Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Bisakah pemegang visa H-1B yang diberhentikan beralih ke visa turis?  Inilah yang dikatakan USCIS

Bisakah pemegang visa H-1B yang diberhentikan beralih ke visa turis? Inilah yang dikatakan USCIS

Setelah PHK baru-baru ini, pekerja imigrasi di Amerika Serikat menghadapi situasi yang sulit. Perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Microsoft, Tesla, Amazon, dan Walmart telah mengurangi jumlah tenaga kerja mereka secara signifikan, sehingga menyebabkan peningkatan jumlah pemegang visa H-1B yang diberhentikan. Hal ini membuat orang bertanya-tanya apakah layak beralih ke visa pengunjung B-1 atau B-2. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi apakah opsi ini layak dipertimbangkan berdasarkan pedoman USCIS.

Apa yang terjadi pada pemegang visa H-1B saat PHK?

Pekerja imigran yang diberhentikan dengan visa H-1B dapat beralih ke visa pengunjung B-1 atau B-2 untuk memperpanjang masa tinggal mereka di Amerika Serikat, sesuai dengan pedoman USCIS.

Ketika pemegang visa H-1B diberhentikan, mereka diberikan masa tenggang 60 hari, sehingga mereka bisa mendapatkan pekerjaan baru. Jika mereka gagal melakukan hal tersebut, mereka dapat mencari opsi lain, seperti mengubah status visa atau kembali ke negara asal.

Buka akses eksklusif ke berita terkini pemilu India, hanya di Aplikasi HT. Unduh sekarang! Unduh sekarang!

Ketika perusahaan demi perusahaan memberhentikan ratusan karyawannya, para pekerja imigran cenderung beralih ke visa, sebuah pilihan yang sangat layak menurut Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi AS.

Haruskah Anda beralih ke visa B-1 atau B-2?

Ketika visa H-1B diubah menjadi B-1 atau B-2, imigran diberikan tambahan izin tinggal selama 6 bulan di Amerika Serikat. Perpanjangan ini memungkinkan mereka untuk melanjutkan pencarian kerja tanpa tekanan untuk kembali ke negaranya jika mereka mencapai tenggat waktu.

Menurut pedoman “Pilihan untuk Pekerja Non-imigran Setelah Pemutusan Hubungan Kerja” USCIS, “pilihan non-imigran potensial lainnya termasuk status pelajar (F-1) atau pengunjung (B-1 atau B-2).”

Catatan: Ketika seorang imigran melakukan transisi ke B-1 atau B-2, mereka tidak diperbolehkan bekerja sampai mereka mendapatkan kembali status visa H-1B mereka. Namun, mereka dapat melanjutkan pencarian pekerjaan atau wawancara untuk posisi masa depan dengan visa pengunjung.

READ  India mengalami peningkatan pemesanan sebesar lebih dari 30% sejak Thailand, Malaysia, Sri Lanka, dan Vietnam mencabut persyaratan visa

Bagaimana cara saya mendapatkan visa kembali bekerja seperti H-1B?

Di bagian FAQ di situsnya, USCIS telah menjawab pertanyaan ini secara mendalam:

“Apakah permohonan perubahan status I-539 yang tertunda menjadi B-1 atau B-2 akan diprioritaskan jika saya menemukan pemberi kerja baru yang mengajukan petisi I-129 dengan permohonan layanan pemrosesan premi?”

Jawabannya berbunyi: “Jika pemberi kerja Anda mengajukan petisi Formulir I-129 atas nama Anda, bersama dengan permintaan layanan pemrosesan premi, kami biasanya akan memproses formulir I-539 dan I-129 yang tertunda secara bersamaan dalam jangka waktu pemrosesan premi dan penerbitannya. Jika ada penundaan dalam mengadili kasus I-129 karena kasus I-539 yang masih dalam proses, permohonan formal untuk mendapatkan prioritas pada kasus I-539 yang tertunda tidak diperlukan.

“Jika kami menyetujui petisi I-129 Anda, termasuk permintaan perubahan status apa pun, Anda biasanya akan menerima status non-imigran yang diminta dalam petisi I-129 (bukan I-539), dan Anda dapat mulai bekerja. Biasanya Anda tidak perlu meninggalkan Amerika Serikat untuk mendapatkan status non-imigran yang disyaratkan dalam skenario ini.”