Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Jejak kaki misterius mirip burung di Afrika sudah ada sebelum keberadaan burung: ScienceAlert

Jejak kaki misterius mirip burung di Afrika sudah ada sebelum keberadaan burung: ScienceAlert

Para peneliti telah mengamati lebih dekat beberapa fosil jejak kaki mirip burung di Afrika, yang berumur sekitar 210 juta tahun.

Jejak kaki ini agak misterius: bahkan fosil nenek moyang burung yang paling awal pun baru muncul 60 juta tahun kemudian.

Jejak kaki ini diketahui Selama beberapa tahunNamun di sini tim dari Universitas Cape Town di Afrika Selatan ingin melakukan analisis yang lebih komprehensif terhadap fosil-fosil tersebut, yang telah diambil dari empat lokasi terpisah di wilayah tersebut.

Dengan melihat secara khusus catatan di situs Mabutseng, bentangan jejak kaki sepanjang 80 meter (262 kaki), para peneliti dapat mengidentifikasi dua jenis (atau morfotipe) jejak kaki yang berbeda, di bawah itu Trisauropodecus kategori – Ini adalah nama yang sebelumnya diberikan untuk jejak kaki berjari tiga yang mirip burung.

“Temuan kami menunjukkan bahwa ada dua spesies Trisauropodiscus yang berbeda, salah satunya menyerupai jejak kaki burung.” Dia menulis Ahli geologi Minja Abrahams dan Emesy Purdy dalam makalah mereka.

Morfotipe pertama menunjukkan kaki yang lebih besar, lebih panjang, dan jari-jari kaki saling berdekatan, kata para peneliti. Jejak kaki ini tidak berbeda dengan jenis jejak kaki fosil lainnya. AnomoebusYang diyakini para peneliti ditinggalkan oleh jenis dinosaurus tertentu.

Sedangkan untuk tipe kedua, ukuran jejak kaki ini rata-rata sekitar setengahnya, lebih lebar daripada panjangnya, dan jari-jari kakinya lebih ramping. Morfotipe ini lebih tidak jelas, tetapi lebih mirip dengan burung modern.

Gambar di sebelah peta kedalaman warna palsu dari cetakan umum: morfotipe pertama (kiri) dibandingkan dengan morfotipe kedua (kanan). (Abraham dkk., Satu ditambah2023)

Para peneliti meyakini bahwa jejak kaki yang termasuk dalam kategori morfologi kedua ini ditinggalkan oleh nenek moyang burung pertama. Dengan kata lain, dinosaurus mungkin sudah mulai menunjukkan ciri-ciri mirip burung jauh lebih awal dari yang ditunjukkan oleh catatan fosil.

READ  Apa yang perlu Anda ketahui tentang booster vaksin COVID baru yang sekarang tersedia di Georgia

“Jejak kaki di Afrika Selatan ini, yang berasal dari Trias Akhir, sangat mirip dengan jejak burung Kenozoikum modern, membenarkan morfologi kaki konvergen dari archosaurus Mesozoikum akhir dan dengan kuat menunjukkan bahwa asal mula morfologi kaki mirip burung setidaknya berusia 210 juta tahun. .” . tua,” Dia menulis Peneliti.

Misteri monster purba apa yang sebenarnya meninggalkan jejak ini masih harus dipecahkan, namun para peneliti yakin mungkin saja itu semacam hal Archosaurus berjari tiga – cabang pohon evolusi yang meninggalkan kita pada burung dan buaya saat ini.

Sementara pencarian fosil yang dapat memberi tahu kita lebih banyak tentang hewan yang bertanggung jawab atas jejak kaki ini terus berlanjut, penelitian ini memberikan gambaran menarik tentang ratusan juta tahun yang lalu – dan bagaimana burung berevolusi sejak saat itu.

“Jejak fosil dapat digunakan untuk menyimpulkan keanekaragaman purba, etologi, dan tren evolusi.” Dia menulis Abrahams dan Purdy.

“Ini sangat berguna untuk periode waktu yang dalam di mana sejarah awal suatu kelompok hewan didasarkan pada bahan kerangka fosil yang terbatas.”

Penelitian ini dipublikasikan di Satu ditambah.