Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Boris Johnson kepada sekutu: ‘Tidak mendukung siapa pun, kecuali Rishi Sunak untuk Perdana Menteri Inggris’ |  berita Dunia

Boris Johnson kepada sekutu: ‘Tidak mendukung siapa pun, kecuali Rishi Sunak untuk Perdana Menteri Inggris’ | berita Dunia

Saat perlombaan untuk mengambil alih jabatan perdana menteri Inggris memanas, Perdana Menteri sementara Boris Johnson dilaporkan telah meminta sekutunya untuk mendukung “siapa pun kecuali Rishi Sunak,” menurut laporan media pada hari Jumat.

Johnson, yang mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif yang berkuasa pada 7 Juli, telah mendesak kandidat kepemimpinan Konservatif yang kalah untuk tidak mendukung Mantan penasihat Sunakyang secara luas dipersalahkan atas hilangnya dukungan Johnson di antara anggota partainya sendiri, The Times melaporkan.

Johnson, yang mengatakan dia tidak akan mendukung calon pemimpin mana pun atau secara terbuka ikut campur dalam persaingan, diyakini telah mengadakan pembicaraan dengan para pesaing yang gagal untuk menggantikannya dan mendesak agar Sunak tidak menjadi perdana menteri.

Baca juga | Lalu ada 6… untuk Perdana Menteri Inggris

Sebuah sumber yang dekat dengan salah satu pembicaraan mengatakan perdana menteri yang berkuasa tampaknya lebih tertarik pada Menteri Luar Negeri Liz Truss, dengan dukungan dari sekutunya yang paling sengit di pemerintahan, Jacob Rees-Mogg dan Nadine Doris.

Kabarnya, Johnson juga terbuka untuk Benny Mordaunt, sekretaris perdagangan junior, yang menggantikannya menggantikan Sunak.

Menurut laporan itu, Perdana Menteri sementara Johnson dan kubunya menjalankan kampanye rahasia “siapa pun kecuali berbulu” setelah merasa dikhianati oleh pengunduran diri mantan kanselir yang mempercepat kepergiannya dari 10 Downing Street.

Itu semua nomor 10 [Downing Street] Tim membenci Rishi. Ini pribadi. Ini menyengat. Jangan salahkan Saju [Sajid Javid] untuk menjatuhkannya. Mereka menyalahkan bulu saya. Surat kabar itu mengutip sebuah sumber yang mengatakan mereka yakin dia telah merencanakan ini selama berbulan-bulan.

Sunak, yang merupakan pemenang dalam dua putaran pertama pemungutan suara oleh anggota parlemen Konservatif, akan muncul dalam serangkaian debat televisi selama akhir pekan dengan lawan-lawannya yang tersisa – Menteri Perdagangan Penny Mordaunt, Menteri Luar Negeri Liz Truss dan mantan menteri Kimi Badnoch. Anggota parlemen Tory Tom Tugendhat.

READ  Pemandangan dari India | Pesan India ke Cina

Seorang sekutu Johnson menolak klaim bahwa dia ingin “siapa pun kecuali Rishi” untuk menang, tetapi mengakui bahwa perdana menteri yang akan keluar membenci “pengkhianatan” Sunak.

Sementara itu, kubu Sunak telah mengecilkan saran bahwa dukungan kuatnya tidak melampaui anggota parlemen Tory.

“Saya pikir dia akan benar-benar mulai menelepon dan mudah-mudahan kita bisa pergi dan memberikan pandangan positif daripada serangan Konservatif terhadap Konservatif, yang saya tidak suka,” kata Richard Holden, anggota parlemen Konservatif untuk dukungan untuk Sunak.