Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Sambil menyaksikan gerhana matahari, Anda juga bisa merasakannya

Sambil menyaksikan gerhana matahari, Anda juga bisa merasakannya

Jason Redmond – Reuters

Masyarakat menyaksikan gerhana matahari total di Madras, Oregon, pada 21 Agustus 2017.



CNN

Senin, 8 April A Gerhana matahari total Ini akan mengubah kondisi cuaca di Bumi seiring dengan terungkapnya keajaiban astronomi di langit.

Perubahan suhu, kecepatan angin, dan kelembapan terjadi saat Bulan melintas di depan Matahari dan menimbulkan bayangannya di permukaan bumi saat terjadi gerhana matahari.

Semakin banyak sinar matahari yang terhalang, semakin dramatis perubahan iklim yang terjadi. Efeknya serupa dengan area yang teduh menjadi lebih sejuk di hari yang panas dibandingkan di mana pun yang terkena sinar matahari langsung.

Gerhana matahari total pada bulan April akan menghalangi seluruh Matahari pada jalur selebar 115 mil dari Texas ke Maine, yang dikenal sebagai jalur totalitas. Dallas, Indianapolis, Cleveland, dan Buffalo, New York, hanyalah beberapa kota yang akan menyaksikan fenomena ini.

Bulan akan menghalangi sebagian besar Matahari dan menciptakan gerhana matahari sebagian di luar jalur totalitas. Semakin dekat wilayah tersebut dengan jalur totalitas, maka Bulan akan semakin menghalangi sebagian Matahari dan radiasi matahari – sinar matahari dan energi.

Setidaknya 50% sinar matahari akan terhalang selama gerhana di wilayah barat Anaheim, California, dan wilayah timur hingga Orlando, Florida. Hanya sekitar 20% sinar matahari yang akan terhalang di Pacific Northwest.

Alejandro Zepeda/EPA/Shutterstock

Gambar Matahari ditampilkan saat terjadi gerhana matahari di tangan di Ensenada, Baja California, Meksiko, 21 Agustus 2017. Kota tersebut tidak berada pada jalur gerhana total sehingga Bulan hanya menutupi sebagian Matahari.

Namun penurunan radiasi matahari, betapapun singkatnya, dapat mempengaruhi suhu dan cuaca lainnya.

Namun, tidak semua perubahan cuaca gerhana diciptakan sama. Penurunan suhu yang sebenarnya dapat sangat bervariasi berdasarkan faktor lain seperti tutupan awan dan waktu dalam setahun.

READ  Sebuah studi baru menemukan bahwa diet Mediterania dapat menghilangkan lemak perut akibat penuaan

Waktu dalam setahun penting karena sudut jatuhnya sinar matahari ke bumi mempengaruhi suhu, dengan sudut yang lebih tinggi menghasilkan sinar matahari dan panas yang lebih kuat. Sudut matahari terbit sepanjang musim semi, mencapai puncaknya pada musim panas, dan mulai menurun pada musim gugur.

itu Gerhana matahari total terakhir Peristiwa ini terjadi pada sore musim panas di akhir bulan Agustus, sehingga suhu sudah tinggi dan lebih mungkin menyebabkan kawah di beberapa lokasi di sepanjang jalur totalitas.

Suhu turun 11 derajat hanya dalam satu jam di Douglas, Wyoming, dan terjadi penurunan suhu secara luas sebesar 4 hingga 8 derajat di wilayah Selatan.

Namun, gerhana bulan April akan terjadi pada sudut yang lebih rendah terhadap matahari dibandingkan pada bulan Agustus Menjelang sore hari yang lebih hangat. Jadi, cooldown singkat yang didorong oleh gerhana Hal ini akan terlihat jelas sebelum suhu kembali ke tingkat sebelum gerhana.

Suhu selama peristiwa bulan April bisa turun sekitar 10 derajat hingga satu jam di jalur totalitas, kata Andrew White, ahli meteorologi dari Layanan Cuaca Nasional di Indianapolis. Penurunan suhu akan kurang terlihat di wilayah yang mengalami gerhana sebagian.

Gerhana juga akan mempengaruhi tingkat kelembapan, membatasi seberapa rendah suhu selama gerhana total.

Seberapa lembab yang Anda rasakan berkaitan erat dengan suhu. Kelembapan meningkat ketika suhu udara dan titik embun, yang mengukur jumlah kelembapan di udara, mendekati suhu yang sama. Jadi ketika suhu udara turun sebentar saat gerhana, suhu udara mendekati titik embun dan membuat udara sedikit lebih lembap.

Namun suhu udara tidak bisa turun di bawah titik embun, jadi jika titik embun mulai tinggi selama gerhana, hal ini akan membatasi seberapa jauh suhu bisa turun.

READ  Ilmuwan Rusia memperingatkan aktivitas suar matahari yang kuat pada hari Senin

Berkurangnya radiasi matahari dan suhu yang lebih rendah selama gerhana juga dapat mempengaruhi angin dan tutupan awan.

Pendinginan selama gerhana secara singkat mengurangi jumlah panas yang tersimpan di atmosfer. Panas memaksa udara naik dan membuat atmosfer tidak stabil. Atmosfer kemudian menciptakan awan, badai, dan angin untuk melepaskan energi panas dalam upaya menyeimbangkan kembali atmosfer.

Jadi ketika gerhana mendinginkan udara, atmosfer menjadi tenang dan kecepatan angin menurun karena atmosfer tidak bekerja keras untuk menyeimbangkan dirinya. Para ilmuwan melakukan sejumlah pengukuran cuaca di Wyoming dan New York selama gerhana matahari total tahun 2017 Dan dia menemukan Kecepatan angin berkurang 6 mph akibat gerhana.

Penurunan suhu yang signifikan juga dapat mengubah tutupan awan.

Awan menghilang di sebagian Carolina Selatan selama gerhana matahari total tahun 2017 karena kehilangan bahan bakar – panas yang memaksa udara naik dan membentuk awan. Hal serupa mungkin terjadi saat gerhana Senin nanti.

Gerhana hari Senin adalah satu-satunya kesempatan untuk melihat gerhana matahari total pada suhu lebih rendah 48 derajat selama dua dekade mendatang. Gerhana matahari total berikutnya yang melintasi negara tersebut baru akan terjadi pada tanggal 12 Agustus 2045, namun akan melintasi sebagian Montana dan Dakota pada tanggal 23 Agustus 2044.