Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Lubang hitam supermasif berbentuk bola rugbi yang berputar cepat di Bima Sakti

Lubang hitam supermasif berbentuk bola rugbi yang berputar cepat di Bima Sakti

Lubang hitam Sagitarius A* terletak sekitar 26.000 tahun cahaya dari Bumi.

Pusat Galaksi Bima Sakti kita adalah rumah bagi lubang hitam supermasif yang berputar sangat cepat hingga membengkokkan ruangwaktu menjadi bentuk oval menyerupai bola rugby. Hasilnya didasarkan pada analisis komprehensif pengukuran sinar-X dan radio dari… Observatorium Sinar-X Chandra milik NASATeleskop sinar-X di luar angkasa. Lubang hitam raksasa, yang dikenal sebagai Sagitarius A* atau Sgr A*, terletak sekitar 26.000 tahun cahaya dari Bumi.

“Lubang hitam memiliki dua sifat dasar. Yang pertama adalah massanya, atau berapa beratnya. Yang kedua adalah putarannya, atau seberapa cepatnya berputar. Menentukan nilai mana di antara kedua nilai ini yang memberi tahu para ilmuwan banyak hal tentang lubang hitam dan bagaimana caranya. itu terbentuk,” jelas NASA. “Ia berperilaku.”

Para ilmuwan belum dapat secara akurat menentukan kecepatan rotasi Sgr A*, namun mereka yakin bahwa beratnya sekitar empat juta kali berat Matahari. Studi baru ini menggunakan metode berdasarkan pergerakan material menuju dan menjauhi lubang hitam untuk menghitung laju rotasi Sagitarius A* menggunakan data sinar-X dan radio.

Hasilnya menunjukkan bahwa lubang hitam berputar sangat cepat. Badan Antariksa AS menyatakan, “Para ilmuwan percaya bahwa ia berputar begitu cepat sehingga mendistorsi ruang-waktu di sekitarnya hingga membentuk bentuk yang menyerupai sepak bola Amerika.”

Konsep waktu yang berhubungan dengan tiga dimensi ruang disebut ruang-waktu. Meskipun telah lama diketahui bahwa lubang hitam memiliki kemampuan ini, kini terdapat bukti kuat bahwa lubang hitam di Bima Sakti memiliki kemampuan tersebut.

READ  Hubble menangkap gemuruh badai raksasa dan bulan vulkanik Io

“Pekerjaan kami mungkin membantu memecahkan pertanyaan tentang seberapa cepat lubang hitam supermasif di galaksi kita berputar. Hasil kami menunjukkan bahwa Sagitarius A* berputar sangat cepat, hal ini menarik dan memiliki implikasi yang luas,” kata Ruth Daly dari Pennsylvania State Universitas. Siapa penulis utama studi baru ini?

Rotasi lubang hitam juga mempunyai banyak efek lainnya. Ini dapat berfungsi sebagai sumber energi yang penting. Mengekstraksi energi putaran dari lubang hitam supermasif dapat menyebabkan aliran keluar yang sempit dalam bentuk jet. Meskipun Sagitarius A* tidak terlalu aktif saat ini, penemuan baru ini menunjukkan bahwa Sagitarius A* mungkin menjadi lebih aktif di masa depan.

“Lubang hitam yang berputar itu seperti roket di landasan peluncuran,” kata rekan penulis Benny Sebastian dari Universitas Manitoba di Winnipeg, Kanada. “Setelah materialnya cukup dekat, seolah-olah seseorang sedang mengisi bahan bakar roket dan menekan tombol 'luncurkan'.”

Menurut badan antariksa tersebut, jika sifat materi dan kekuatan medan magnet di dekat lubang hitam berubah di masa depan, sebagian energi rotasi lubang hitam yang sangat besar dapat menyebabkan arus keluar yang lebih kuat. Jika bintang mengembara terlalu dekat dengan lubang hitam, sumber material yang berasal dari gas atau sisa-sisa bintang akan terkoyak oleh gravitasi lubang hitam.