Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Empat berang-berang laut di California telah mati karena jenis parasit yang tidak biasa yang bisa berbahaya bagi manusia

Empat berang-berang laut di California telah mati karena jenis parasit yang tidak biasa yang bisa berbahaya bagi manusia



CNN

Empat berang-berang telah mati di California akibat jenis parasit langka Toxoplasma gondii, yang menurut para ilmuwan dapat menimbulkan ancaman bagi kesehatan manusia.

Para peneliti menyebut temuan itu “sangat mengejutkan” karena jenis T. gondii ini belum pernah dilaporkan pada hewan air atau pantai California mana pun. Studi mereka, yang dipimpin oleh para peneliti dari California Department of Fish and Wildlife dan University of California, Davis, diterbitkan minggu ini di jurnal Nature. Perbatasan dalam Ilmu Kelautan.

“Karena Toksoplasma dapat menginfeksi hewan berdarah panas mana pun, kemungkinan juga menyebabkan penyakit pada hewan dan manusia yang berbagi lingkungan atau sumber makanan yang sama, termasuk kerang, tiram, tiram, dan kepiting yang dikonsumsi mentah atau kurang matang,” kata Melissa. Miller, peneliti di California Department of Fish and Wildlife dan penulis makalah di Rilis baru.

Empat berang-berang laut terdampar dari tahun 2020 hingga 2022, masing-masing dengan kondisi “tidak biasa dan parah” yang disebut steatitis, atau peradangan lemak tubuh. Toksoplasmosis biasa terjadi pada berang-berang laut, tulis para peneliti, dan diketahui bisa berakibat fatal, tetapi strain T. gondii ini ternyata mampu membunuh berang-berang dewasa dengan cepat.

Tidak ada kasus yang dilaporkan pada manusia, tetapi para peneliti menyebut berang-berang itu “penjaga penting” untuk strain yang bersirkulasi, yang dapat menimbulkan bahaya bagi orang yang makan makanan laut atau menelan air yang tercemar.

“Karena parasit ini dapat menginfeksi manusia dan hewan lain, kami ingin orang lain mengetahui temuan kami, segera mengenali kasus jika mereka bertemu dengannya dan mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah infeksi,” kata Miller. “Kami mendorong orang lain untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra jika mereka melihat timbunan lemak sistemik peradangan pada berang-berang laut atau satwa laut lainnya.”

READ  Sinusitis kronis terkait dengan aktivitas otak yang berubah

Kebanyakan orang yang terinfeksi toksoplasma tidak memiliki gejala dan tidak menyadari bahwa mereka memiliki infeksi, tetapi toksoplasmosis yang parah dapat menyebabkan kerusakan pada otak, mata, dan organ lainnya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Itu dapat ditularkan dari ibu ke janin selama kehamilan dan dapat menyebabkan masalah kesehatan utama setelah lahir. Mereka yang paling berisiko terkena infeksi parah adalah bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi selama atau sesaat sebelum kehamilan dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Untuk mencegah infeksi toksoplasmosis, CDC merekomendasikan praktik keamanan makanan yang khas seperti memasak makanan pada suhu internal yang tinggi dan membilas buah, sayuran, dan barang cucian.

Kotoran kucing diketahui mengandung parasit tingkat tinggi, sehingga CDC mendesak orang untuk memelihara kucing peliharaan di dalam, mengganti kotak kotorannya setiap hari — sebelum parasit menular — dan mencuci tangan sampai bersih.

Dalam studi tersebut, para peneliti mengatakan lebih banyak pekerjaan diperlukan untuk menyelidiki habitat atau faktor perubahan iklim yang mungkin menyebabkan penyebaran strain langka pada berang-berang, dan untuk memeriksa apakah hewan darat air lainnya terinfeksi.