Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Berita Luar Angkasa dan Astronomi 2023: Apa yang diharapkan

Berita Luar Angkasa dan Astronomi 2023: Apa yang diharapkan

NASA membawa Sistem Peluncuran Luar Angkasa raksasanya ke Bumi untuk pertama kalinya pada tahun 2022, menerangi malam di Florida dengan aliran api yang luar biasa saat mengangkut misi Artemis I menuju bulan. Itu mengalihkan perhatian ke SpaceX, yang sedang membangun roket generasi berikutnya, Starship, yang juga merupakan pusat upaya pendaratan di bulan berawak Artemis III NASA.

SpaceX telah menyelesaikan tinjauan lingkungan utama yang memungkinkannya meluncurkan penerbangan uji orbit tanpa awak dari Texas selatan jika memenuhi persyaratan tertentu. Tetapi roket itu belum siap untuk terbang pada tahun 2022. Perusahaan belum mengumumkan tanggal untuk uji coba tahun ini, tetapi uji coba darat rutin terhadap peralatan pesawat ruang angkasa menunjukkan bahwa mereka bekerja untuk itu.

Beberapa roket lain mungkin melakukan penerbangan pertama mereka pada tahun 2023. Kepala di antara mereka, Vulcan Centaur dari United Launch Alliance, pada akhirnya akan menggantikan Atlas V perusahaan, sebuah kendaraan yang telah menjadi pusat penerbangan luar angkasa Amerika selama dua dekade. Vulcan didasarkan pada mesin BE-4 yang dibuat oleh Blue Origin, perusahaan roket yang didirikan oleh Jeff Bezos. Mesin yang sama pada gilirannya akan digunakan dalam roket New Glenn milik Blue Origin, yang mungkin akan melakukan uji terbang paling lambat tahun ini.

Sejumlah perusahaan swasta AS diperkirakan akan menguji rudal baru pada 2023, termasuk Relativitas dan ABL. Mereka dapat bergabung dengan pembuat roket asing, termasuk Mitsubishi Heavy Industries yang mungkin menguji roket H3 Jepang pada bulan Februari, dan Arianespace, yang sedang mengerjakan uji terbang roket Ariane 6 Eropa.

Kami jamin setidaknya akan ada satu upaya pendaratan di bulan pada tahun 2023. Sebuah perusahaan Jepang, Ispace, meluncurkan misi M1 dengan roket SpaceX pada bulan Desember. Ini mengambil rute yang lambat, hemat bahan bakar ke bulan dan dijadwalkan tiba pada bulan April, ketika akan mencoba untuk menyebarkan penjelajah buatan UEA, robot buatan badan antariksa Jepang, JAXA, serta muatan lainnya. .

READ  Cara menghilangkan gigitan nyamuk (dan kapan harus khawatir)

Mungkin ada hingga lima upaya pendaratan bulan lagi tahun ini.

NASA telah menyewa dua perusahaan swasta untuk mengangkut muatan ke permukaan bulan. Keduanya, Mesin Intuitif dari Houston dan Teknologi Astrobotik dari Pittsburgh, mengalami penundaan pada tahun 2022, tetapi mereka dapat melakukan perjalanan dalam beberapa bulan mendatang.

Mereka dapat bergabung dengan tiga misi bulan untuk program luar angkasa pemerintah. Misi Chandrayaan-3 India tertunda tahun lalu, tetapi bisa siap pada tahun 2023. Sebuah misi Jepang, Smart Lander for Investigating Moon, atau SLIM, bertujuan untuk menguji teknologi pendaratan di bulan di negara tersebut. Terakhir, misi Luna-25 Rusia dari September lalu telah ditunda, tetapi Roscosmos, badan antariksa Rusia, dapat mencobanya tahun ini.

Teleskop Webb telah memukau para amatir dan ilmuwan luar angkasa dengan pandangannya tentang alam semesta, tetapi kita mungkin mendapatkan manfaat baru dari berbagai observatorium yang mengorbit.

