Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Xi Jinping dari China sebelum KTT APEC

Xi Jinping dari China sebelum KTT APEC

Presiden China Xi Jinping telah memperingatkan tentang ketegangan Perang Dingin di kawasan Asia-Pasifik, yang merupakan hotspot persaingan antara Beijing dan Washington, dengan mengatakan itu bukan halaman belakang siapa pun dan tidak boleh berubah menjadi arena perebutan kekuatan besar, kantor berita melaporkan. . Reuters melaporkan.

Menjelang pertemuan Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) hari Jumat di Bangkok, komentar Xi pada hari Kamis tampaknya terkait dengan upaya AS dengan sekutu dan mitra regional untuk melawan apa yang mereka lihat sebagai pengaruh ekonomi dan militer koersif China di wilayah tersebut.

Dalam pernyataan tertulis yang disiapkan untuk acara bisnis yang terkait dengan KTT, Xi mengatakan: “Baik orang maupun waktu kita tidak akan mengizinkan upaya apa pun untuk meluncurkan Perang Dingin baru.”

Dalam pidatonya, dia menambahkan bahwa kawasan itu seharusnya tidak menjadi “arena persaingan kekuasaan yang sangat besar”, menekankan perlunya mengikuti jalan keterbukaan dan inklusivitas.

“Unilateralisme dan proteksionisme harus ditolak oleh semua; setiap orang harus menolak segala upaya untuk mempolitisasi dan mempersenjatai hubungan ekonomi dan perdagangan,” mengutip Reuters dalam laporannya.

Pencabutan otonomi Hong Kong, pencurian kekayaan intelektual, tarif, Taiwan, dan sengketa teritorial di Laut China Selatan hanyalah beberapa topik yang menyebabkan ketegangan antara dua ekonomi terbesar dunia itu.

Wakil Presiden AS Kamala Harris akan melakukan perjalanan ke kepulauan Palawan Filipina pada Selasa di dekat Laut China Selatan yang disengketakan, kata seorang pejabat senior pemerintah. Beijing mungkin menemukan kesalahan dengan itu.

Harris akan menjadi pejabat AS berpangkat tertinggi yang melakukan perjalanan ke Kepulauan Spratly sebagai hasil dari perjalanan tersebut. Di Kepulauan Spratly—bagian yang diklaim oleh Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam—China telah menggali dasar laut untuk membangun pelabuhan dan bandara.

READ  Madame Tussauds meletakkan patung lilin Boris Johnson di luar pusat pencarian kerja

Dalam pertemuan dengan Ferdinand Marcos Jr. dari Filipina di Bangkok, Xi mengatakan kepadanya bahwa kesehatan hubungan bilateral mereka bergantung pada laut yang tenang, menurut China Television yang dikelola pemerintah, mengacu pada sengketa teritorial di Laut China Selatan.

Setelah pertemuan APEC, yang mengikuti serangkaian pertemuan regional yang selama ini didominasi oleh keprihatinan geopolitik atas perang di Ukraina, Harris akan berangkat ke Palawan.

Mayoritas anggota G20 dengan suara bulat mengeluarkan pernyataan di KTT Bali mengutuk pertumpahan darah di Ukraina, tetapi mereka juga mengakui bahwa anggota lain memiliki pandangan yang berbeda. Konflik, menurut tuan rumah Indonesia, adalah topik yang paling memecah belah.

Meskipun menjadi anggota G-20 dan APEC, Presiden Rusia Vladimir Putin menghindari menghadiri pertemuan puncak. Andrey Belousov, Wakil Perdana Menteri Pertama, akan mewakili Putin di APEC.

Thailand, negara tuan rumah APEC, pada Kamis mendesak para pemimpin yang menghadiri KTT untuk “mengatasi perpecahan”.

Konferensi kelompok beranggotakan 21 orang itu “pada saat yang sangat penting,” menurut menteri luar negerinya, Don Pramudwinay, karena dunia menghadapi banyak tantangan.

“Mentalitas pembatalan… meresapi setiap percakapan dan tindakan, [and] Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan para menteri luar negeri blok tersebut sebelum pertemuan puncak utama. “Itulah mengapa tahun ini ayahmu harus mengatasi tantangan ini dan menawarkan harapan kepada seluruh dunia.”

Fumio Kishida, perdana menteri Jepang, mengatakan dia menyatakan keprihatinannya tentang menjaga perdamaian di Selat Taiwan kepada Presiden Xi pada pertemuan puncak luar biasa mereka, yang diadakan saat Xi berada di Bangkok. Ini adalah pertemuan tingkat kepemimpinan pertama antara kedua negara dalam lebih dari tiga tahun.

Dia dan Xi menegaskan kembali komitmen mereka untuk membangun kembali saluran komunikasi diplomatik dan menjaga kontak dekat, menambahkan bahwa kedua presiden sepakat bahwa Rusia harus menahan diri untuk tidak menggunakan opsi nuklir di Ukraina. Dia menolak mengomentari apa yang dikatakan Xi dalam hal ini.

READ  Lihatlah peta vaksin global saat delta menjulang

Menurut CCTV China, Shi mengatakan kepada Kishida bahwa masalah regional harus ditangani dengan baik karena masalah Taiwan telah mempengaruhi landasan politik hubungan kedua negara.

Pertemuan tersebut berlangsung sehari setelah ketegangan berkobar di Bali, ketika Xi secara pribadi mengkritik Justin Trudeau, perdana menteri Kanada, atas dugaan pembocoran diskusi pribadi mereka. Itu adalah contoh langka dari Xi yang mengungkapkan kemarahannya di depan umum. Demikian pula di Bangkok adalah Trudeau.

Pada hari Kamis, ketika para pemimpin bersiap untuk konferensi APEC, junta militer di negara tetangga Myanmar mengumumkan amnesti untuk 5.774 narapidana, termasuk seorang pembuat film Jepang, mantan duta besar Inggris, seorang ekonom dari Australia dan mantan pembantu pemimpin terguling Aung San Suu Kyi. untuk. 700 dari mereka yang dibebaskan, menurut media pemerintah, adalah tahanan politik.

Aktivis dan kritikus militer memuji amnesti tersebut, tetapi memperingatkan dunia untuk tidak tertipu oleh tipu muslihat SCAF karena mereka mengklaim bahwa SCAF menggunakan subjeknya sebagai sandera dalam negosiasi.

(Dengan masukan dari Reuters)