Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Wakil presiden Afghanistan menuduh PAF mencoba membantu Taliban | berita Dunia

New Delhi: Pada hari Kamis, Wakil Presiden Afghanistan Amrullah Saleh menuduh Angkatan Udara Pakistan memperingatkan pasukan keamanan Afghanistan bahwa mereka akan menanggapi setiap langkah untuk mengusir pejuang Taliban di wilayah perbatasan strategis Spin Boldak.

Saleh, mantan kepala intelijen yang selamat dari lebih dari satu upaya pembunuhan oleh Taliban dan merupakan kritikus vokal terhadap Pakistan, melontarkan tuduhan itu dalam sebuah tweet Kamis malam.

“Runtuhnya: Angkatan Udara Pakistan telah mengeluarkan peringatan resmi kepada Angkatan Darat dan Angkatan Udara Afghanistan bahwa setiap langkah untuk mengusir Taliban dari distrik Spin Boldak akan dilawan oleh Angkatan Udara Pakistan. Angkatan Udara Pakistan sekarang memberikan dukungan udara jarak dekat. kepada Taliban di daerah-daerah tertentu.”

Ketika keraguan muncul di media sosial tentang tuduhan ini, Saleh menggandakan tuduhannya. Dalam tweet lain, dia mengatakan dia “siap untuk berbagi bukti” tentang peringatan Angkatan Darat Pakistan ke pihak Afghanistan. Dia menambahkan bahwa pesawat Afghanistan “hingga jarak 10 km dari Spin Boldak R2 diperingatkan untuk tidak mundur atau menghadapi rudal udara-ke-udara.”

Tidak ada tanggapan segera atas tuduhan ini dari pihak Pakistan.

Lebih dari segalanya, tuduhan tersebut mencerminkan ketidakpercayaan yang mengakar antara pemerintah Afghanistan yang dipimpin oleh Presiden Ashraf Ghani dan pemerintah Pakistan dan lembaga keamanan.

Pejuang Taliban menguasai persimpangan penting di perbatasan Pakistan di distrik Spin Boldak pada hari Rabu. Persimpangan, yang menghubungkan Chaman di provinsi Balochistan di sisi Pakistan, merupakan sumber pendapatan utama bagi pemerintah Afghanistan dan pusat penting untuk perjalanan dan perdagangan lintas batas.

Pada hari Kamis, pasukan keamanan Afghanistan mengatakan mereka telah mendapatkan kembali kendali atas penyeberangan perbatasan, tetapi Taliban membantahnya.

READ  Di data pusat sekitar 33,95% vaksin COVID tidak terjawab, J'khand mengatakan angkanya hanya 1,5%

Sebagai bagian dari strategi untuk merebut wilayah di Afghanistan di tengah penarikan cepat pasukan AS, Taliban telah merebut penyeberangan perbatasan dengan Iran, Uzbekistan dan Tajikistan dalam beberapa pekan terakhir.

Angkatan Udara Pakistan (PAF) belum terdengar memberikan dukungan kepada Taliban dan pejuang asing di Afghanistan. Setelah pasukan AS menginvasi Afghanistan setelah serangan 11 September 2001, pesawat angkut PAF melakukan beberapa serangan mendadak dari kota Kunduz di Afghanistan utara untuk mengangkut ratusan teroris Pakistan dan asing yang telah berjuang bersama Taliban dan Al-Qaeda.

Dijuluki “Jembatan Udara Kejahatan” oleh media Barat, penerbangan dua hari pada November 2001 pertama kali ditemukan oleh badan intelijen India. Pada saat itu, Pakistan diyakini memiliki ratusan penasihat militer di Afghanistan untuk membantu Taliban.