Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Yellen memuji hubungan dengan Chile, yang merupakan bagian penting dari rantai pasokan kendaraan listrik

(Bloomberg) — Menteri Keuangan Janet Yellen membela hubungan kuat AS dengan Chile pada hari Sabtu, dengan mengatakan kedua negara dapat saling membantu mencapai tujuan iklim dan energi.

Pernyataan Yellen, yang disampaikannya setelah kunjungan ke fasilitas pemrosesan litium Albemarle di kota Antofagasta, Chili utara, mencakup perjalanan yang bertujuan untuk memperkuat hubungan dengan sekutu yang kaya akan logam yang penting bagi visi pemerintahan Biden mengenai mobil listrik.

“Seiring dengan percepatan kita menuju masa depan energi bersih, hubungan ekonomi kita yang sudah kuat akan semakin menguat,” kata Yellen.

Menteri Keuangan bertemu dengan para pejabat senior di Santiago pada hari Jumat, termasuk Presiden Gabriel Buric, Menteri Keuangan Mario Marcel dan Presiden Bank Sentral Rosanna Costa.

Chili memiliki cadangan litium terbesar di dunia – mineral utama untuk membuat baterai yang menggerakkan kendaraan listrik – dan merupakan pemasok kedua setelah Australia.

Hal ini juga menjadikannya mitra penting bagi Tiongkok, produsen kendaraan listrik terbesar di dunia, yang tahun lalu membeli sekitar dua pertiga ekspor litium Chile.

“Dukung teman”

Pemerintahan Biden mendukung pabrik-pabrik mobil listrik dalam negeri dengan subsidi yang besar, karena berupaya untuk memperoleh pangsa industri yang lebih besar. Pada saat yang sama, hal ini memaksa perusahaan untuk mendapatkan material dari negara selain Tiongkok.

“Bagian dari rantai pasokan utama kita, termasuk energi ramah lingkungan, saat ini terlalu terkonsentrasi di Tiongkok,” kata Yellen, seraya menambahkan bahwa hal ini membuat Amerika Serikat lebih rentan terhadap guncangan rantai pasokan.

SEBELUMNYA: Upaya AS untuk melonggarkan cengkeraman Tiongkok pada logam-logam penting untuk kendaraan listrik terhenti

Untuk memitigasi risiko ini, pemerintahan Biden telah menerapkan agenda “dukungan untuk teman” untuk mengurangi ketergantungan jalur pasokan AS pada Tiongkok.

READ  3 mati setelah makan jamur liar yang ditawarkan oleh putri tiri di Australia

Sebagai mitra perdagangan bebas dengan Amerika Serikat selama lebih dari dua dekade, Chile akan memperoleh manfaat dari program stimulus lingkungan hidup yang dicanangkan Presiden Joe Biden, dan berpotensi meningkatkan permintaan litium. Perdagangan antara kedua negara telah tumbuh sekitar 9% per tahun sejak tahun 2003.

Lebih banyak cerita seperti ini tersedia di mekarberg.com

©2024 Bloomberg L.P

Berikut ringkasan lengkap 3 menit dari semua yang dikatakan Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman dalam pidato Anggarannya: Klik untuk mengunduh!