SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Wisman Singapura Serbu Batam

  • Reporter:
  • Sabtu, 10 Agustus 2019 | 13:52
  • Dibaca : 308 kali
Wisman Singapura Serbu Batam
Antrean turis Singapura di pintu kedatangan Pelabuhan Internasional Batam Centre, Jumat (9/8). f iwan sahputra

BATAMKOTA – Ribuan wisatawan asal Singapura memadati ruang kedatangan Pelabuhan Internasional Batam Centre, Jumat (9/8). Turis asal Negeri Singa ini datang untuk mengisi liburan selama empat hari, libur Hari Kemerdekaan Singapura dan Hari Raya Idul Adha.

Pantauan KORAN SINDO BATAM, suasana di Pelabuhan Internasional Batam Center tampak ramai. Antrean ini terlihat berada di lantai 1 tepatnya di depan pintu kedatangan.

“Kami nak habiskan holiday di sini (Batam) bersama anak-anak dan kerabat,” kata Encik Nurul, salah satu wisman asal Singapura.

Ia mengatakan, akan berada di Batam selama empat hari dan akan kembali ke negaranya pada 12 Agustus nanti. Menghabiskan liburan di Batam, kata dia, sudah menjadi agenda tahunan baginya.

“Kami bisa shopping sambil bertamasya jalan-jalan di Batam,” ujarnya.

Manajer Operasional PT Synergy Tharada selaku pengelola Pelabuhan Internasional Batam Centre, Nika Astaga mengatakan, pihaknya menambah ekstra trip tujuan Singapura menjelang Idul Adha tahun ini.

Pelabuhan, kata dia, menyiapkan sekitar tujuh kapal tambahan dan 45 trip reguler. Pengelola menyediakan sekitar 52 trip keberangkatan pada 9-10 Agustus.

Sedangkan pada 11-12 Agustus mendatang, pihaknya juga menyiapkan penambahan 18 trip ditambah keberangkatan hari biasa atau reguler sebanyak 45 trip, sehingga total keberangkatan 63 trip.

“Perkiraan penumpang hari ini (kemarin) di atas 5.000 orang. Kisaran 8.000 hingga 10 ribu. Karena hari biasa itu 5.000. Jika mengacu pada 2018 lalu, penumpang ke sini 20 ribu cancel 2 ribu berarti 18 ribu dalam sehari,” katanya.

Selain itu, pengelola pelabuhan juga meningkatkan pengamanan dengan maksimal. Pihaknya telah mengumpulkan seluruh agen dan CIQP (Custom, Immigration, Quarantine and Port Master) dan melibatkan kepolisian dan lainnya untuk menjaga keamanan. “Termasuk CIQP mereka melakukan pekerjaan ekstra,” katanya.

Nika mengatakan, gate A, B dan C dialihkan tujuan Malaysia dan untuk ruang tunggu Malaysia dialihkan untuk Singapura. Pihaknya juga berkoordinasi dengan imigrasi terkait pemeriksaan passpor dan lainnya.

“Ekstra trip kami terbitkan dari keberangkatan, tapi terkadang kenapa jadi bertambah? Ternyata Singapura juga memasang ekstra trip,” katanya. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com