Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Maladewa: Pemimpin pro-Tiongkok Mohamed Mwizo memenangkan pemilihan presiden;  Perdana Menteri Modi mengucapkan selamat

Maladewa: Pemimpin pro-Tiongkok Mohamed Mwizo memenangkan pemilihan presiden; Perdana Menteri Modi mengucapkan selamat

Pemimpin pro-Tiongkok Mohamed Moisu telah memenangkan pemilihan presiden di Maladewa. Perdana Menteri Narendra Modi juga mengucapkan selamat kepada Moiso atas terpilihnya dia sebagai Presiden Maladewa.

Dalam postingannya di X, ia berkata: “India tetap berkomitmen untuk memperkuat hubungan bilateral India-Maladewa yang telah teruji oleh waktu dan memperkuat kerja sama komprehensif kami di kawasan Samudera Hindia.”

Mwizo mengalahkan petahana Mohamed Solih untuk menjadi presiden negara kepulauan itu.

Ini merupakan pemungutan suara putaran kedua setelah tidak ada calon yang keluar sebagai pemenang pada putaran pertama.

(Berita menarik! Mint sekarang ada di saluran WhatsApp. Berlangganan hari ini dengan mengeklik tautan dan terus dapatkan informasi terbaru tentang ide keuangan terbaru! klik disini!)

Moiso, 45, mengepalai sebuah partai yang mengawasi masuknya pinjaman Tiongkok ketika dia terakhir kali mengambil alih kekuasaan di negara bagian atol tersebut, yang terkenal dengan resor pantai mewah dan turis selebriti.

Dia memperoleh 54,06% suara pada putaran kedua, mendorong Presiden saat ini Ibrahim Mohamed Solih mengakui kekalahan sesaat sebelum tengah malam.

Hasil tersebut juga menunjukkan perubahan besar dalam nasib Saleh, yang memenangkan pemilu terakhir pada tahun 2018 dengan telak, di tengah kemarahan yang meluas atas pelanggaran hak asasi manusia dan korupsi di bawah pemerintahan pendahulunya.

Tentang Mohamed Muizzu:

Mohamed Mazo, 45 tahun, adalah seorang insinyur sipil lulusan Inggris. Dia adalah calon presiden yang tidak terduga setelah menjabat sebagai Menteri Konstruksi di pemerintahan mentornya Abdulla Yameen.

Namun pemenjaraan Yameen atas tuduhan korupsi menyebabkan Moiso ditunjuk untuk memimpin partai tersebut, sementara wakilnya dalam pemilu memperdebatkan apakah pulau karang yang berlokasi strategis itu akan berpihak pada Tiongkok atau India.

READ  Mereformasi perekonomian Pakistan: prioritas utama Nawaz Sharif | berita Dunia

Moizo telah mengawasi beberapa proyek infrastruktur yang didanai Tiongkok, termasuk jembatan senilai $200 juta yang menghubungkan ibu kota ke bandara utama nusantara.

Keberhasilan pemilu Mwizo bergantung pada kampanye berkelanjutan melawan pengaruh politik dan ekonomi India yang besar di Maladewa.

Moiso juga berjanji untuk memaafkan Yameen, arsitek partai mereka yang sangat menerima sumbangan finansial Beijing melalui Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative).

Yameen saat ini menjalani hukuman penjara 11 tahun di pulau penjara terpencil yang sama tempat dia memenjarakan lawan-lawannya selama masa kepresidenannya yang otoriter.

“Berita menggembirakan! Mint sekarang ada di saluran WhatsApp 🚀 Berlanggananlah hari ini dengan mengeklik tautan dan ikuti terus ide-ide keuangan terkini!” klik disini!