Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Teleskop Hubble menangkap tabrakan galaksi surealis

Teleskop Hubble menangkap tabrakan galaksi surealis

Gambar untuk artikel berjudul Teleskop Hubble menangkap tabrakan galaksi surealis

gambar: ESA/Hubble & NASA, Survei Energi Gelap/DOE/FNAL/DECam/CTIO/NOIRLab/NSF/AURA, J. Dalcanton

Teleskop Luar Angkasa James Webb telah diperoleh Semua perhatian Namun belakangan ini, Hubble, di luar angkasa sejak 1990, terus melakukan pengamatan astronomi yang menakjubkan.

Gambar terbaru dari Hubble menunjukkan Arp-Madore 417-391, penggabungan galaksi yang terletak 670 juta tahun cahaya dari Bumi. Adegan langit dapat dilihat dari belahan bumi selatan di konstelasi Eridanus. NASA Menjelaskan“Kedua galaksi telah terdistorsi secara gravitasi dan berubah menjadi cincin yang sangat besar, meninggalkan intinya berdampingan.”

Gambar Arp-Madore 417-391 yang diperbesar.

Gambar Arp-Madore 417-391 yang diperbesar.
gambar: ESA/Hubble & NASA, Survei Energi Gelap/DOE/FNAL/DECam/CTIO/NOIRLab/NSF/AURA, J. Dalcanton

Gambar ini dimungkinkan oleh Advanced Camera for Surveys (ACS) di atas Hubble, yang dirancang untuk hal semacam ini – melihat galaksi kuno yang jauh. Hubble akan pensiun pada akhir dekade ini, tetapi NASA dan SpaceX saat ini sedang mengerjakan rencana untuk memperpanjang umur teleskop yang menua.

Lebih lanjut tentang cerita ini: NASA dan SpaceX bekerja untuk mendorong Hubble ke orbit yang lebih tinggi

Para astronom saat ini menggunakan Hubble sebagai alat eksplorasi untuk James Webb Space Telescope yang baru-baru ini dikerahkan, yang telah menghasilkan beberapa Foto astronomi yang menakjubkan Kami pernah melihatnya sebelumnya. Ketika Hubble tidak melakukan pengamatan yang telah dijadwalkan sebelumnya, Hubble sedang memeriksa beberapa galaksi yang kurang dikenal, memungkinkan para astronom menyusun daftar galaksi yang menarik untuk Webb melakukan pengamatan lanjutan..

Arp-Madore 417-391 hanyalah salah satu dari banyak hal hebat di katalog Arp-Madore, koleksi yang mencakup hal-hal lain Galaksi berinteraksi– Termasuk satu dengan Penampilan wajah yang jelas.

lagi: Teleskop Webb mengungkapkan atmosfer berbahaya dari sebuah planet yang berjarak 700 tahun cahaya

READ  Siapa yang harus mendapatkan vaksin flu dan mengapa? Analis medis kami menjelaskan