Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Wabah Sifilis: Penyakit ini telah meningkat 128% di kalangan wanita di Houston sejak 2019

Brett Comer/Houston Chronicle/Getty Images

Infeksi sifilis kongenital pada bayi baru lahir telah meningkat hampir 700% secara nasional selama dekade terakhir, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.



CNN

Departemen Kesehatan Houston melaporkan Wabah sifilispeningkatan sebesar 128% di antara wanita di kota tersebut, dan peningkatan sembilan kali lipat dalam kasus bawaan di Houston dan wilayah sekitar Harris County sejak 2019.

Pejabat kesehatan mengumumkan wabah itu Siaran pers pada hari Kamis.

Menurut departemen tersebut, infeksi baru meningkat 57% dari 2019 hingga 2022. Dan 2.905 infeksi baru tercatat pada 2022, dibandingkan dengan 1.845 infeksi baru pada 2019.

Menurut pernyataan tersebut, ada 674 kasus di antara wanita pada tahun 2022, meningkat signifikan dari 295 kasus pada tahun 2019. Ada 151 kasus sifilis kongenital pada tahun 2021, tahun terakhir statistik tersedia, dibandingkan dengan hanya 16 kasus pada tahun 2016.

Sifilis bawaan Itu terjadi ketika seorang wanita hamil menularkan infeksi bakteri ke bayinya di dalam rahim. Sifilis kongenital yang tidak diobati dapat menyebabkan lahir mati atau kerusakan pada organ atau tulang bayi.

“Sangat penting bagi wanita hamil mencari perawatan prenatal dan tes sifilis untuk melindungi diri dari infeksi yang dapat menyebabkan kematian anak-anak mereka. Pencegahan virus hepatitis, per rilis berita. Wanita hamil perlu diuji sifilis tiga kali selama kehamilannya.

Wanita hamil harus diuji sifilis pada kunjungan prenatal awal mereka, selama trimester ketiga, dan saat lahir, menurut rilis tersebut.

Kementerian Kesehatan membebaskan semua biaya klinis untuk penyakit menular seksual di pusat kesehatannya, menurut pernyataan itu.

Selain itu, departemen akan “memperluas penggunaan klinik HIV/IMS keliling untuk meningkatkan jumlah skrining komunitas dan tempat akomodasi di daerah yang dianggap sebagai titik panas, yang dipilih dari data pengawasan penyakit dan manajemen kasus,” bunyi pernyataan tersebut.

READ  Para ilmuwan berpikir mereka telah memecahkan 'misteri' tentang bagaimana polusi udara menyebabkan kanker paru-paru: ScienceAlert

Sifilis adalah infeksi bakteri Biasanya menyebar melalui kontak seksual. Penyakit ini biasanya dimulai dengan luka yang tidak nyeri pada alat kelamin atau mulut – kontak langsung dengan luka tersebut menyebarkan infeksi.

Jika diketahui lebih awal, sifilis dapat dengan mudah diobati dengan antibiotik. Tetapi tanpa pengobatan, infeksi dapat tertidur di dalam tubuh selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun sebelum menyerang otak, saraf, mata, dan organ lainnya. Dapat menyebabkan ketulian, kebutaan dan kematian.

Sifilis bawaan telah meningkat di seluruh Amerika Serikat, terutama di Selatan dan Barat Daya. Jumlah infeksi pada bayi baru lahir telah meningkat hampir 700% secara nasional selama dekade terakhir, menurut seorang pejabat CDC. Dia sebelumnya mengatakan kepada CNN. Para ahli mengaitkan kenaikan tersebut dengan kombinasi faktor termasuk kurangnya dana publik untuk program kesehatan seksual, kekurangan staf yang berkualitas, dan cakupan skrining yang tidak merata oleh Medicaid.

Karena sifilis pada tahap awal mungkin tidak memiliki gejala yang jelas, wanita hamil dan penyedia layanan kesehatannya mungkin tidak menyadarinya atau memeriksanya sama sekali.