SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Wow..Ada Transformers di Engku Putri

  • Reporter:
  • Senin, 1 Mei 2017 | 10:26
  • Dibaca : 1084 kali
Wow..Ada Transformers di Engku Putri
Cosplay Superhero Jadi Daya Tarik Swafoto. Foto Teguh Prihatna.

BATAM KOTA – Suasana malam di Batam Centre kini tambah ramai. Selain bisa menikmati waktu santai di Dataran Engku Putri dan menikmati berbagai jajanan di kawasan Welcome to Batam, kini ada suguhan menarik lainnya di pusat kota Batam itu.

Masyarakat yang biasa menghabiskan waktu bermalam minggu di Batam Centre kini kehadiran superhero film-film Hollywood, mulai dari robot-robot karakter Transformers dan Iron Man. Robot-robot ini merupakan cosplay dari warga Batam yang hendak mencari peruntungan memanfaatkan keramaian lokasi wisata yang menjadi ikon Batam tersebut.

Keberadaan robot-robot superhero ini lantas menjadi antusias masyarakat untuk foto bersama maupun swafoto. Adalah sosok Ahmad Syukron (26) dan kedua temannya yang berada di balik kostum Transformers itu. Kostum robot Bumblebee, Optimus Prime serta Iron Man tersebut merupakan karya Ahmad Syukron, warga Kaveling Pancur Tanjungpiayu, Seibeduk. Pria 24 tahun ini hanya membutuhkan waktu selama 6 bulan untuk membuat replika robot tersebut.

Untuk membentuk robot, Ahmad menghabiskan biaya Rp3,5 juta. Robot setinggi 2 meter itu berbahan dasar busa dan dibentuk menggunakan plastik. “Awalnya dibuat dengan busa tipis. Tapi gagal karena jadi kusut. Jadi dirakit lagi dengan busa yang tebal,” ujarnya, Sabtu (29/4).

Dia sengaja menciptakan robot yang paling digemari anak-anak. Optimus Prime dikenal sebagai pemimpin Autobots, sedangkan Bumblebee dalam perannya sebagai sahabat manusia. Setelah dibentuk, kedua robot dicat sesuai dengan bentuk dan warna asli robot Autobots yang ada di film Transformers. Untuk satu robot, Ahmad menghabiskan busa dan plastik seberat 15 kilogram. “Mulai dari kepala sampai kaki dibentuk sesuai dalam film. Sehingga menyerupai bentuk robot aslinya,” kata Ahmad.

Meski demikian kedua robot ini hanya bisa digerakkan secara manual dan tak bisa berubah sesuai film. Di mana setiap robot dapat berubah wujud menjadi mobil. “Masih digerakkan manual. Untuk menggerakkan saya ajak dua teman,” tutur pria tamatan SMA ini.

Ahmad mengaku penciptaan robot replika ini dari kecintaannya terhadap film Transformers. Hal ini juga yang kemudian yang dimanfaatkannya untuk mencari keuntungan dari ciptaannya itu. “Setelah jual es krim saya menganggur selama setahun. Saya berfikir gimana mendapatkan uang yang halal,” katanya.

Hasil ciptaan Ahmad langsung direspon masyarakat yang hendak menyaksikan dari dekat. Dia mematok harga bagi warga yang ingin mengabdikan foto bersama robot replika miliknya.

Setiap warga yang ingin mengabdikan foto bersama robot dikenakan biaya Rp10.000 . Sementara, warga yang ingin menggundang robot ini dikenakan biaya Rp500 ribu. “Undangan seperti acara ulang tahun. Tapi jarang, makanya keliling,” ujarnya. Dalam sehari mereka bisa tampil mengunjungi beberapa lokasi dan meraup keuntungan Rp300 ribu dan dibagi rata kepada rekan-rekannya.

Salah seorang pengunjung, Dewi mengaku senang dengan keberadaan robot-robot cosplay Transformers dan Iron Man di Dataran Engku Putri dan menjadi hiburan tersendiri bagi para pengunjung. “Sekarang banyak alternatif hiburan di sini. Anak-anak juga senang karena bisa selfie,” kata Warga Batam Centre ini.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com