Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Momen spesial yang patut disaksikan saat gerhana total pada 8 April

Momen spesial yang patut disaksikan saat gerhana total pada 8 April

Mendaftarlah untuk buletin sains Wonder Theory CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita tentang penemuan menarik, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Kapan Gerhana matahari total Melacak jalannya Di Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada Pada tanggal 8 April, pemirsa dapat mengharapkan banyak momen menakjubkan.

Saat terjadi gerhana matahari total Bulan menutupi seluruh permukaan matahari Secara singkat dikenal sebagai totalitas – 32 juta orang di Amerika Serikat yang mengikuti jalur totalitas selebar 115 mil (185 kilometer) untuk acara bulan April akan memiliki kesempatan untuk menikmati ekspresi gerhana langit sepenuhnya. Pemandangan.

Ada baiknya meluangkan waktu untuk berhenti sejenak dan menikmati peristiwa langit bersejarah ini karena gerhana matahari total tidak akan terlihat lagi di wilayah Amerika Serikat yang berdekatan hingga Agustus 2044, dan gerhana cincin akan menang, ketika bulan tidak dapat sepenuhnya menghalangi matahari. Mereka tidak akan muncul lagi di belahan dunia ini hingga tahun 2046.

“Sampai Anda benar-benar melihat (gerhana total), hampir mustahil untuk menggambarkannya,” kata Dr. John Mulci, wakil presiden bidang sains di Carnegie Institution for Science dan direktur serta kepala Observatorium Carnegie. “Ketika Anda melihat semuanya, Anda dapat melihat bagaimana dampaknya sangat besar terhadap manusia selama ribuan tahun. Ini adalah salah satu hal terindah yang pernah dialami kebanyakan orang.”

Robin Beck/AFP/Getty Images

Korona matahari, atau atmosfer luar yang panas, dapat dilihat saat bulan melintas di depan matahari saat terjadi gerhana matahari total di Big Summit Prairie Ranch di Ochoco National Forest di Oregon pada 21 Agustus 2017.

Namun fase-fase seputar gerhana total – termasuk beberapa fenomena yang cukup menakjubkan hingga terkenal – juga tak terlupakan, kata para ahli gerhana. Inilah yang harus dicari.

READ  Penjelajah yang gigih menemukan 'harta karun' bahan organik di Mars

Bulan tidak muncul secara tiba-tiba di antara Bumi dan Matahari, melainkan peristiwa tersebut diawali dengan gerhana sebagian, di mana Bulan tampak “menggigit” Matahari. Tergantung pada lokasi Anda, gerhana sebagian dapat berlangsung antara 70 dan 80 menit NASA.

Bagi yang berada di luar jalur totalitas, peristiwa utamanya adalah gerhana sebagian berbentuk bulan sabit, bukan totalitas.

Gerhana sebagian merupakan fase terpanjang dalam perjalanannya, namun seiring mendekatnya waktu gerhana totalitas, perhatikan perubahan tampilan langit.

Igor do Vale/Seiba/AP

Gerhana matahari sebagian terlihat di antara awan dari Socorro di São Paulo, Brasil pada 14 Oktober 2023.

“Sekitar 15 hingga 20 menit sebelum totalitas, langit mulai mendapatkan warna suram yang sangat aneh,” kata Mulcci. “Hampir seperti abu-abu karena matahari tinggi di langit, tapi hampir tertutup seluruhnya. Tidak seperti senja, matahari terbenam, atau matahari terbit ketika (matahari) rendah di langit. Itu di atas Anda. Dan tiba-tiba, Anda kehilangan sebagian besar sinar matahari, dan itu terlihat sangat aneh.”

Langit gelap yang menakutkan merupakan sinyal bagi para pengamat langit bahwa pertunjukan bintang akan segera dimulai. Pastikan Anda memiliki kacamata gerhana untuk melihat matahari dengan aman sebelum acara dimulai.

Mulcci mengatakan, dua fase menakjubkan terjadi di saat-saat terakhir sebelum gerhana total.

Saat Bulan mulai melintas di depan Matahari, sinar bintang akan menyinari lembah-lembah di cakrawala Bulan, menciptakan tetesan cahaya bercahaya di sekitar Bulan yang disebut manik-manik Bailey. Nama fenomena ini diambil dari nama astronom Inggris Francis Bailey, yang mengamatinya saat gerhana cincin pada 15 Mei 1836.

Heinz Peter Bader/X00316/Reuters

Manik-manik Bailey terlihat berkilauan di sekitar sisi kiri bulan hanya satu detik sebelum menutupi matahari sepenuhnya.