Misi yang paling penting mungkin adalah Xuntian, sebuah misi Cina yang diluncurkan akhir tahun ini yang akan menjadi versi yang lebih maju dari Teleskop Luar Angkasa Hubble. Pesawat ruang angkasa akan mensurvei alam semesta dalam panjang gelombang optik dan ultraviolet di orbit Bumi dekat Stasiun Luar Angkasa Tiangong negara itu.

Misi yang dipimpin Jepang, XRISM, yang disebut Almiron, juga dapat diluncurkan awal tahun ini. Misi tersebut akan menggunakan spektroskopi sinar-X untuk mempelajari awan plasma, yang dapat membantu menjelaskan pembentukan alam semesta. Sebuah teleskop ruang angkasa Eropa, Euclid, dapat diluncurkan dengan roket SpaceX setelah invasi Rusia ke Ukraina menyebabkan pesawat ruang angkasa itu kehilangan kursinya di roket Soyuz Rusia. Dia akan mempelajari energi gelap alam semesta dan materi gelap.

READ  Bisakah Andrew Forrest dari Fortescue, Pengusaha Bijih Besi, Menyelamatkan Planet?

Sebuah pesawat ruang angkasa baru akan menuju Jupiter tahun ini, dengan tujuan menjadi yang pertama mengorbit bulan planet lain. Jupiter Icy Moon Explorer, atau JUICE, Badan Antariksa Eropa akan diluncurkan dari roket Ariane 5 pada 5 April untuk meluncur ke sistem Jovian, tiba pada tahun 2031. Setelah mencapai raksasa gas, ia akan melanjutkan untuk membuat 35 terbang lintas. Dari tiga bulan raksasa dunia: Callisto, Europa, dan Ganymede, semuanya diyakini memiliki lautan bawah tanah. Pada tahun 2034, JUICE akan mulai mengorbit Ganymede, bulan terbesar di tata surya.

Semakin dekat dengan matahari adalah Rocket Lab, sebuah perusahaan peluncuran kecil yang didirikan di Selandia Baru. Ini bertujuan untuk menggunakan roket sibernya untuk mengirim misi ke Venus. Satelit Photon milik perusahaan akan berusaha untuk menyebarkan sebuah probe kecil, yang dibangun oleh para peneliti MIT, yang akan mempelajari secara singkat atmosfer beracun planet tersebut. Misi tersebut direncanakan untuk bulan Mei, tetapi diperkirakan akan mengalami penundaan sementara perusahaan memprioritaskan misi untuk klien lainnya.

Akan ada dua gerhana matahari pada tahun 2023.

Gerhana total pada 20 April akan lebih merupakan peristiwa di Belahan Bumi Selatan, dan bulan hanya akan menghalangi matahari di bagian terpencil Australia dan Indonesia. (Mungkin bukan saat yang buruk untuk berada di atas kapal di beberapa bagian Samudra Hindia dan Pasifik juga.)

Tetapi orang Amerika mungkin akan menghadiri pertunjukan pada 14 Oktober, ketika gerhana annular mengunjungi Amerika Utara. Gerhana jenis ini terkadang disebut gerhana “cincin api” karena Bulan terlalu jauh dari Bumi untuk sepenuhnya menghalangi Matahari tetapi menciptakan efek seperti cincin saat mencapai totalitas. Jalur gerhana melewati bagian Oregon, California, Nevada, Utah, Arizona, New Mexico dan Texas sebelum terjun ke Amerika Tengah dan Selatan. Ketika cuaca bekerja sama, itu akan menjadi tampilan matahari yang bagus dan awal yang bagus untuk gerhana total 8 April 2024 yang akan melintasi Amerika Serikat dari barat daya ke timur laut.

READ  Lihat 5 planet setelah matahari terbenam, di langit atau melalui video