Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Bisakah kita menemukan kehidupan asing melalui polusinya?

Bisakah kita menemukan kehidupan asing melalui polusinya?

Selain umur nitrogen dioksida yang pendek, terdapat juga masalah karena terlalu banyak sumber alami yang memproduksinya – mulai dari petir hingga… Kebakaran hutanJadi temuan itu mungkin bukan bukti kuat bahwa peradaban alien mengembangkan mesin pembakaran internal, misalnya, atau teknologi lain untuk mengeluarkan nitrogen dioksida. Namun, Arne dan rekan penulisnya berpendapat bahwa sumber alami di Bumi saja tidak akan menghasilkan cukup nitrogen dioksida untuk dapat dideteksi dari jauh. Oleh karena itu, mengamatinya di atmosfer planet lain mungkin sebenarnya menunjukkan adanya aktivitas industri yang sedang terjadi.

Para ilmuwan sudah mempelajari cahaya yang dipantulkan dari planet-planet jauh untuk mencoba menentukan bahan kimia apa yang mungkin ada di sana. Pada bulan September, para peneliti melaporkan bahwa mereka telah menggunakan Teleskop Luar Angkasa James Webb Untuk mendeteksi metana dan karbon dioksida Di atmosfer sebuah planet bernama K2-18b, yang mengorbit bintang katai sekitar 120 tahun cahaya dari Bumi. Penemuan ini sendiri merupakan penemuan besar karena menunjukkan bahwa planet ini mungkin dikelilingi oleh lautan air.

“Ini pertama kalinya kami bisa mengatakan bahwa ada lautan di sebuah planet ekstrasurya,” kata Nikku Madhusudhan dari Universitas Cambridge.

Anda mungkin juga menyukai:

Namun dia dan rekan-rekannya juga menemukan bukti adanya senyawa yang lebih menarik yang dikenal sebagai dimetil sulfida, atau DMS, di atmosfer K2-18b. Di Bumi, hanya kehidupan yang menghasilkan senyawa ini, meskipun senyawa ini juga dihasilkan dari beberapa sumber industri, misalnya pabrik pulp yang mengolah kayu.

Madhusudan menegaskan, hasil tersebut masih bersifat sementara dan memerlukan konfirmasi lebih lanjut untuk memastikan DMS benar-benar ada. Namun pada prinsipnya, itu bisa saja merupakan biosignature – sebuah tanda kehidupan – dan siapa tahu, bahkan mungkin sidik jari teknologi juga, jika alien mengolah material dengan cara yang mirip dengan cara kita mengolah kayu di Bumi. Namun, Madhusudan menambahkan bahwa ia sulit membayangkan peradaban industri asing di dunia yang mungkin seluruhnya tertutup air.

READ  Megan MacArthur akan mengemudikan kapal yang sama dengan yang dikemudikan suaminya tahun lalu

Namun, pencarian kehidupan di tempat lain di alam semesta, katanya, harus mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang mungkin mengejutkan kita: “Kita harus mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga.”