh telah dinaikkan. Ini membuat akuisisi terbaru menjadi mudah: VW, bersama dengan dua mitra, membeli perusahaan persewaan mobil Europcar seharga 2,9 miliar euro.

Herbert Diess memiliki rencana besar untuk akuisisi baru: “Kami tidak membeli perusahaan persewaan mobil,” kata kepala Volkswagen pada panggilan konferensi: “Kami ingin mengubahnya menjadi platform mobilitas yang hebat.” Beberapa minggu yang lalu, grup tersebut mengumumkan pengembangan aplikasinya sendiri, yang dengannya semua penawaran mulai dari penyewaan mobil dan berbagi mobil hingga layanan mengemudi dan taksi otomatis dapat dipesan selama sehari.

“Kami akan menemukan kembali persewaan mobil,” kata Des. Namun, di beberapa bagian, ada panutan kepala VW yang tidak disebutkan namanya: “Salah satu pesaing membuat kemajuan yang baik dalam menggabungkan penyewaan mobil dan berbagi mobil.” Ini Sixt, di mana berbagai toko sudah ada selama dua tahun. Saya menyusun platform umum dan mobil yang sama terkadang digunakan untuk berbagi mobil dan terkadang untuk sewa. “Itu sangat masuk akal,” kata Des.

Bukan rahasia lagi bahwa Volkswagen telah mempertimbangkan untuk bergabung dengan Sixt. Tapi itu mungkin gagal karena harga dan karena pertanyaan kekuatan. Di Munich, keluarga Sixt mengambil alih, sementara VW sebagian besar dapat menguasai Europcar di Paris.

Video

Masa depan Volkswagen listrik: pengiriman ID.4 dimulai

Pengiriman SUV listrik baru pertama di Dresden. Pada saat yang sama, diketahui bahwa Volkswagen menuntut kompensasi dari Winterkorn dalam skandal diesel. © Reuters

Kedua perusahaan ini memiliki ukuran yang sama. Sementara Sixt dianggap sesehat mungkin, Europcar telah berjuang selama bertahun-tahun dengan masalah yang diperburuk oleh krisis Corona. Menurut informasi sendiri, perusahaan menyewakan sekitar 360 ribu mobil kepada lima juta pelanggan setiap tahun di 3.500 stasiun, terutama di Eropa.

READ  Akhir dari terminologi netral gender Lufthansa 'ladies and gentlemen' 'tamu-tamu yang terhormat' atau 'selamat pagi/selamat malam'

coba lagi

Ini bukan usaha pertama Volkswagen dengan Europcar. Pada pergantian milenium, perusahaan sudah menjadi bagian dari grup, dan pada saat itu juga, banyak produsen mobil ingin menjadi grup mobilitas. Namun pada tahun 2006, Volkswagen keluar lagi, seperti yang lain, untuk kembali fokus pada bisnis inti dengan mobil. “Persyaratan dasarnya berbeda,” kata Dess, yang tidak berada di kapal saat itu.

Green Mobility Holding, yang mayoritas dimiliki oleh perusahaan yang berbasis di Wolfsburg, didirikan untuk pengambilalihan tersebut. Juga berpartisipasi adalah Pon-Holding, importir Volkswagen Belanda dan mitra bisnis jangka panjang grup, serta investor keuangan Inggris Atsto, yang sebelumnya memegang saham di Europcar yang terdaftar.

Bersama-sama mereka menawarkan 50 sen per saham Europcar dan mereka telah mengambil 68 persen saham. Namun, tujuannya adalah kontrol total: 51 sen dibayarkan untuk saham lebih dari 90 persen. Konsorsium menginginkan saham dari mana pemegang saham bebas dapat dikeluarkan.

Harganya relatif murah, karena siklus Europcar jatuh pada musim gugur lalu ketika perusahaan mengalami kesulitan keuangan dan harus menegosiasikan penjadwalan ulang. Setahun yang lalu biaya sebuah saham adalah 80 sen, dan tiga tahun yang lalu lebih dari 4 euro.

Harga saat ini menjadi masalah terkecil bagi VW. Pada akhir Juni, 35 miliar euro tersedia di brankas, hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Chief Financial Officer Arno Antlitz berbicara tentang likuiditas “sangat kuat”. Ini adalah hasil dari penghematan, pemulihan pasar pasca-lockdown, dan pergeseran penjualan ke mobil yang lebih mahal.

Video

Karena pembentukan kartel: Volkswagen dan BMW harus membayar denda 875 juta euro

Pada hari Kamis, Komisi Uni Eropa memberlakukan denda pada perjanjian teknis murni yang tidak terkait dengan harga atau pembagian pasar. © Reuters

Sembuh dari pandemi

Pada paruh pertama tahun ini, grup ini menjual lima juta mobil di seluruh dunia. Ini adalah 28 persen lebih tinggi dari periode yang terkena dampak pandemi tahun sebelumnya, tetapi lebih rendah dari pada paruh pertama tahun 2019. Sebaliknya, penjualan naik bahkan lebih menjadi 129,7 miliar euro, sehingga meningkatkan pendapatan per mobil.

READ  Bird akan menawarkan kursi roda listrik untuk disewa

Untuk VW, ini adalah sisi menyenangkan dari masalah serius: kurangnya chip memperlambat produksi. Anda sekarang dapat menghemat banyak diskon yang biasanya digunakan industri otomotif untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, semikonduktor yang lebih langka dalam produksi didistribusikan sedemikian rupa sehingga model yang lebih mahal dan lebih menguntungkan lebih disukai untuk diluncurkan dari jalur produksi. Namun, pada saat yang sama, kurangnya suku cadang mempengaruhi bisnis, terutama di China.

Laba operasional setelah rugi melonjak dari tahun sebelumnya menjadi 11,4 miliar euro, sehingga lebih tinggi dari nilai sebelum krisis 2019. Laba bersih melonjak menjadi 8,5 miliar euro setelah merugi 1 miliar euro pada paruh pertama tahun ini. 2020. Pembuat laba utama adalah Audi dengan 3,1 miliar, Porsche 2,7 miliar, Volkswagen Financial Services 2,5 miliar euro.