Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Apa Konstitusi Kerajaan Afghanistan 1964 yang rencananya akan diadopsi oleh Taliban? | berita Dunia

Perempuan memiliki hak untuk memilih dalam konstitusi 1964 karena dikatakan bahwa tidak akan ada diskriminasi di antara warga Afghanistan dalam hak. Pimpinan Taliban telah mengatakan bahwa mereka mungkin mengadopsi beberapa ketentuan hukum Islam dalam konstitusi ini.

Taliban mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka akan mengadopsi sementara konstitusi 1964 untuk memerintah Afghanistan tetapi akan dihapuskan jika ada sesuatu yang bertentangan dengan hukum Islam. Taliban berkuasa untuk kedua kalinya di Afghanistan pada 15 Agustus. Mereka mengumumkan pembentukan pemerintahan, tetapi belum jelas hak apa yang akan diberikan kepada perempuan dan media sampai Taliban mulai mengklarifikasi syarat dan ketentuan perjanjian. Berita pemerintah menunggu pengakuan internasional.

Penjabat menteri kehakiman Taliban mengeluarkan pernyataan pada hari Selasa yang mengatakan mereka akan mengadopsi konstitusi 1964, yang dirancang oleh warga Afghanistan yang berpendidikan di luar negeri. Konstitusi ini adalah konstitusi paling ambisius di negara ini. Muhammad Zahir Shah, raja terakhir Afghanistan, ditugasi merancang konstitusi.

Apa arti konstitusi 1964 bagi afghanistan. Semua yang ingin Anda ketahui

> Konstitusi membentuk dua majelis di parlemen Afghanistan. Anggota DPR harus dipilih.

> Konstitusi mempertahankan kesenjangan antara Kabinet Parlemen. Kekuasaan raja akan dilaksanakan oleh Dewan Menteri, sementara legislator dilarang memegang posisi menteri.

> Perempuan memiliki hak untuk memilih dalam konstitusi 1964.

> Konstitusi juga memberikan kebebasan beragama, karena dikatakan bahwa warga negara non-Muslim bebas untuk melakukan ritual keagamaan mereka dengan cara yang ditentukan oleh undang-undang.

> Konstitusi menyatakan bahwa pendidikan adalah hak bagi setiap warga Afghanistan dan harus diberikan secara cuma-cuma.

> Konstitusi menetapkan aturan administrasi pusat yang dibagi menjadi beberapa unit administratif di bawah kepemimpinan Perdana Menteri.

> Raja, yang mungkin layak dalam kepemimpinan Taliban, mengambil alih komando tertinggi untuk segalanya, mulai dari menyatakan perang hingga menandatangani perjanjian internasional.

READ  Gedung Miami runtuh: Satu tewas, lebih dari 50 masih hilang, kata para pejabat

Konstitusi itu berlaku antara tahun 1964 dan 1973, yang sering disebut sebagai zaman keemasan Afghanistan. Kemudian dihapuskan dengan kudeta. Setelah invasi AS pada tahun 2001, sebuah konstitusi baru dirancang yang ditolak oleh Taliban yang mengklaim bahwa mereka memiliki pengaruh Barat.

Di dekat