Saat totalitas semakin dekat, manik-manik Bailey akan segera menghilang dan memberi jalan bagi “cincin berlian”, sebuah julukan yang menunjukkan bagaimana manik-manik itu muncul ketika satu titik cahaya tetap ada — seperti cincin berlian raksasa yang berkilau.

READ  Bahaya kutu sekarang umum di Michigan

Kedua fase ini berlangsung kurang dari satu menit, kata Mulci.

Lalu tibalah waktunya kuliah.

Fase total gerhana 8 April adalah Angka ini diperkirakan akan tetap dua kali lipat dibandingkan tahun 2017 Pasalnya, bulan saat ini berada lebih dekat dengan matahari. Mereka yang berada di sepanjang garis tengah jalur akan melihat gerhana total yang berlangsung antara 3½ dan 4 menit, menurut NASA.

Tiba-tiba terjadi gerhana total, dan muncullah corona, kata Mulci. “Meskipun gelap, itu cukup keren.”

Korona adalah atmosfer luar Matahari yang sangat panas, yang memancarkan cahaya yang dapat dilihat di sekitar Bulan saat terjadi gerhana. Normalnya, corona lebih sulit dilihat karena permukaan Matahari lebih terang. Saat gerhana total, corona akan menyerupai aliran cahaya putih, menurut situs “The Verge”. NASA.

Tim Spires/Ikon Sportswire/Getty Images

Efek cincin berlian terlihat saat gerhana matahari total pada 21 Agustus 2017 di St. Louis, Missouri.

Selama gerhana tahun 2017, Matahari mendekati titik minimum matahari, atau fase diam dari siklus aktivitas 11 tahun bintang kita. Kini, matahari semakin dekat Tenaga surya maksimalSaat matahari sangat aktif, kata Mulci. Korona kemungkinan akan tampak lebih terang dan penuh, dan ada kemungkinan untuk melihat cincin aktivitas matahari yang bersinar seperti pita di dalam korona selama gerhana.

Pemirsa juga mungkin dapat melihat wilayah atmosfer matahari yang disebut kromosfer, yang akan tampak sebagai lingkaran tipis berwarna merah muda di sekitar bulan.

Bintang atau planet terang seperti Venus mungkin bersinar di langit yang gelap, dan suhu udara akan turun seiring menghilangnya matahari. Kegelapan yang tiba-tiba juga menyebabkannya Hewan berperilaku tidak biasa.

“Kita mungkin mulai melihat perilaku di malam hari, seperti kicauan jangkrik atau munculnya kelelawar, dan hewan-hewan menghentikan perilaku diurnal, seperti burung yang bertengger atau serangga terbang yang mendarat,” kata Dr. Andrew Farnsworth, ilmuwan tamu di Laboratorium Ornitologi Cornell.

READ  Sebuah `` supernova eksentrik '' mengungkapkan penderitaan kematian bintang sebelum meledak

Setelah gerhana total berakhir, cincin berlian dan manik-manik Bailey akan muncul kembali sebentar sebelum gerhana sebagian kembali terjadi saat bulan bergerak perlahan melintasi matahari.

Hanya itu saja Enam tahun sejak gerhana total melintasi Amerika SerikatJalur gerhana 8 April ini cukup berbeda karena arahnya dari barat ke timur.

Rata-rata gerhana terjadi di tempat yang sama setiap 375 tahun, kata Molcci.

Ia mengatakan kita hidup pada waktu yang tepat untuk benar-benar menikmati tontonan gerhana bumi total.

Meskipun gerhana terjadi di seluruh tata surya, tidak ada satupun yang serupa dengan yang terjadi di alam semesta kita.

Bulan berukuran sekitar 400 kali lebih kecil dari matahari, namun jarak bulan juga sekitar 400 kali lebih dekat ke bumi dibandingkan matahari, sehingga menciptakan “kebetulan yang indah” yang menciptakan gerhana ketika ketiga benda langit tersebut sejajar, kata Molcci.

Keselarasan ini disebut konjungsi, atau ketika tiga benda berbaris dalam ruang.

Di masa lalu, jarak Bulan jauh lebih dekat ke Bumi, yang berarti Bulan mungkin tidak tampak terbentuk sempurna seperti sekarang. Dalam 60 juta tahun lagi, jarak bulan akan sangat jauh sehingga tidak akan pernah menutupi matahari, sehingga hal ini menjadi momen langka, kata Mulci.