Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Jejak kaki di Spanyol menunjukkan bahwa dinosaurus karnivora cepat dan…

Ditulis oleh Will Dunham

9 Des (Reuters) – Ini hampir tidak adil. Dinosaurus karnivora dipersenjatai dengan gigi yang mengancam di dalam rahang berotot, menggunakan cakar berbahaya di tangan dan kaki mereka, dan memiliki penglihatan dan indera penciuman yang tajam. Dan seperti yang dikonfirmasi oleh penelitian baru, beberapa di antaranya juga sangat cepat.

Para ilmuwan mengatakan dua jejak fosil jejak kaki Kapur yang berasal dari sekitar 120 juta tahun yang ditemukan di wilayah La Rioja di Spanyol utara menunjukkan bahwa spesies dinosaurus karnivora berukuran sedang yang mereka buat dapat berlari dengan kecepatan 28 mph (45 km/jam). Kamis.

Ini kira-kira menyamai kecepatan tertinggi yang dicapai oleh sprinter Jamaika Usain Bolt, manusia tercepat di dunia.

Dua jejak ditemukan terletak sekitar 65 kaki (20 meter), satu dengan tujuh jejak kaki dan yang lainnya dengan lima kaki.

Setiap lintasan – jejak kaki berjari tiga dengan cakar – panjangnya kira-kira 12 inci (30 cm). Dibuat di permukaan berlumpur dataran danau di daerah yang juga dihuni oleh dinosaurus pemakan tumbuhan berleher panjang, dinosaurus pemakan tumbuhan berkaki dua, dan reptil terbang yang disebut pterosaurus, buaya, dan kura-kura.

Itu hanya menambah kecepatan ke gudang dinosaurus karnivora seperti spesies yang meninggalkan jejak kaki di Spanyol.

kata Pablo Navarro-Lorpis, seorang mahasiswa doktoral dalam paleontologi di Universidad de La Rioja di Spanyol dan penulis utama penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports.

Jejak kaki memiliki karakteristik yang menunjukkan bahwa mereka dibuat oleh theropoda, kelompok yang mencakup semua dinosaurus karnivora, termasuk Tyrannosaurus rex. Theropoda adalah bipedal, yang terbesar adalah 50 kaki (15 meter) panjang.

READ  Fosil dinosaurus berleher panjang yang ditemukan ilmuwan Argentina merupakan salah satu fosil dinosaurus terbesar yang pernah ada

Para peneliti percaya jejak itu dibuat oleh dua orang berbeda dari spesies yang sama. Mereka menduga itu dari salah satu dari dua keluarga theropoda: spinosaurs, banyak di antaranya pemakan ikan, atau carcharodontosaurus, yang dikenal karena giginya yang mirip hiu. Individu memiliki panjang sekitar 13-16 kaki (4-5 m), panjang 7 kaki (2 m), dan berat 440-660 pon (200-300 kg).

Kecepatan lari dihitung berdasarkan hubungan antara tinggi pinggul hewan – diperkirakan dari panjang tapak – dan panjang langkah. Panjang langkah satu landasan pacu adalah 18,3 kaki (5,6 m), sedangkan yang lain adalah 17,2 kaki (5,2 m).

Satu dinosaurus berlari 19,7-27,7 mph (31,7-44,6 kph) – di antara kecepatan tertinggi yang pernah diperkirakan untuk dinosaurus – dan yang lainnya pada 14,5 – 23,1 mph (23,4 – 37,1 kph). Salah satu trek menunjukkan peningkatan kecepatan yang mulus. Yang lainnya mengacu pada hewan yang sedang bermanuver saat sedang berlari.

Ahli paleontologi di University of La Rioja dan rekan penulis studi Angelica Torres mengatakan kecepatan membantu tidak hanya berburu tetapi juga melarikan diri dari bahaya, termasuk “theropoda yang lebih besar yang dapat memangsa mereka.”

Di antara jejak dinosaurus yang tak terhitung jumlahnya yang ditemukan di seluruh dunia, hampir semuanya mewakili berjalan daripada berlari. Perkiraan kecepatan lari tercepat berdasarkan jejak kaki adalah trek theropoda Jurassic di Utah dengan kecepatan 34 mph (55 kph).

Para ilmuwan juga menghitung kecepatan dinosaurus berdasarkan model biomekanik. Penggunaan tercepat dari metode ini adalah theropoda compsognathus seukuran kalkun Jurassic pada 40 mph (65 kph).

“Sejumlah faktor menentukan kemampuan dinosaurus untuk berlari,” kata Navarro-Lorpis.

“Salah satunya adalah ukuran. Beberapa ahli paleontologi percaya bahwa 100 hingga 1.000 kg theropoda bisa menjadi dinosaurus pelari terbaik karena hubungan antara berat badan dan kinerja otot mereka.” , dengan kaki yang diperpanjang adalah faktor utama lainnya.

READ  Air dalam debu asteroid dapat memberikan petunjuk tentang asal usul kehidupan di Bumi | ruang angkasa

(Laporan oleh Will Dunham di Washington; Disunting oleh Rosalba O’Brien)

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.