Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Rishi Sunak menghadapi penyelidikan di Parlemen Inggris atas kepentingan pekerjaan sang istri

Rishi Sunak menghadapi penyelidikan di Parlemen Inggris atas kepentingan pekerjaan sang istri

Komisaris Standar Inggris telah membuka penyelidikan atas kasus Rishi Sunak. (mengajukan)

London:

Komisaris Standar Parlemen Inggris membuka penyelidikan terhadap Perdana Menteri Rishi Sunak awal bulan ini, menurut daftar penyelidikan terbuka yang diterbitkan di situs webnya pada hari Senin.

Daftar itu mengatakan masalah yang sedang diselidiki adalah “deklarasi kepentingan”. Penyelidikan dimulai pada 13 April.

Seorang juru bicara Rishi Sunak mengatakan penyelidikan itu terkait saham istrinya di sebuah perusahaan pengasuhan anak.

Demokrat Liberal, sebuah partai oposisi, menyerukan penyelidikan setelah laporan media mengatakan Akshata Murthy adalah pemegang saham di sebuah perusahaan yang akan mendapat keuntungan dari kebijakan pemerintah tentang pendanaan pengasuhan anak yang diumumkan dalam anggaran bulan Maret.

Juru bicara Mr Sunak mengatakan: “Kami dengan senang hati membantu Komisaris dalam menjelaskan betapa transparannya hal ini dinyatakan sebagai kepentingan menteri.”

Komisaris bertanggung jawab untuk memantau jalannya Kode Etik dan catatan House of Commons, termasuk penyelidikan dugaan pelanggaran. Halaman komisioner di situs web parlemen tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang potensi pelanggaran tersebut.

Di bawah Kode Etik, semua anggota parlemen diwajibkan untuk “memberikan informasi tentang kepentingan keuangan apa pun yang diyakini orang lain secara wajar dapat memengaruhi tindakan, pidato, atau suara Anggota di Parlemen, atau tindakan yang diambil dalam kapasitasnya sebagai Anggota Parlemen”.

Jika penyelidikan menemukan bahwa Tuan Sunak telah melanggar Kode Etik, Komisaris dapat memintanya untuk mengakui dan meminta maaf atas pelanggaran tersebut dan menguraikan langkah-langkah untuk menghindari kesalahan di masa mendatang.

Dalam kasus yang lebih serius, masalah tersebut dapat dirujuk ke komite yang memiliki kekuatan untuk menjatuhkan hukuman lain jika diinginkan. Ini termasuk permintaan maaf lisan atau tertulis, penangguhan gaji, penangguhan dari Dewan Perwakilan Rakyat untuk jangka waktu tertentu, atau pemecatan, menurut situs web parlemen.

READ  Bagaimana kriket membantu Ash Barty memecahkan kutukan Australia Terbuka Australia

(Kecuali untuk tajuk utama, cerita ini tidak diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari umpan sindikasi.)