Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

ZE PAK dan rsted ingin membangun ladang angin lepas pantai pertama di Polandia

Zespó Elektrowni Pątnów-Adamów-Konin dan rsted, pemimpin dunia dalam energi angin lepas pantai, telah menandatangani Letter of Intent mengenai partisipasi bersama dalam lelang situs ladang angin di bagian Laut Baltik Polandia.

Setelah mendapatkan persetujuan dari otoritas antimonopoli, ZE PAK dan rsted akan mendirikan usaha patungan yang bertujuan untuk berpartisipasi dalam lelang untuk lokasi lepas pantai di Laut Baltik.

Energi angin adalah salah satu pilar strategi ZE PAK untuk transisi ke produksi energi tanpa emisi, dan saya senang memiliki kesempatan untuk mulai berkolaborasi dengan Orsted. Jika Anda serius tentang energi angin lepas pantai, rsted – No. 1 di dunia dalam bidang ini – adalah mitra terbaik. Potensi, pencapaian, dan pengalaman Orsted dalam memproduksi energi bersih benar-benar mengesankan dan tidak diragukan lagi dapat mendukung transformasi energi ZE PAK dan seluruh sektor energi Polandia – kata Zygmunt Solorz, Pemegang Saham Utama dan Ketua Dewan Pengawas ZE PAK.

Polandia membuat keputusan yang tepat, dengan fokus pada energi angin lepas pantai sebagai dasar untuk mengubah sistem energi untuk mengurangi emisi karbon dioksida dan selama beberapa dekade mendatang untuk menyediakan bisnis dan rumah tangga dengan pasokan listrik yang memadai dan kompetitif sambil menonaktifkan pembangkit listrik tenaga batu bara bekas. . Dengan menggabungkan pengetahuan lokal dengan pengalaman global, ZE PAK dan rsted dapat mendukung Polandia di jalur dari sumber energi fosil ke sumber energi terbarukan, pada saat yang sama menciptakan ribuan pekerjaan lokal, mendukung pelatihan karyawan dan melatih kembali karyawan di sektor batubara menuju energi hijau – Menambahkan Martin Neubert, Direktur Penjualan dan Wakil Manajer Umum di rsted.

Saat ini, tidak ada ladang angin lepas pantai di Polandia. Namun, sebagai bagian dari transisi menuju ekonomi rendah karbon di bagian Laut Baltik Polandia, kapasitas lepas pantai sebesar 5,9 GW akan dihasilkan pada tahun 2030 dan 11 GW pada tahun 2040.

Di ZE PAK, kami mencoba menghadapi fakta nyata dan mengambil tindakan nyata untuk beralih ke produksi energi bersih dan mengurangi emisi CO2. Seperti Orsted, kami memiliki “terbaik” dan “pertama” kami – kami baru saja selesai membangun ladang tenaga surya terbesar di Polandia, kami akan menjadi yang pertama mulai memproduksi hidrogen hijau, kami adalah pemimpin dalam mengurangi emisi CO2, dan yang paling penting – kami adalah yang pertama Menjauh dari batubara di Polandia. Energi angin lepas pantai akan menjadi bagian penting dari transformasi ZE PAK menjadi produk energi yang bersih dan hijau – kata Piotr Woźny, CEO ZE PAK.

Polandia adalah pasar yang penting secara strategis bagi rsted. Kami berharap dapat meningkatkan kehadiran dan investasi kami untuk membantu Polandia memperoleh sumber daya energi bersih yang melimpah di Laut Baltik. Kami senang dapat menjalin kolaborasi dengan ZE PAK, yang telah memulai transisi hijau yang ambisius dan strateginya untuk beralih dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan akan membantu Polandia mencapai tujuan pengurangan CO2,” kata Rasmus Erbow, Wakil Presiden di biaya Kontinental Eropa di rsted.

rsted saat ini memiliki total 12 GW energi terbarukan yang terpasang, dimana 7,6 GW dipasang di 28 ladang angin lepas pantai. Perusahaan membangun ladang angin lepas pantai pertama di dunia pada tahun 1991 dan saat ini mengembangkan, membangun, memiliki dan mengoperasikan ladang angin lepas pantai di Eropa, Asia Pasifik dan Amerika Utara, termasuk Hornsea 1, ladang angin lepas pantai terbesar di dunia dengan kapasitas 1,2 GW.

READ  Anda ingin berperilaku berkelanjutan dan seringkali tidak