Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pesawat ruang angkasa antarplanet andalan baru Eropa memiliki sedikit masalah – Ars Technica

Pesawat ruang angkasa antarplanet andalan baru Eropa memiliki sedikit masalah – Ars Technica

Perbesar / Dalam gambar ini, radar 16 meter untuk eksplorasi bulan es ditampilkan dalam posisi disimpan.

ESA

Sekarang sudah dua minggu sejak peluncuran yang ditargetkan dari wahana antariksa Eropa senilai €1,5 miliar ke bulan-bulan Jupiter.

Proses ini berjalan dengan baik hingga badan antariksa mencoba memanjangkan antena sepanjang 16 meter yang merupakan bagian dari radarnya. Radar for Icy Moon Exploration, atau RIME, adalah alat sains penting di pesawat ruang angkasa karena radar penembus tanahnya akan memungkinkan pemeriksaan interior bulan-bulan yang menarik seperti Europa dan Ganymede.

Pada hari Jumat, dan kata Badan Antariksa Eropa Antena panjang tetap menempel di braket pemasangannya dan hanya diperpanjang sekitar sepertiga dari panjang penuhnya. Insinyur di Pusat Kontrol Misi pesawat ruang angkasa di Darmstadt, Jerman, sedang mengerjakan masalah ini.

“Hipotesis utama saat ini adalah bahwa pin kecil yang macet belum memberi jalan untuk melepaskan antena. Dalam hal ini, diyakini bahwa hanya beberapa milimeter dapat membuat perbedaan untuk membebaskan radar lainnya.” Dia berkata. “Berbagai opsi masih tersedia untuk mengeluarkan instrumen penting dari lokasinya saat ini. Langkah selanjutnya untuk menyebarkan antena sepenuhnya termasuk membakar motor untuk sedikit mengguncang pesawat ruang angkasa, diikuti oleh serangkaian siklus yang akan memutar daya, memanaskan Gunung dan Radar, yang saat ini berada dalam bayang-bayang dingin.”

Dengan begitu banyak pilihan untuk melonggarkan antena dan hampir delapan tahun penerbangan tersisa sebelum Juice mencapai sistem Jovian, Eropa mungkin memiliki peluang bagus untuk memecahkan masalah ini.

Perlu juga dicatat bahwa sisa pesawat luar angkasa Juice dalam keadaan sehat, dan sisa perjalanannya berjalan lancar. Namun, meskipun antena ini tidak terlalu penting dan ada banyak instrumen sains lainnya, ini adalah salah satu yang terpenting.

READ  Gerhana Bulan Pemburu Penuh, gerhana terakhir tahun 2023, hadiah awal Halloween untuk para pengamat bintang (foto)

Masalah ini mengingatkan pada kesulitan yang dialami NASA dalam memasang antena gain tinggi di pesawat ruang angkasa Galileo, yang diluncurkan ke Jupiter pada tahun 1989 dengan pesawat ulang-alik. Antena ini, yang diperlukan untuk komunikasi berkecepatan tinggi antara pesawat ruang angkasa dan Bumi, hanya digunakan sebagian setelah upaya bertahun-tahun untuk memecahkan masalah. NASA akhirnya harus menggunakan antena dengan gain lebih rendah, yang menghasilkan tingkat data yang jauh lebih lambat daripada antena Galileo.