Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Bintik matahari raksasa AR3038 telah berlipat ganda dan berorientasi ke Bumi. Senja bisa datang

Bintik matahari sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, bahkan jika mereka berlipat ganda dalam semalam dan tumbuh menjadi dua kali ukuran Bumi itu sendiri. Itulah yang terjadi dengan Daerah Aktif 3038 (AR3038), sebuah bintik matahari yang kebetulan menghadap Bumi dan dapat menghasilkan beberapa jilatan api matahari kecil. Meskipun tidak ada alasan untuk khawatir, ini berarti bahwa peristiwa yang berpotensi menarik dapat terjadi – aurora borealis yang menakjubkan.

Meskipun para ilmuwan secara konsisten menunjukkan bahwa orang tidak berisiko terkena bintik matahari seperti AR3038, itu tidak menghentikan media populer untuk mengkhawatirkannya, terutama yang tampaknya berkembang pesat. Tapi itu semua setara dengan siklus, menurut Rob Steinberg, kepala Kantor Prakiraan Cuaca Antariksa Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional.

Dia menunjukkan bahwa pertumbuhan cepat semacam ini persis seperti yang kita harapkan pada saat ini dalam siklus matahari, pola 11 tahun yang dimulai pada tahun 2019. Dia juga mencatat bahwa bintik matahari jenis ini biasanya tidak menghasilkan jenis semburan matahari yang berbahaya, yang dapat mengganggu satelit atau jaringan listrik. Itu hanya tidak memiliki kompleksitas.

https://www.youtube.com/watch?v=lLANXf9K490

Video Utah menjelaskan kapan kita harus khawatir tentang semburan matahari.

Suar matahari terjadi ketika medan magnet di sekitar bintik matahari pecah dan bergabung kembali dalam pola yang kompleks, beberapa di antaranya mengirimkan getaran ke tata surya. Jika sampai ke tanah ini, berpotensi merusak beberapa infrastruktur, terutama yang bergantung pada listrik. Namun, mereka lebih cenderung menciptakan aurora yang menakjubkan ketika ion mereka bertabrakan dengan medan magnet bumi.

Dinilai dalam tingkat keparahan, mereka berkisar dari B (paling lemah) hingga C, M, dan X (terkuat). Flare X memiliki sistem klasifikasinya sendiri, dan flare matahari paling kuat, X20, terjadi kurang dari sekali per siklus matahari 11 tahun dan biasanya tidak bertemu Bumi.

READ  Penelitian telah menunjukkan bahwa vaksin Pfizer dan Moderna Covid-19 tidak menimbulkan risiko yang signifikan selama kehamilan

Probabilitas pembentukan X20 karena AR3038 sangat kecil, meskipun ada kemungkinan 10% untuk menciptakan cahaya X yang kurang kuat. Flare M, yang AR3038 memiliki peluang 25% untuk berkembang sebelum memudar dalam ukuran dan ukuran, kemungkinan besar adalah flare M, seperti yang biasanya terjadi pada bintik matahari.

Video Utah tentang badai matahari paling mematikan dalam sejarah – Acara Carrington.

Namun, sepertinya suar itu tidak akan diarahkan ke Bumi, karena AR3038 telah diputar kembali dari pandangan dan tidak lagi menghadap kita. Area aktif lainnya, AR3040, memiliki 6 suar Kelas C dalam 24 jam terakhir. Jadi mungkin masih ada kemungkinan aurora borealis yang menakjubkan jika planet ini kebetulan berada di jalur salah satu suar Kelas C.

Jika tidak, seluruh episode dengan pertumbuhan AR3038 yang cepat akan membuktikan contoh lain dari kekhawatiran masyarakat umum tentang apa yang tampaknya merupakan pergantian peristiwa yang mengancam, tetapi sangat umum dan bahkan tidak berbahaya. Dengan semua peralatan yang saat ini disiapkan untuk mengamati matahari, masyarakat umum dapat yakin bahwa kita akan memiliki setidaknya beberapa peringatan sebelum cahaya yang berpotensi berbahaya mempengaruhi sistem kita yang berhubungan dengan Bumi. Tapi mungkin perlu waktu sebelum itu terjadi, jadi jangan menahan napas.

Belajarlah lagi:
Amerika Serikat Hari Ini – Para ilmuwan mengatakan ‘jangan panik’ sebagai bintik matahari yang dapat menyebabkan semburan matahari dua kali lipat dalam semalam.
luar angkasa.com – Kita sedang menghadapi bintik matahari raksasa seukuran 3 planet sekarang
Earthsky.org – Aktivitas matahari: badai magnet kecil
Utah – Astronomi 101 Glosarium: Bintik Matahari
Utah – Sebuah cahaya besar meletus dari sisi jauh matahari

gambar utama:
Citra komposit permukaan matahari pada 21/6/22. AR3038 dapat dilihat di kanan atas.
Kredit – Prakiraan Cuaca Luar Angkasa NOAA